Berita Anime Jepang – Pembajakan memang tidak pernah dibenarkan dan sangat merugikan pihak produsen, hal ini menimpa sebuah situs dan aplikasi manga terkenal yaitu Manga Rock yang dikabarkan mereka akan tutup dan berhenti beroperasi setelah berjalan hampir 10 tahun. Manga Rock sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 oleh sebuah perusahaan bernama “Not a Basement Studio”.

Layanan MangaRock Segera Ditutup Karena Kasus Pembajakan

Popularitas mereka meningkat tajam sejak mereka meluncurkan aplikasinya untuk para pengguna Android dan iOS, lalu mereka juga menawarkan fitur premium pada aplikasi tersebut dengan membayar 4.99 dollar setiap bulannya. Para penggemar manga sejak saat itu sangat nyaman dan suka dengan tampilan dan komik-komik yang dihadirkan juga terbilang cukup lengkap oleh Manga Rock, namun ternyata dibalik semua itu para pengguna tidak mengetahui jika scanlation manga yang dilakukan Manga Rock adalah ilegal atau tidak resmi.

Simak Juga : CGV Cinemas Indonesia Pastikan Penayangan Film One Piece Stampede Pada 18 September 2019

Sebenarnya beberapa para penggemar yang peduli dan aktif dalam industri manga telah banyak yang menyuarakan pendapat mereka untuk segera menutup sejumlah layanan-layanan membaca manga yang ilegal atau hasil pembajakan sejak tahun 2011, bahkan beberapa pesaing dari Manga Rock seperti Manga Fox juga telah lebih dulu mati karena kasus ilegal scanning ini.

Layanan MangaRock Segera Ditutup Karena Kasus Pembajakan

image : wethepvblic.com

Layanan MangaRock Segera Ditutup Karena Kasus Pembajakan

image : j-cast.com

Sebenarnya untuk dapat membaca episode manga terbaru bisa di dapat dari aplikasi seperti Shonen Jump dan Manga Plus yang tersedia gratis di app store, hal ini diutarakan oleh seorang penggemar yang mendukung aksi melawan pembajakan manga lewat twitternya. Meski begitu hingga saat ini website dan aplikasi Manga Rock masih bisa dibuka, namun kita semua mengetahui bila tidak lama lagi layanannya akan ditutup karena kasus ini. Atas kejadian ini juga membuat cukup banyak penggemar manga yang sebelumnya menggunakan aplikasi Manga Rock segera mencari layanan alternatif lain.

Source : Animenewsnetwork, J-Cast

%d bloggers like this: