Seni Budaya Jepang – Selama beberapa dekade terakhir ini, Teknologi telah berkembang pesat, mungkin ada beberapa dari temanmu jika di ajak pergi keluar dan bergaul lebih memilih bersantai menghabiskan waktunya dengan ponsel atau juga video game yang bisa dimainkan secara online tanpa harus bertemu langsung. Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana orang-orang menghabiskan waktu mereka sebelum adanya semua teknologi saat ini ?.

Simak Juga : 6 Mainan Jepang Yang Menemani Masa Kecil Anak Indonesia

Di Jepang khususnya, ada banyak permainan tradisional yang masih dimainkan oleh anak-anak Jepang di sekolah dan bersama teman-teman mereka saat ini, walaupun tidak semua anak-anak Jepang memainkannya setidaknya masih mempertahankan mainan tradisional ini, berikut ini 8 mainan tradisional Jepang yang paling populer dari dulu hingga saat ini.

1. Taketombo (Baling-Baling Bumbu)
i-tsu-tsu.co.jp

Taketombo merupakan mainan tradisional Jepang yang mirip dengan rotor helikopter, cara memainkan mainan ini sangat mudah, kamu hanya tinggal memutarnya di bagian porosnya.

Taketombo dibuat pada zaman Edo oleh Hiraga Gennai, tetapi mulai dimainkan sejak zaman kuni karena bagian kayu yang serupa telah ditemukan disitus dari zaman Nara.

2. Tako (Layang-Layang)
tokyotimes.com

Diperkirakan bahwa layang-layang pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh para biksu Buddha yang datang dari Tiongkok pada periode Nara (710-794 M). Ada banyak gaya dan jenis layang-layang yang berbeda, pada kenyataannya, setiap wilayah Jepang memiliki bentuk karakteristiknya sendiri. Dekorasi sering menggambarkan karakter dari cerita rakyat Jepang atau memiliki makna religius atau simbolis.

3. Beigoma (Gangsing Tradisional Jepang)
tofugu.com

Jika kamu suka Anime atau Manga pasti tau dengan serial BeyBlade, yup! mainan ini kurang lebih sama dengan yang di gambarkan di dalam anime tersebut, akan tetapi Beigoma merupakan gangsing tradisional asal Jepang.

Memiliki ciri-ciri dengan diameter 3 cm, cara memainkannya kamu harus memintal dengan melilitkan kabel tipis sepanjang 60 cm disekitarnya, lalu melemparkannya sambil melepaskan kabel untuk memutarkannya ke permukaan, pelempar akan mengarahkan ke beigoma lain untuk mencoba menjatuhkannya dari area bermain, atau yang kalah bisa dilihat jika beigomanya sudah tidak berputar pertama kali.

4. Hanetsuki (Badminton Jepang)
fun-japan.jp

Ternyata Jepang sudah memiliki permainan Badminton sejak dulu, Hanetsuki adalah permainan tradisional Jepang, mirip dengan bulutangkis tanpa jaring, dimainkan dengan dayung kayu persegi panjang yang disebut hagoita dan shuttlecock yang berwarna cerah. Sering dimainkan oleh para gadis di Tahun Baru, permainan ini dapat dimainkan oleh gender apa pun dalam dua mode :

  1. Permainan satu orang yang berusaha menjaga shuttlecock tetap tinggi selama mungkin
  2. Permainan dua orang yang memukulnya maju dan mundur, Pemain yang gagal mengenai shuttlecock ditandai di wajah dengan tinta.

Meskipun Hanetsuki tidak sepopuler dulu, hagoita dekoratif umumnya dijual di seluruh Jepang.

5. Daruma Otoshi
istockphoto.com

Mainan kayu ini terdiri dari lima keping yang menumpuk, yang di atasnya ada keping utama, Daruma. Tujuan permainan ini adalah menggunakan palu untuk merobohkan bagian bawah Daruma satu per satu tanpa menjatuhkan Daruma.

6. Menko
dking-gallery.com

Menko adalah permainan kartu Jepang yang dimainkan oleh dua orang atau lebih, Menko merupakan nama jenis kartu yang digunakan untuk memainkan game ini, Setiap pemain menggunakan kartu Menko yang terbuat dari kertas tebal atau karton, dicetak pada satu atau kedua sisi dengan gambar dari anime, manga, dan karya lainnya.

Kartu pemain diletakkan di atas lantai kayu atau beton dan pemain lain melempar kartunya, mencoba membalik kartu pemain lain dengan embusan angin atau dengan menabrakkan kartunya ke kartu yang lain. Jika dia berhasil, dia mengambil kedua kartu atau kartu dengan kartu terbanyak di akhir permainan, memenangkan permainan.

7. Ayatori
koyomi-shico.jp

Ayatori merupakan permainan tali, caranya cukup mudah, ambillah seutas tali sepanjang 120 cm, dan ikat ujungnya menjadi satu untuk membuat lilitan. Tujuannya adalah membuat bentuk dengan tali, menggunakan jari-jari Anda.

Bisa dimainkan dua orang, atau seorang diri, Saat bertanding, satu pemain memegang talinya dalam bentuk tertentu, dan yang lain mengambil talinya sambil membuat bentuk yang berbeda. Orang yang membuat kesalahan dan merusak bentuk yang diinginkan akan kalah.

Simak Juga : Nostalgia Permainan Tamagotchi ? Artforia Punya Beberapa Daftar Koleksinya Disini !
8. Kendama
tsunagujapan.com

Permainan ini pada dasarnya dimainkan dengan melemparkan bola dan berusaha menangkapnya di salah satu cangkir atau menombaknya dengan ujung tongkat. Walaupun mungkin terdengar sederhana, tapi permainan ini cukup sulit, ada banyak teknik khusus untuk melakukannya.

 

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: