A password will be e-mailed to you.

Seni Budaya Jepang – Tahun baru menjadi sebuah hari yang meriah pada setiap negara, tentunya Jepang juga salah satu negara yang menyambut hari tahun baru dengan sangat meriah. Beberapa festival sampai acara televisi juga menghadirkan sebuah tema tahun baru. Di Jepang terdapat sebuah acara lengendaris dalam menyambut tahun baru yaitu bernama NHK Kōhaku Uta Gassen (NHK 紅白 æ­Œ 合 戦 Enueichikei Kōhaku Uta Gassen), atau lebih dikenal sebagai Kōhaku, yang terjemahan resminya adalah “Festival Lagu Akhir Tahun”, adalah pertunjukan musik tahunan pada Malam Tahun Baru yang diproduksi oleh perusahaan penyiaran besar Jepang NHK.

Kohaku Uta Gassen Acara Televisi Meriah Dalam Merayakan Tahun BaruAcara ini ditampilkan secara nasional dan juga internasional oleh jaringan NHK untuk  penyiar luar negeri yang membeli program ini. Pertunjukan televisi ini akan berakhir beberapa saat sebelum tengah malam. Sebelum acara ini mulai disiarkan di televisi pada akhir tahun 1953, selalu diadakan pada tanggal 3 januari melalui siaran-siaran radio.

Simak Juga : 4 Mobil Jepang Yang Memungkinkan Kaisar Untuk Menggunakannya

Kohaku Uta Gassen Acara Televisi Meriah Dalam Merayakan Tahun BaruDalam acara ini konsepnya adalah pertandingan antara kedua kubu merah dan putih, maksudnya adalah program ini akan membagi artis musik paling populer tahun ini menjadi tim yang bersaing dengan warna merah dan putih. Tim “merah” atau disebut akagumi (赤 組, ç´… 組) terdiri dari semua artis wanita (atau kelompok dengan vokal wanita), sedangkan tim “putih” atau shirogumi (白 組) di isi oleh para laki-laki (atau kelompok dengan vokal laki-laki). Acara ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi artis-artis Jepang jika mendapat undangan dari acara ini karena memang hanya dipilih beberapa artis terpopuler saja pada tahun tersebut. Selain pertunjukan musik sebenarnya acara ini juga menghadirkan beberapa hal lainnya juga menjadi penting dalam acara ini seperti kostum yang digunakan, gaya rambut, make up, tarian, dan pencahayaan itu penting.

Kohaku Uta Gassen mungkin adalah acara televisi yang paling sukses dalam sejarah hiburan Jepang yang telah berjalan sejak 1959. Tercatat lebih dari 80 persen bangsa menyaksikan pertunjukan tersebut.
Pertunjukan live 4 jam dan 15 menit yang berjalan di New Years Eve. Meskipun pada saat ini penontonnya telah mengalami penurunan selama bertahun-tahun, Kohaku Uta Gassen masih merupakan tipe pertunjukan yang setiap orang bicarakan beberapa hari setelahnya. Ini seperti sebuah acara televisi Super Bowl dari musik pop Jepang.

Kohaku Uta Gassen Acara Televisi Meriah Dalam Merayakan Tahun BaruDikabarkan untuk tahun baru 2018 kali ini tim merah akan dipimpon oleh Kasumi Arimura dan tim putih akan dipimpin oleh Kazunari Ninomiya. Kohaku memang menjadi acara televisi yang paling banyak ditonton dalam catatan sejarah dan survey dunia penyiaraan Jepang dan hal tersebut juga karena memiliki alasan dimana acara malam tahun baru di Jepang adalah hari libur yang dihabiskan dirumah bersama keluarga.

%d bloggers like this: