A password will be e-mailed to you.

DIY&Craft – Kesenian tradisional Jepang memang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakatnya, terlihat beberapa festival di Jepang yang banyak menggunakan hasil karya kerajinan lokal yang unik dan tidak dapat ditemukan pada tempat lain, Artforia akan mengajak anda dalam membuat sebuah lentera air yang juga sering digunakan dalam tradisi Toro Nagashi di Jepang. Untuk membuatnya ternyata tidaklah sulit, mari simak intruksinya dibawah ini.

Simak Juga : Cotton Time Majalah DIY Craft Jepang Yang Populer

Membuat Lentera Air Bergaya JepangPersiapan

  • Silinder adalah bentuk yang paling mudah terbentuk. Namun, jika anda ingin membuat lentera berbentuk persegi, pastikan untuk melipatnya sebelum melukisnya. Untuk membuat lentera persegi, buatlah lipatan 1/2 inci di sisi pendek kertas yupo, lipat lembaran menjadi dua, lalu lipat kedua ujungnya ke lipatan tengah. Catatan: untuk membuat lipatan keras di YUPO. kertas, gunakan alat pembakar seperti bone folder.
  • Siapkan gambar awal pada selembar kertas kosong yang terpisah. Karena kertas yupo sangat transparan, selanjutnya anda bisa meletakkan gambar yang telah dibuat pada kertas kosong tersebut di bawah kertas Yupo dan kemudian mengulangnya lagi pada bagian atas kertas Yupo jadi seperti menjiplak. Biarkan 1/2 pada bagian tepi desain untuk area lem.

Cara dalam membuatnya.

Hiasi lentera dengan lukisan atau corak. Kertas Yupo bekerja dengan baik dengan berbagai alat seni yang berbeda, termasuk cat air dan spidol atau tinta warna permanen, pembuatan pola atau corak pada lentera ini memang dimaksudkan agar memberikan keindahan ketika lentera diberikan cahaya dari dalam. Permukaan kertas Yupo yang halus tidak akan menyerap cat air seperti pada kertas biasanya. Sehingga pewarnaan atau pembuatan corak menjadi mudah dan juga waktu pengeringan lebih cepat. Setelah membuat corak tersebut biarkan lentera sampai mengering. Catatan: tekanan dari jari pada permukaan yupo dapat meninggalkan minyak yang mengganggu pembuatan corak sehingga usahakan menggunakan tangan yang bersih dan kering dan hindari menyentuh permukaan kertas sebisa mungking.

Membuat Lentera Air Bergaya JepangGulung atau lipat lentera dan letakkan sedikit lem di salah satu ujung kertas untuk menggabungkan ujungnya. Klip kertas sangat membantu dalam mengamankan perekatan sampai menunggu lem mengering. Hindari menggunakan terlalu banyak lem dan juga jauhkan dari lukisan anda.

Cara teraman untuk menerangi lentera di dalam ruangan adalah dengan menggunakan lilin yang dioperasikan dengan baterai, seperti sebuah bohlam kecil dengan daya listrik kecil. Letakkan lilin baterai tersebut pada wadah bulat kecil yang cukup tinggi sehingga lilin baterai tidak menyentuh terlalu dekat dengan dinding lentera. Catatan Penting! Bila anda menggunakan lilin asli berukuran kecil maka jangan biarkan nyala api bersentuhan dengan lentera dan jangan pernah meninggalkan lilin tanpa pengawasan karena kertas Yupo sangat mudah terbakar. Untuk penggunaan di luar ruangan, tempatkan lentera dalam wadah seperti mangkuk dan isi bagian dalam dengan pasir atau kerikil lalu tempatkan lilin kecil ditengah-tengah pasir atau kerikil tersebut.

Untuk membuat alas yang mengambang dan tahan air untuk lentera anda, membutuhka selembar potongan kertas yupo dengan ukuran 4-1/2″×6″(empat per lembar). Buat lipatan 1/2 di keempat sisinya. Lipat sudutnya menjadi ke atas. Pasangkan lentera ke alas tersebut dengan selotip transparan.

Membuat Lentera Air Bergaya JepangSource : Blick

%d bloggers like this: