Seni Budaya Jepang – Acara minum teh menjadi salah satu budaya negara Jepang yang mendunia pada saat ini, hampir kebanyakan para turis yang berkunjung ke negeri sakura ini mencoba acara minum teh yang biasanya dimasukan kedalam salah satu schedule travel mereka. Acara minum teh sendiri memiliki sejarah yang cukup besar bagi masyarakat Jepang, dengan nama asli Mine Somi Kubose aktivitas masih sering dilakukan sampai sekarang dan bahkan menjadi salah satu kewajiban bagi beberapa warga Jepang, bagi masyarakat Jepang upacara minum teh ini adalah bagian dari budaya mereka sejak dahulu dan juga memiliki banyak manfaat.

Simak Juga : Tokoname Kota Penghasil Keramik Terkenal Jepang

artforia.comMine Somu Kubose yang merupakan upacara minum teh bagi masyarakat Jepang terutama orang tua menyatakan bila aktivitas ini sangatlah banyak manfaat selain untuk kesehatan dengan mengkonsumsi teh hijau yang segar juga untuk melatih etika para remaja dengan edukasi yang formal, Teh tidak hanya dituang dengan air panas dan diminum, tetapi sebagai seni dalam arti luas. Upacara minum teh mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup antara lain tujuan hidup.

Cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni di dalam ruangan upacara minum teh (chashitsu) dan berbagai pengetahuan seni secara umum yang bergantung pada aliran upacara minum teh yang dianut. Seni upacara minum teh memerlukan pendalaman selama bertahun-tahun dengan penyempurnaan yang berlangsung seumur hidup. Tamu yang diundang secara formal untuk upacara minum teh juga harus mempelajari tata krama, kebiasaan, basa-basi, etiket meminum teh dan menikmati makanan kecil yang dihidangkan.

artforia.comartforia.comUntuk prosesnya teh akan disiapkan secara khusus oleh orang yang mendalami seni upacara minum teh dan dinikmati sekelompok tamu di ruangan khusus untuk minum teh yang disebut chashitsu. Tuan rumah juga bertanggung jawab dalam mempersiapkan situasi yang menyenangkan untuk tamu seperti memilih lukisan dinding (kakejiku), bunga (chabana), dan mangkuk keramik yang sesuai dengan musim dan status tamu yang diundang. Pada umumnya, upacara minum teh menggunakan teh bubuk matcha yang dibuat dari teh hijau yang digiling halus. Upacara minum teh menggunakan matcha disebut matchadō, sedangkan bila menggunakan teh hijau jenis sencha disebut senchadō.

%d bloggers like this: