A password will be e-mailed to you.

Tradisi Budaya Jepang – Ikigai (生 き 甲 斐) adalah konsep hidup Jepang yang artinya “alasan untuk menjadi”. Ini mirip dengan frasa Prancis yaitu “Raison d’être”. Dalam sebuah kehidupan, semua orang dalam budaya Jepang dipercaya memiliki Ikigai. Namun untuk menemukannya membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus mengenal diri diri secara mendalam.

Mengenal Konsep Hidup Jepang Yang Disebut Ikigai

image : youtube.com

Pencarian Ikigai memang dikatakan sangat penting bagi sebuah kehidupan manusia dalam budaya Jepang karena dapat memberikan kepuasan dan arti dalam hidup. Setiap orang akan menemukan Ikigai yang berbeda-beda yaitu seperti sebuah pekerjaan, hobi, atau juga aktivitas-aktivitas lainnya seperti membesarkan anak-anak.

Simak Juga : Tradisi Penggunaan Segel Jepang Yang Disebut Inkan Atau Juga Hanko

Mengenal Konsep Hidup Jepang Yang Disebut Ikigai

image : forbes.com

Istilah Ikigai sendiri merupakan gabungan dari dua kata Jepang yaitu Iki (生 き) yang berarti “hidup” dan kai (甲 斐) yang berarti “efek, hasil, bernilai, manfaat” sehingga dua kata ini memiliki arti mencari makna dari sebuah kehidupan atau bisa juga dikatakan manusia memiliki alasan untuk hidup. Dalam budaya Okinawa, ikigai dianggap sebagai alasan untuk bangun di pagi hari, dengan menjalani ini dianggap dapat menikmati hidup. Dalam dunia medis, budaya Ikigai dianggap yang menyebabkan orang-orang Jepang memiliki umur yang panjang.

Kata ikigai biasanya digunakan untuk menunjukkan sumber nilai dalam sebuah kehidupan seseorang atau hal-hal yang membuat hidup seseorang menjadi berharga. Yang kedua, kata itu juga digunakan untuk merujuk pada keadaan mental dan spiritual di mana individu merasa bahwa hidup mereka berharga, namun hal ini tidak terkait dengan status material atau keuangan. Bahkan bila seseorang tersebut sebenarnya dalam keadaan sulit namun merasa puas akan kehidupannya hal tersebut bisa dikatakan Ikigai. Tindakan yang membuat seseorang dapat merasakan Ikigai bukanlah tindakan yang dipaksa namun sebuah tindakan alami dan spontan.

Mengenal Konsep Hidup Jepang Yang Disebut Ikigai

image : scmp.com

Menurut sejumlah ahli psikolog di Jepang, Ikigai biasanya didapatkan oleh sebagian besar orang tua ketimbang remaja karena pada umur yang masih mudah orang-orang relatif masih mencari jati diri dan tidak mudah merasa puas, Ikigai sangat diperlukan dalam sebuah kehidupan manusia karena dapat memberikan kedamaian dan juga menghilangkan perselisihan.

Terdapat 3 aktivitas dipagi hari untuk mendapatkan Ikigai.

Olahraga
Mungkin terdengar biasa saja karena sebagian besar olahraga memang dilakukan pada pagi hari, namun memang sebuah kenyataan bila olahraga memberikan semangat lebih untuk beraktivitas selanjutnya, olahraganya tidak perlu berat namun cari lah aktivitas fisik yang anda sukai sehingga perasaan anda juga terbawa senang.

Sarapan Pagi
Anda membutuhkan asupan energi untuk beraktivitas seharian, maka itu sebuah sarapan memang menjadi hal yang penting saat pagi hari, pilihlah makanan yang anda sukai namun tetap memiliki kandungan yang sehat. Jika anda senang dalam memasak dan membuat sarapan anda sendiri hal ini sangat dianjurkan.

Berinteraksi Dengan Orang Lain
Hal yang sepele namun akan memberikan anda perasaan yang senang dan semangat, berinteraksi ringan dengan orang sekitar atau teman kerja akan membuat anda terhindar dari perasaan tertekan, karena saat anda pulang kerumah tidak ada waktu lagi untuk berinteraksi dengan orang banyak, dan lebih baik bila anda berinteraksi dengan orang yang memang dekat dengan anda atau dapat membuat anda senang.

%d bloggers like this: