Berita Lifestyle Jepang – Tentu sebagian besar pembaca sudah mengetahui bila Jepang memang merupakan negara yang maju dengan segudang keunikan didalamnya, mulai dari makanan, fashion, budaya sampai gaya hidup yang dilakukannya memang tidak biasa untuk dipahami oleh sejumlah masyarakat negara lain. Meskipun beberapa keunikan Jepang telah anda ketahui, Artforia masih merasa yakina da beberapa kebiasaan masyarakat Jepang yang mungkin anda belum ketahui selama ini. Berikut ini dibawah Artforia akan memberikan 6 hal yang menjadi kebiasaan masyarakat Jepang yang mungkin belum anda ketahui.

Simak Juga : 7 Hal Yang Anda Harus Ketahui Sebelum Menggunakan Toilet Jepang

 

Pria Jepang Tidak Bisa Pulang Dengan Tepat Waktu

6 Kebiasaan Masyarakat Jepang Yang UnikTentu didunia ini tidak ada para pekerja yang suka untuk bekerja sampai larut malam atau tidak ada yang suka bila pulang kerumah pada saat tengah malam tetapi hal tersebut menjadi pengecualian untuk pria Jepang yang sedang bekerja terutama para pekerja kantoran. Bukan sebuah diskriminatif terhadap jenis kelamin tetapi masyarakat Jepang memang masih memiliki budaya yang kuat di mana pria sangat wajib untuk bekerja dan menghasilkan uang sedangkan wanita harus lebih mementingkan pekerjaan rumah. Sehingga seringkali penilaian masyarakat Jepang bila seorang pria yang pulang cepat dirinya bukanlah seorang yang pekerja keras atau dalam kata lain seorang pemalas. Rata-rata para pria dewasa yang bekerja akan pulang larut malam di Jepang.

 

Perjalan Pulang Yang Rumit

6 Kebiasaan Masyarakat Jepang Yang UnikBagi masyarakat negara lain atau anda para pembaca pastinya menganggap bila transportasi di Jepang sangatlah nyaman dan menarik, tetapi sebenarnya hal tersebut tidak terlalu dirasakan oleh para masyarakatnya sendiri. Bukan karena fasilitas atau kualitasnya yang jelek tetapi transportasi dan rute perjalanan di Jepang cukup rumit sehingga para pekerja yang biasanya baru saja bekerja pada perusahaan baru akan merencanakan sejak jauh-jauh hari untuk memilih rute perjalanan pergi dan pulang. Anda bisa lihat rute yang begitu rumit seperti photo diatas.

 

Semakin Besar Suara “Slurp” Semakin Enak Makanannya

6 Kebiasaan Masyarakat Jepang Yang UnikIni menjadi kebiasaan atau tradisi yang sangat unik oleh masyarakat Jepang ketika memakan sebuah ramen, mungkin memang akan terdengar sangat tidak sopan atau mengganggu tetapi sebagian besar masyarakat Jepang ketika memakan sebuah ramen akan terdengar suara “Slurp” ketika mereka memakan ramen tersebut dan menjadi sebuah kebiasaan untuk para kokinya bila mendengar suara tersebut semakin besar maka dipercaya makanannya atau ramen yang dibuat memang enak dan koki akan merasa puas. Secara tidak langsung seperti penghormatan terhadap para pembuat ramen oleh para konsumen.

 

Hanya Sumpit

6 Kebiasaan Masyarakat Jepang Yang UnikJangan kaget bila anda makan direstoran Jepang tidak ada sebuah sendok dan garpu karena sebagian besar restoran di Jepang hanya menyediakan sumpit saja untuk alat makannya, meskipun pada beberapa restoran modern terutama restoran yang bertema barat dan eropa akan menyediakan sendok dan garpu.

 

Jangan Menyerahkan Tempat Duduk Anda Bila Kendaraan Umum Penuh

6 Kebiasaan Masyarakat Jepang Yang UnikMungkin ini menjadi sebuah kebiasaan yang paling unik di Jepang dan jarang diketahui oleh para wisatawan ketika berlibur ke Jepang. Maksud dari jangan menyerahkan tempat duduk anda bila kendaraan umum penuh adalah masyarakat Jepang sangat menjunjung tinggi rasa hormat sehingga akan merasa tidak enak ataupun terlecehkan bila anda dengan sengaja memberikan tempat duduk anda kepada mereka. Ini juga berlaku pada tempat duduk prioritas yang memang dikhususkan para orang yang membutuhkannya, tetapi di Jepang bila anda memberikannya begitu saja akan membuat orang tersebut tidak enak dan akan menolaknya. Sehingga disarankan bila anda ingin memberikannya cukup berpura-pura untuk pindah ke tempat lain atau berpura-pura keluar kereta maka orang Jepang tidak akan segan untuk menggunakan kursi anda.

Orang Jepang sangat ramah dan menghormati sehingga akan sulit bagi mereka untuk mendapatkan bantuan tanpa membalaskan sesuatu. Kebiasaan ini sama seperti uang tips pada pelayan restoran Jepang.

 

Tidak Menggunakan Handphone Di Kereta

6 Kebiasaan Masyarakat Jepang Yang UnikKereta menjadi tempat yang padat namun juga sekaligus tempat yang sunyi dan tenang ketika anda tiba di Jepang. Sebenarnya tidak ada sebuah larang khusus yang dibuat oleh pihak kereta untuk tidak boleh menggunakan handphone namun menjadi sebuah kebiasaan dan juga etika bagi masyarakat Jepang untuk tidak menggunakan handphone ketika berada di kereta karena dari suaranya akan mengganggu ketenangan para penumpang lain, rata-rata penumpang kereta di Jepang memang tertidur oleh karena itu menjadi alasan utamanya. Bila merasa sangat terpaksa untuk mengangkat telpon maka usahakan dengan suara yang kecil.

Itulah 6 kebiasaan atau juga etika yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jepang yang mungkin unik dan tidak biasa untuk anda.

%d bloggers like this: