2
1 share, 2 points

Wisata Kuliner Jepang – Jika kamu seorang penggemar mie, maka Udon adalah salah satu varian kuliner Jepang yang masuk dalam ketegori hidangan mie, namun berbeda dengan ramen, dimana Udon lebih memiliki tekstur yang tebal dan dihidangkan dengan kuah yang kental atau sedikit, bahkan beberapa udon di hidangkan dengan kuah yang terpisah. Di Prefektur Kagawa yang berada di area pulau Shikoku, Jepang, terdapat sebuah hidangan udon yang unik dan lezat dinamai “Sanuki Udon”. Sebuah hidangan yang populer di kalangan masyarakat lokal, namun juga mulai terkenal di kalangan para turis asing pada beberapa tahun terakhir ini. Berikut ini adalah pilihan Artforia untuk menikmati pengalaman kuliner terbaik untuk mencicipi Sanuki Udon di Prefektur Kagawa.

Simak Juga : Sudah Pernah Coba Roti Panggang ala Taman Batu Jepang ?


Yamagoe Udon [Takinomiya]

5 Restoran Udon Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Ketika Berwisata Di Prefektur Kagawa, Shikoku Jepang
image : nexttrip.info

Restoran Yamagoe Udon menawarkan hidangan spesialisnya yaitu Kamatama Udon, sebuah hidangan Udon yang menggabungkan telur segar dengan kecap asin dan kuah kaldu Tsuyu. Peran kuah kaldu Tsuyu yang digunakan di hidangan ini memiliki aroma yang enak dan membuat kamu akan semakin bernafsu untuk memakannya. Telur segar yang digunakan akan membuat tekstur udon sedikit berlendir, tetapi menciptakan rasa yang gurih dan lezat. Jika kamu ingin hidangan udon yang lebih lengket atau kental, kamu bisa memesan menu “Kamatama Yama”, yang menggunakan Tororo Imo (ubi Jepang parut).

Keunikan lainnya adalah restoran ini memiliki halaman yang luas, sehingga kamu dapat menikmati hidangan udon yang lezat ini di luar ruangan sambil menikmati pemandangan sekitar.

Informasi Restoran

Jam Buka : 9:00 am – 1:30 pm (Tutup Minggu)
Alamat : 602-2, Hayukakami, Ayagawa-cho, Ayauta-gun, Kagawa, 香川県綾歌郡綾川町羽床上602-2
Website

Lokasi


Tanikawa Beikokuten [Kotohira]

5 Restoran Udon Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Ketika Berwisata Di Prefektur Kagawa, Shikoku Jepang
image : allabout-japan.com

Terletak di pegunungan, Tanikawa Beikokuten adalah kedai udon kecil yang hanya memiliki sekitar 20 kursi pengunjung saja. Meski begitu, restoran atau kedai kecil ini sangat populer sehingga akan selalu terlihat antrian di depannya, bahkan pada hari kerja sekalipun. Menu udon yang dihadirkan sederhana, yaitu hanya menawarkan pilihan udon dalam porsi besar atau kecil, panas atau dingin. Cabai hijau tersedia di atas meja dan orang-orang suka menggunakannya sebagai topping tambahan, tetapi rasanya cukup pedas sehingga jika kamu tidak menyukai pedas jangan mencoba atau tidak menaruhnya terlalu banyak.

Mie udonnya dibuat dengan hati-hati oleh olahan tangan, dan memiliki rasa yang khas serta aroma gandum yang cukup kuat. Teksturnya sangat halus, meski terpencil restoran ini cukup populer, sehingga kamu harus siap untuk mengantri jika ingin mencoba. Tetapi peggunungan di sekitarnya memiliki panorama alam yang indah, sehingga kamu dapat menikmati itu sambil menunggu giliran, memang agak merepotkan dan butuh perjuangan, tetapi ini adalah salah satu restoran udon yang kamu wajib coba jika berkunjung ke Kagawa.

Informasi Restoran

Jam Buka : Sekitar 11:00 am – 1:00 pm (Tutup minggu)
Alamat : 1490, Kawa-higashi, Manno-cho, Nakatado-gun, Kagawa, 香川県仲多度郡まんのう町川東1490
Website

Lokasi


Waraya [Yashima]

5 Restoran Udon Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Ketika Berwisata Di Prefektur Kagawa, Shikoku Jepang
image : 360navi.com

Di Waraya, kamu dapat mencicipi udon yang terbuat dari gandum kelas atas. Mie langsung direbus setelah kamu memesannya, jadi kamu akan menikmati mie yang benar-benar baru dibuat, mereka juga terbuka tentang dari mana saja bumbu mereka berasal, seperti bawang merah, jahe dan semacamnya. Porsi udon yang disajikan cukup untuk memuaskan, jadi jika kamu pergi bersama keluarga atau teman, pastikan untuk memesan ukuran besar yang dapat dibagi untuk 4 hingga 5 orang.

Restoran Waraya berlokasi di sebuah rumah pribadi yang bangunannya telah ada sejak periode Edo (1603-1868). Nikmati suasana unik dan tradisional yang tidak akan pernah kamu temukan di dalam arsitektur-arsitektur modern, seperti menggunakan atap jerami dan pelafon kayu. Desa Shikoku (Shikoku Mura), sebuah tempat yang dimana kamu bisa melihat rumah-rumah Jepang kuno, desa ini terletak tidak jauh dari restoran ini.

Informasi Restoran

Jam Buka : Desember – Februari (10:00AM-6:30PM), Maret – November (10:00AM-7:00PM), Akhir pekan, hari libur nasional, Tahun Baru (9:00AM-7:00PM)
Alamat : 91, Yashima Naka-machi, Takamatsu-shi, Kagawa, 香川県高松市屋島中町91
Website

Lokasi


Udon Baka Ichidai [Kawara-machi]

5 Restoran Udon Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Ketika Berwisata Di Prefektur Kagawa, Shikoku Jepang
image : tsunagujapan.com

Sebagian besar restoran udon buka pada jam makan siang, tetapi Udon Baka Ichidai yang satu ini mulai beroperasi dari jam 6:00 pagi, hidangan paling populer mereka adalah “Kama Butter Udon”, memiliki rasa krim yang lezat dan gurih seperti carbonara. Mereka juga menyediakan udon dengan rasa yang biasa, mie mereka memiliki tekstur yang kenyal, dan sedikit lengket.

Selain udon, restoran ini juga memiliki menu makanan gorengan, dengan banyak pilihan seperti tempura dan kroket. Sebagian besar harganya 100 Yen, dan yang paling mahal hanya sekitar 130 Yen, menjadikannya sebagai salah satu restoran udon yang ramah untuk kantong di Prefektur Kagawa.

Informasi Restoran

Jam Buka : 6:00 am – 6:00 pm (Tutup 1 Januari)
Alamat : 1-6-7, Kawara-machi, Takamatsu-shi, Kagawa, 香川県高松市多賀町1-6-7
Website

Lokasi


Yamadaya Sanuki Main Branch [Yakuri]

5 Restoran Udon Terbaik Yang Dapat Kamu Kunjungi Ketika Berwisata Di Prefektur Kagawa, Shikoku Jepang
image : japantravel.com

Yamadaya adalah sebuah restoran Udon Sanuki yang besar dan populer, yang awalnya terletak di pusat perbelanjaan Tokyo Skytree. Dimulai dengan topping daun bawang, lemon, dan wijen, restoran ini juga menyajikan udon dengan buah plum Jepang (Ume) atau irisan daging. Mereka memiliki pilihan menu yang cukup banyak, termasuk hidangan satu set dengan tempura atau sushi.

Salah satu daya tarik utama mereka adalah, menu mereka berubah mengikuti musim yang sedang berlangsung di Jepang. Di musim panas, tersedia udon dingin, dan di musim dingin, tersedia Shippoku Udon (udon hangat dengan daging ayam, wortel, lobak Jepang, dan bahan-bahan lainnya untuk menghangatkan tubuh). Di Yamadaya kamu juga dapat menikmati panorama taman tradisional Jepang yang indah sambil menikmati pesanan udon, bersama dengan gaya interior Jepang di restoran tersebut akan membuat kamu merasa seperti berada dalam jaman bersejarah Jepang. Untuk harganya sendiri, restoran ini mematok biaya yang tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 1000 Yen atau lebih rendah.

Informasi Restoran

Jam Buka : 10:00 am – 8:00 pm
Alamat : 3186, Mure, Mure-cho, Takamatsu-shi, Kagawa, 香川県高松市牟礼町牟礼3186
Website

Lokasi


Itulah beberapa restoran Udon di Prefektur Kagawa rekomendasi Artforia, semoga memberikan kamu pengalaman wisata kuliner Udon yang terbaik ketika berlibur di daerah Shikoku, Jepang.

Source : Tsunagu Japan

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

2
1 share, 2 points
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: