Berita Travel Jepang – Prefektur Oita (大分 県) terletak di timur laut wilayah Kyushu, dibatasi oleh tiga prefektur yaitu Fukuoka, Kumamoto, dan Miyazaki. Prefektur ini terkenal dengan sumber mata air panasnya yang sangat banyak dan berkualitas, sehingga juga sering dijuluki sebagai Prefektur Onsen. Bukan penggemar Onsen sejati bila belum pernah merasakan pengalaman pemandian air panas di wilayah ini.

Terdapat dua resort Onsen yang paling terkenal di Oita yaitu Beppu dan Yufuin, tidak hanya wisata Onsen saja tetapi para wisatawan juga bisa menikmati pemandian lumpur, pemandangan kota dan alam yang menakjubkan seperti pantai, pegunungan dan pedesaan-pedesaan yang jarang terjangkau oleh publik. Oita juga terpilih sebagai salah satu dari 12 kota tuan rumah untuk Piala Dunia Rugbi 2019 dan beberapa pertandingan rugbi akan dimainkan di Oita Stadium. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Prefektur Oita.

Simak Juga : 8 Rekomendasi Restoran Terbaik Yang Tidak Jauh Dari Area Tokyo Tower


Beppu Onsen

7 Destinasi Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Selama Berada Di Prefektur Oita
image : booking.com

Kota Beppu terletak di sepanjang teluk Beppu dan dikelilingi oleh pegunungan berapi, ini adalah kota Onsen yang paling terkenal dan populer di Jepang dan menjadi rumah untuk 2,000 sumber mata air panas. Dengan sumber sebanyak itu membuat Beppu menjadi nomor 2 dunia setelah Yellowstone National Park di Amerika, untuk kategori area vulkanik terbesar di dunia.

Beppu secara menyeluruh terbagi menjadi 8 pusat mata air panas, yaitu Beppu, Kankaiji, Kamegawa, Shibaseki, Kannawa, Myoban, Horita dan Hamawaki Onsen. Disini tersedia berbagai layanan Onsen dengan keunikan fasilitas masing-masing seperti pemandian pasir, memasak dengan uap, dan masih banyak lagi.

Jigoku Meguri

7 Destinasi Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Selama Berada Di Prefektur Oita
image : welcomekyushu.com

Destinasi yang paling populer di Beppu adalah Jigoku atau artinya adalah “Neraka”, disini para wisatawan dapat melihat 7 sumber mata air panas yang unik yang hanya diperbolehkan untuk dilihat. Setiap sumber air panasnya memiliki penampilan yang unik dan menakjubkan, membawa para turis seperti berkeliling di neraka dalam sesaat. Terdapat sebuah tur menjelajahi 7 sumber mata air panas ini yang disebut “Jigoku Meguri”, yang membutuhkan tiket masuk.

Yufuin Onsen

7 Destinasi Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Selama Berada Di Prefektur Oita
image : welcomekyushu.com

Yufuin (湯布院) juga salah satu kota Onsen yang populer di Prefektur Oita, berlokasi di kaki gunung Yufu dan berjarak sekitar 10 kilometer dari kota Beppu. Kota ini menjadi salah satu destinasi populer dikalangan wisatawan lokal, selain menawarkan fasilitas Onsen yang berkualitas, tempat ini juga menghadirkan panorama nostalgia yang indah.

Jalan utama dikota Yufuin dipenuhi toko-toko suvenir, restoran, cafe dan museum. Diluar area padat tersebut para wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang menakjubkan dengan sebuah latar belakang gunung Yufu.

Danau Kinrin

7 Destinasi Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Selama Berada Di Prefektur Oita
image : play-life.jp

Danau Kinrin (金鱗湖) merupakan salah satu destinasi populer di kota Yufuin, ini merupakan sebuah danau yang memiliki panorama indah serta misterius dikarenakan banyaknya kabut-kabut yang berhembus diatas air danau ini ketika musim gugur dan dingin. Kabut ini dikatakan tercipta karena danau tersebut mengandung dingin dan panas dari sumber air panas disekitar area.

Usuki

7 Destinasi Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Selama Berada Di Prefektur Oita
image : voyapon.com

Usuki (臼杵) merupakan kota istana yang terletak di bagian pantai timur Prefektur Oita. Kota ini terkenal dengan koleksi patung Buddha yang dipahat dari sebuah batu. Selain itu kota ini juga rumah bagi beberapa monumen bersejarah seperti Kastil Usuki dan Jalan Nioza.

Kuju Flower Park

7 Destinasi Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Selama Berada Di Prefektur Oita
image : simonearmer.com

Satu lagi tujuan terbaik untuk kamu menikmati pemandangan disekitar Prefektur Oita, taman ini terletak di dekat perbatasan dengan Prefektur Kumamoto. Taman ini menghadirkan kurang lebih 3 juta kembang musiman yang terdiri dari 500 jenis yang berbeda seperti Lavender, Salvia, Pink Moss, Tulip, Bunga Matahari, Kosmos dan masih banyak lagi. Panorama indah yang ditampilkan oleh taman seluas 20 hektar ini disempurnakan dengan latar belakang pegunungan Kuju.

Usa Shrine

7 Destinasi Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Selama Berada Di Prefektur Oita
image : discover-oita.com

Usa Shrine atau Usa Jingu (宇佐神宮) adalah kuil Shinto yang terletak di kota Usa yang ada di semenanjung Kunisaki. Kuil ini dibangun sejak abad ke-8 yaitu pada periode Nara, dan kuil ini didedikasikan untuk dewa Hachiman.


Itulah beberapa rekomendasi khusus ketika kamu berlibur mengunjungi Prefektur Oita, semogga memberikan pengalaman liburan yang terbaik di Jepang!.


Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
%d bloggers like this: