375

Wisata Kuliner Jepang – Ramen adalah salah satu Kuliner Khas Jepang yang terkenal di seluruh dunia. Makanan ini berupa mie yang disajikan dalam mangkuk berisi kuah kaldu yang kaya rasa, biasanya di atasnya diberi tambahan daging, telur, sayuran, dan bahan-bahan lainnya.

Cicipi 5 Ramen Legendaris Kyoto dengan Kuah Nikmat yang Menggugah Selera! feat
thermomix.com
Simak Juga : 5 Restoran Donburi Terbaik Tokyo-Jepang, Hidangan Gurih dan Nikmat yang Menggugah Selera

Mie Ramen sendiri berasal dari Tiongkok, namun saat ini telah menjadi makanan yang sangat populer di Jepang dan memiliki berbagai varian. Jenis kuah ramen pun bervariasi, mulai dari kaldu shoyu (kecap asin), shio (garam), miso (pasta kacang kedelai), hingga kaldu berbasis tulang babi (tonkotsu).

Selain itu, toppings pada ramen juga bervariasi, seperti daging babi panggang (chashu), telur rebus (ajitama), jamur, kecambah, dan sayuran seperti sawi dan bawang daun. Setiap daerah di Jepang bahkan memiliki gaya dan jenis ramen yang berbeda, misalnya ramen Hokkaido yang berkuah kental dan gurih, serta ramen Tokyo yang berkuah jernih dan tegas.

Saat ini, ramen tidak hanya populer di Jepang, tetapi juga di seluruh dunia. Berbagai toko ramen telah muncul di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Indonesia. Beberapa restoran bahkan mencoba mengkombinasikan ramen dengan bahan-bahan lokal untuk menciptakan varian ramen yang baru dan unik.

Bagi penggemar kuliner Jepang, ramen adalah salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan. Jika kamu berkesempatan dengan berwisata kuliner di Kyoto, kamu wajib untuk mengunjungi beberapa Kedai Ramen Kyoto Terbaik yang menawarkan kelezatan yang tidak ada lawannya, berikut ini 5 Ramen Legendaris Kyoto dengan Kuah Nikmat yang Menggugah Selera!

1. Ramen Iccho

Cicipi 5 Ramen Legendaris Kyoto dengan Kuah Nikmat yang Menggugah Selera!
(instagram.com/hzparty)

Ramen Iccho merupakan restoran yang terkenal dengan sajian tonkotsu ramen yang lezat dengan harga terjangkau hanya ¥700 (Rp91 ribu). Apa yang membuat ramen di sini begitu spesial?

Menurut laporan dari Savor Japan, daging babi yang digunakan untuk ramen berasal dari merek lokal (Bihada) yang diolah menjadi roasted pork slices yang lezat. Selain itu, minyak yang digunakan terbuat dari gandum yang ditanam di Fushimi, Kyoto.

Jika kamu ingin menambahkan nasi dan satu lauk seperti karaage atau kroket, kamu hanya perlu membayar tambahan ¥380 (Rp49 ribu) saja. Dengan harga yang terjangkau dan porsi yang cukup besar, Ramen Iccho bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi perutmu.

Ramen Iccho berlokasi di 82 Hiranoya, Maizuru, Kyoto. Dengan jam operasional dari hari Senin-Sabtu (11.00-01.00) serta Minggu dan hari libur nasional (11.00-00.00).

2. Kyoto Senmaru Shakariki Murasaki

Cicipi 5 Ramen Legendaris Kyoto dengan Kuah Nikmat yang Menggugah Selera! 2
(instagram.com/phnboy)

Kyoto Senmaru Shakariki Murasaki, sebuah restoran yang sudah berdiri sejak tahun 2004, terkenal akan ramen dan tsukemen yang lezat. Terletak di Kyoto Tower, restoran ini sangat strategis untuk para wisatawan yang ingin menikmati makanan lezat setelah berjalan-jalan.

Salah satu keistimewaan dari ramen di Kyoto Senmaru Shakariki Murasaki adalah kuah soy sauce-nya yang halus dan ringan, terbuat dari kaldu tulang ayam dan sagoshi kering dari mackerel Spanyol muda yang berasal dari Teluk Wakasa. Dua bahan tersebut direbus dalam waktu yang lama sehingga menghasilkan rasa yang kaya dan lezat.

Kamu juga bisa menambahkan topping tambahan ke dalam ramen-mu, seperti rebung (bamboo shoots) dan roast pork slices. Harga semangkuk ramen di Kyoto Senmaru Shakariki Murasaki berkisar antara ¥580 (Rp75 ribu) hingga ¥1280 (Rp166 ribu).

Kyoto Senmaru Shakariki Murasaki berlokasi di 721-1 Higashishiokojicho, Shimogyo Ward, Kyoto, buka setiap hari dari jam 11.00-22.00 WIB.

3. Chabuton

Cicipi 5 Ramen Legendaris Kyoto dengan Kuah Nikmat yang Menggugah Selera! 3
(instagram.com/veganinyorkshire)

Bagi para vegan, mencari makanan yang cocok dengan diet mereka di Jepang dapat menjadi tantangan tersendiri. Namun, kini ada kabar baik! Restoran Chabuton menyediakan ramen vegan dan gyoza yang wajib dicoba saat kamu berkunjung ke Kyoto. Lokasinya pun mudah ditemukan dekat Stasiun Kyoto.

Pertama-tama, kamu perlu memesan dan membayar di vending machine. Jangan khawatir, menu dalam bahasa Inggris tersedia untuk memudahkan kamu. Setelah itu, berikan print out pesananmu ke pelayan sebelum duduk.

Semangkuk ramen vegan dihargai sekitar ¥750 (Rp97 ribu) dan terdiri dari lobak, tomat, okra, dan alpukat. Kamu bisa menambahkan biji wijen atau cabai untuk memberi cita rasa lebih. Jangan lupa untuk mencoba gyoza-nya yang juga vegan. Jadi, bagi kamu yang mencari makanan vegan di Kyoto, Chabuton bisa menjadi pilihan yang tepat.

Chabuton berlokasi di 590-2 Higashishiokojicho, Shimogyo Ward, Kyoto. Buka setiap hari dari jam 11.00-20.00 WIB.

4. Menkiya

Cicipi 5 Ramen Legendaris Kyoto dengan Kuah Nikmat yang Menggugah Selera! 4
(instagram.com/mybnene)

Jangan lewatkan pengalaman kuliner yang lezat di Menkiya, kedai ramen yang terletak di kawasan Gion, Kyoto. Meskipun terlihat kecil, Menkiya sebenarnya memiliki tiga lantai yang dapat menampung banyak pengunjung. Di lantai pertama, Anda akan menemukan dapur, kasir, dan area makan dengan bangku tinggi. Sementara itu, di lantai kedua terdapat beberapa meja dan kursi terpisah, dan lantai ketiga dirancang untuk kelompok besar.

Salah satu menu andalan yang harus dicoba adalah curry ramen with pork and egg. Bahkan meskipun staf Menkiya mungkin kurang lancar berbicara dalam bahasa Inggris, Anda tidak perlu khawatir karena ada menu dalam bahasa Inggris yang tersedia untuk memudahkan pemesanan.

Nikmati hidangan lezat dengan suasana yang nyaman dan ramah di Menkiya. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan ramen yang nikmat dan pengalaman kuliner yang tak terlupakan di Menkiya.

Menkiya berlokasi di 32 Mibuaiaicho, Nakagyo Ward, Kyoto. Untuk hari dan jam buka, dari Senin, Rabu, Kamis, Jum’at (11.30-16.00 dan 18.00-02.00), Sabtu-Minggu (11.00-02.00), dan tutup pada hari Selasa

5. Ichiran

Cicipi 5 Ramen Legendaris Kyoto dengan Kuah Nikmat yang Menggugah Selera! 5
(instagram.com/foodling8)

Ichiran merupakan jaringan restoran ramen yang sangat populer di Jepang. Khususnya, Ichiran terkenal dengan ramen ala tonkotsu, di mana kuahnya terbuat dari tulang babi yang direbus selama berjam-jam. Keistimewaan Ichiran adalah, kamu bisa menyesuaikan ramenmu sesuai dengan selera.

Kamu bisa memilih level kepedasan, kekuatan dashi, keberlimpahan bawang, dan masih banyak lagi. Bahkan, tekstur mi pun bisa disesuaikan, apakah ingin lebih kenyal atau lebih empuk.

Untuk menikmati ramen standar, harga per mangkuknya adalah ¥930 (Rp121 ribu). Di Kyoto, terdapat dua cabang Ichiran yang dapat kamu kunjungi, yaitu di kawasan Karasuma dan Kawaramachi. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mencari makanan enak ketika sedang berkeliling Kyoto!

Ichiran berlokasi di 598 Uraderacho, Nakagyo Ward, Kyoto. Untuk hari dam jam operasional buka setiap hari dari jam 09.00-20.00 WIB.


 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

375
Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d