artforia.com

Berita Travel Jepang – Jepang sebagai salah satu negara Asia yang memiliki empat musim menyimpan banyak tempat wisata yang layak didatangi pelancong dari mancanegara. Salah satunya desa Hakuba di Prefektur Nagano, terletak di selatan Jepang yang bisa ditempuh selama 3 jam dari Tokyo menggunakan bus atau sekitar 2 jam menggunakan kereta cepat (shinkansen). Desa Hakuba yang berjarak sekitar 241 km dari Tokyo mulai dikenal dunia ketika Nagano menjadi tuan rumah kejuaraan olimpiade musim dingin tahun 1998 yang mengikutsertakan 72 negara.

Baca Juga : Suasana Spritual Dalam Wisata Makam Terbesar Okunoin

Wakil Kepala Desa Hakuba, Humitoshi Oota mengatakan bahwa pihaknya baru mengetahui bahwa Muslim tidak makan daging babi dan minum minuman beralkohol. Dan mulai saat itu Hakuba menjadi tempat wisata yang ramah Muslim. “Pada tahun 2010, pertama kalinya kami menerima pemuda Muslim ke Hakuba. Namun saat itu kami belum menyediakan makanan halal, jadi agak sulit,” ujar Oota.


Seiring berjalannya waktu, saat ini Hakuba mulai menyediakan sejumlah restoran atau kedai dengan makanan halal. “Kami masih berusaha untuk menyediakan makanan halal untuk Muslim, mulai dari tidak menggunakan bahan-bahan yang mereka memang tidak makan,” ungkapnya. Selain itu berdasarkan pantauan manajemen desa wisata Hakuba, beberapa wanita berhijab juga berkunjung ke Hakuba. Ainah salah satunya, wisatawan asal Brunei Darussalam itu, mengaku nyaman ketika berkunjung ke Hakuba. Dia mengatakan desa wisata tersebut juga ramah dengan budaya dan kebiasaan warga asing yang datang ke Hakuba. “Jadi, jangan ragu untuk datang ke sini bagi para Muslim,”imbuhnya.

Wisatawan umumnya mengunjungi Hakuba untuk hiking atau naik gondola menuju puncak gunung (zekkei) menyaksikan keindahan botani (alpine plant) atau bersepeda gunung. Mereka bisa menikmati warna-warni bunga yang bermekaran dengan paralayang, rafting, memetik apel bahkan naik ke rumah pohon yang dibangun di pinggiran sungai. “Saat musim dingin (Desember-Maret) umumnya wisatawan yang datang mengunjungi Hakuba untuk bermain ski, snowboarding, ataupun sekadar berendam air panas (onsen).

“Namun, untuk bermain ski di Hakuba membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk masuk arena ski yang tersedia di Hakuba Goryu maupun Hakuba 47 membutuhkan dana 5000 yen atau mencapai Rp 600 ribu untuk seharian penuh, di luar biaya sewa alat perlengkapan.

Sedangkan hiking lebih murah yakni 400 yen tetapi hanya untuk sekali masuk.


Like it? Share with your friends!

Aziz Hakim S

Awalnya tidak mengenal tentang Jepang, karena kebudayaan yang unik, saya jadi mencintainya.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
%d bloggers like this: