Seni Budaya Jepang – Ninja merupakan sebuah profesi sekaligus sebuah seni bela diri yang dimiliki oleh Jepang, sejarahnya tidak jauh berbeda dengan Samurai dimana Ninja telah ada sejak jaman peperangan, seorang ninja (忍者) atau shinobi (忍 び) adalah seorang agen rahasia atau tentara bayaran. Fungsi ninja dalam peperangan termasuk spionase, sabotase, infiltrasi, pembunuhan dan penyerang gerilya. Metode bertarung mereka yang secara rahasia dan menyerang dari belakang dianggap tidak terhormat sehingga dulu profesi ninja di cap berada dibawah kasta samurai yang memiliki prinsip mematuhi peraturan ketat tentang kehormatan dan sebuah pertempuran. Shinobi yang asli, adalah kelompok mata-mata dan tentara bayaran yang terlatih khusus, muncul pada abad ke-15 selama periode Sengoku, namun kehadirannya dipercaya juga sudah ada sebelum era tersebut.

8 Fakta Menarik Mengenai NinjaDalam kerusuhan periode Sengoku (abad ke-15 abad ke-17), kehadiran Ninja atau Shinobi menjadi peran penting untuk setiap peperangan dan salah satu tokoh terkenal dari sosok ini adalah Hatori Hanzo. Terdapat beberapa fakta menarik mengenai Ninja yang mungkin belum anda ketahui.

Simak Juga : Fundoshi Sebuah Pakaian Dalam Tradisional Jepang

Ninja Masih Ada
Percaya atau tidak namun menurut catatan sejarah dan juga cerita rakyat lokal bila kehadiran Ninja masih ada sampai sekarang, dalam sejarah Ninja tidak seperti samurai dimana ketika itu sangat terekspos oleh masyarakat dan berakhirnya samurai juga terlihat jelas namun ninja hanya menghilang begitu saja oleh karena itu diyakini sampai sekarang profesi ninja masih tetap ada diantara ramainya masyarakat Jepang.

Anda Bisa Belajar Menjadi Ninja
Ninja memang sosok yang misterius terutama pada jamannya namun kini siapa saja bisa menjadi ninja karena saat ini telah banyak tempat kursus berlatih seni bela diri Ninja, dengan total kira-kira ada 8 sekolah modern Ninjutsu (Ninja Martial Arts) mengklaim asli dari tradisi Ninja. Namun beberapa ahli sejarah dan juga pengamat setuju bila potensi bertarung Ninja jaman dulu dan saat ini tentu sangat berbeda.

Ninja Merupakan Profesi Yang Berperang Untuk Para Shongun
Pada jamannya Ninja merupakan pasukan berbayar oleh karena itu para Shongun sering menggunakan jasanya untuk melakukan berbagai hal terhadap pihak lawannya.

Antara Ninja Dan Samurai
Meskipun memiliki prinsip bertarung yang sangat berbeda namun sudah jelas dari catatan sejarah yang ada bahwa seorang yang menjadi ninja sering berasal dari kelas prajurit Samurai. Hattori Hanzo mungkin adalah sosok Ninja yang paling terkenal, namun dirinya juga seorang Samurai yang menyelamatkan nyawa Tokugawa Ieyasu (Shogun yang menyatukan Jepang) dan membantunya untuk berkuasa.

Kelompok Ninja
Ninja bukan hanya sekedar profesi atau seni bela diri namun juga memiliki kelompok-kelompok atau bisa disebut dengan klan, setiap kelompok memiliki aliran bertarung dan prinsip yang berbeda-beda. Klan atau kelompok yang paling dikenal adalah  Iga dan Koga.

Ninja Wanita
Ninja memang identik dengan pria karena mengandalkan kekuatan dan juga kecepatan namun bukan berarti seorang wanita tidak terlibat didalamnya, meskipun memang catatan ninja wanita lebih sedikit dibandingkan pria namun tetap terdapat beberapa kisah kunoichi yang terkenal, konsep kunoichi berawal dari cerita era Edo Mochizuki Chiyome. Menurut cerita Mochizuki Chiyome, dirinya merupakan istri dari Mochizuki Nobumasa (panglima perang Samurai yang terkenal). Dia lahir di klan Koga (klan Ninja) dan karena itu memiliki Ninja dalam darahnya. Suaminya memintanya untuk mengatur semua organisasi Ninja wanita yang menjadi penting bagi kampanye militernya.

Senjata Ninja
Shuriken merupakan simbol khas dari seorang Ninja namun faktanya senjata ini sudah lebih sering digunakan oleh para samurai, oleh karena itu dipercaya Shurikan asalnya bukanlah diciptakan oleh seorang Ninja dan menurut ahli sejarawan Ninja pada jamannya dipercaya menggunakan pedang wakizashi atau tipe chokuto standar pada masanya.

Sosok Ninja
Sejarah jepang pada jaman perang dipenuhi oleh mata-mata, pembunuhan misterius dan penculikan, semua tragedi tersebut selalu disangkutkan dengan sosok Ninja. Pada jaman modern saat ini Ninja juga menjadi sosok yang penting didalam dunia entertainment seperti didalam video games maupun film-film aksi.

8 Fakta Menarik Mengenai NinjaItulah fakta-fakta menarik mengenai Ninja atau Shinobi yang mungkin anda belum ketahui.

%d bloggers like this: