Dunia Hobi Jepang – Jepang memang sebuah negara penghasil alat elektronik terbesar di asia, produk-produknya bahkan sempat mempengaruhi kehidupan sehari-hari di Indonesia. Mungkin bagi anda sebagian pembaca terutama yang merupakan generasi 70an atau 80an pernah mengetahui beberapa alat-alat elektronik buatan Jepang yang populer dan juga masuk ke Indonesia. Untuk mengenangnya mari kita lihat 5 perangkat elektronik Jepang yang populer pada masa tersebut.

Simak Juga : Fenomena Mobil Datsun Dalam Sejarah Otomotif Indonesia

 

Kalkulator Casio Mini

5 Perangkat Elektronik Jepang Yang Populer Pada Era 70anKalkulator merupakan alat mewah pada jaman dulu terutama pada era 70an, salah satunya adalah casio mini yang merupakan kalkulator buatan casio yang resmi di produksi pada Agustus 1972, kala itu harga sebuah kalkulator masih cukup mahal untuk casio mini ini saja dibanderol dengan harga 6000 yen atau sekitar 750rb rupiah dan ketika masuk Indonesia harganya hampir mencapai 1jt rupiah tentu harga yang fantastis untuk sebuah kalkulator saja.

 

Walkman

5 Perangkat Elektronik Jepang Yang Populer Pada Era 70anAlat musik ini sangat populer dikalangan remaja pada masanya terutama para pecinta musik, dulu ketika era 70an, 80an dan 90an memang belum ada alat penyimpan musik digital maupun CD sehingga alat yang diciptakan pertama kali oleh Sony ini menjadi satu-satunya untuk mendengarkan musik ketika berpergian, saat itu kira-kira harganya sekitar 8500 yen mencapai 1jt rupiah. Peralatan ini dibuat pada tahun 1978 oleh enjiner audio Nobutoshi Kihara untuk mantan ketua Sony Akio Morita dan uniknya alat ini memiliki sebutan lain di berbagai negara misalnya seperti di Amerika Serikat disebut dengan Soundabout, Sweedia disebut Freestyle dan di Inggris disebut Stowaway.

 

Carry Compo

5 Perangkat Elektronik Jepang Yang Populer Pada Era 70anYang ini juga merupakan alat musik populer pada jamannya dimana banyak para keluarga atau kalangan anak muda kalau berpergian pasti membawa alat ini untuk memutar musik ditempat mereka, salah satu merek yang terkenal adalah ciptaan Aiwa pada tahun 1979, harganya sekitar 8000 yen (950rb rupiah). Alat ini cukup berat karena memiliki 2 speaker besar dikedua sisinya.

 

Rice Cooker

5 Perangkat Elektronik Jepang Yang Populer Pada Era 70anAlat masak ini menjadi satu-satu penyelamat para ibu rumah tangga pada masanya kala itu, Rice Cooker sebenarnya pertama kali ditemukan oleh ide seorang bernama Yoshitada Minami pada tahun 1937 namun saat itu belum dapat direalisasikan karena kondisinya, sampai akhirnya pada tahun 1956 sebuah perusahaan elektronik Jepang Toshiba menyempurnakannya dan mulai meluncurkan produk mereka, pada tahun 1970an menjadi puncaknya alat ini telah tersebar luas dan semakin banyak digunakan oleh masyarakat Jepang maupun negara lain dan tentunya juga Indonesia.

 

Cassette Densuke

5 Perangkat Elektronik Jepang Yang Populer Pada Era 70anAlat ini merupakan alat perekam terbaik pada era tahun 70an, kala itu para wartawan banyak sekali yang menggunakannya, salah satu model yang terkenal adalah Cassette Densuke TC-2850SD yang diproduksi pada tahun 1973 dengan harga sekitar 5000 yen atau sekitar 600rb rupiah.

Itulah beberapa alat elektronik ciptaan Jepang yang sangat populer pada era 70an di Indonesia maupun di Jepang.

%d bloggers like this: