artforia.com

Dunia Lifestyle Jepang – Negara Jepang memang sebuah negara yang maju hal tersebut berkat pemerintahannya yang sangat bersih dan juga warganya yang sangat disiplin sejak dahulu, tetapi kemajuan negaranya ini tidak membuat banyaknya tradisi-tradisi masyarakat Jepang hilang seperti salah satunya adalah bekerja sangat keras, perlu kita ketahui negeri sakura ini menjadi salah satu negara yang dikenal dengan tingkat kedisiplinannya karena menurut survey hanya 33 persen karyawan di negara sakura ini yang memanfaatkan jatah cutinya untuk berlibur. Sementara 67 persen lainnya memutuskan untuk tetap bekerja di hari libur. Itulah sebabnya mengapa masyarakat dunia memberi “stempel” masyarakat jepang sebagai orang-orang Hatarakibachi (働き蜂) atau Workaholic.

Simak Juga : YAMATO NADESHIKO WANITA IDEAL JEPANG

Tetapi tahukan anda dibalik semua itu ternyata banyak fakta-fakta mengejutkan yang bisa membuat kita merasa kaget, faktanya adalah tidak sedikit para pekerja dijepang yang mengalami stress dan juga kematian akibat terlalu banyak bekerja atau dalam bahasa Jepangnya dikenal dengan sebutan Karōshi (過労死), banyaknya warga Jepang terutama kaum pria yang bekerja secara berlebihan akhirnya jatuh sakit, stress, atau tertekan membuat terjadinya sebuah Karoshi yaitu kematian akibat bekerja terlalu berlebihan, Menurut data kementrian tenaga kerja di Jepang. Faktanya ribuan orang jepang meninggal karena karoshi. Karoshi merupakan sebuah fenomena yang mengerikan dimana seseorang bekerja selama 14 jam sehari selama seminggu penuh. Malahan terdapat orang Jepang yang terkena karoshi kemudian bekerja selama 80 hari berturut-turut.

artforia.com

Fakta menarik selanjutnya adalah Sebuah survei pada tahun 2004 oleh International Labour Organization mengungkapkan bahwa lebih dari enam juta orang Jepang bekerja rata-rata lebih dari 60 jam per minggu. Biasanya orang yang meninggal karena Karoshi ini disebabkan oleh 2 hal yang paling umum yaitu karena serangan jantung dan juga masalah pada otak.

Dan masalahnya, biasanya orang-orang tersebut tidak mempunyai masalah dengan kedua penyakit diatas sebelumnya, lalu catatan lain mulai tahun 1992-2008, sebanyak 213 orang pekerja asing yang bekerja di Jepang meninggal dan 67 orang diantaranya meninggal karena serangan jantung dan masalah pada otak yang merupakan salah satu penyebab dari Karoshi. Dan menurut catatan yang ada, para pekerja asing yang meninggal tersebut, rata-rata mempunyai “rekor yang cukup tinggi” untuk jam kerja lemburnya yaitu sekitar 200 jam per bulan. Kalau dihitung bila kerja mereka dari Senin sampai Jumat berarti setiap hari mereka lembur itu sekitar 8 jam. Karena terlalu “keras” berkerja, orang-orang di Jepang tak punya banyak waktu untuk tidur. Akibatnya banyak sekali orang yang mengantuk di kereta dalam perjalanan ke tempat kerja setiap hari.

artforia.com

Hal itu kita bisa lihat ketika anda berkunjung ke Jepang ketika hari biasa atau hari kerja maka kalian akan melihat sendiri betapa penuhnya angkutan umum seperti kereta sampai desak-desakan dan ketika jam pulang kerja tiba kalian akan melihat banyaknya warga-warga Jepang yang terlihat sangat lelah seperti tertidur dikereta, atau mabuk-mabukan karena tertekan tuntutan kerja yang sangat banyak, jangan sampai begitu ya sahabat ArtForia karena kita tentunya juga harus bisa menikmati hidup yang hanya satu kali ini!.

%d bloggers like this: