Seni Budaya Jepang – Peperangan telah menjadi bumbu dalam kehidupan masyarakat Jepang sejak jaman kuno, jauh sebelum adanya teknologi modern dimana peperangan menggunakan senjata api, Jepang telah memulai era peperangan di dalam negara. Saat itu pedang dan panah adalah senjata utama yang digunakan, beberapa profesi terkenal lahir dalam peperangan ini seperti Samurai, Ninja, dan Ashigaru. Salah satu periode yang paling terkenal adalah Sengoku Jidai (戦国時代), bahkan karena begitu terkenalnya membuat dunia entertainment seperti film ataupun game banyak yang mengambil tema dari periode ini.

5 Klan Terkuat Jepang Selama Periode Sengoku Jidai

image : Pinterest.com

Dalam periode ini terbagi cukup banyak kubu-kubu kerajaan yang dipimpin oleh Shogun, kubu-kubu ini disebut juga klan yang memiliki lambang-lambang yang berbeda yang menandakan pasukan mereka, berikut ini adalah 5 klan terkuat di Jepang selama periode Sengoku Jidai versi Artforia.

Simak Juga : Kapal Perang Jepang Terpopuler Sepanjang Sejarah

 

Tokugawa

5 Klan Terkuat Jepang Selama Periode Sengoku Jidai

image : wikimedia.org

Klan Tokugawa (徳川氏, 德川氏 Tokugawa-shi atau disebut juga Tokugawa-uji) adalah keluarga daimyō yang kuat di Jepang. Mereka secara status diturunkan dari Kaisar Seiwa (850–880) dan merupakan cabang dari klan Minamoto (Seiwa Genji) oleh klan Nitta. Sejarah awal klan ini sendiri tetap menjadi misteri. Klan ini pernah memerintah Jepang sebagai shōgun dari 1603 hingga 1867. Salah satu pendiri terkenal dari klan ini adalah Tokugawa Ieyasu.

Takeda

5 Klan Terkuat Jepang Selama Periode Sengoku Jidai

image : wikimedia.org

Klan Takeda (武田 氏 Takeda-shi) adalah klan Jepang yang aktif dari periode Heian akhir hingga akhir abad ke-16. Klan ini secara historis berbasis di Provinsi Kai yang saat ini telah menjadi Prefektur Yamanashi. Klan ini dikenal karena tindakan heroik mereka di bawah pemerintahan Takeda Shingen, salah satu penguasa paling terkenal di masa itu. Bahkan beberapa sosok dari klan ini sering dimunculkan dalam sebuah video game.

Uesugi

5 Klan Terkuat Jepang Selama Periode Sengoku Jidai

image : wikimedia.org

Klan Uesugi (上杉氏 Uesugi-shi) adalah klan samurai Jepang, keturunan dari klan Fujiwara. Klan ini terkenal karena kekuatan mereka dalam periode Muromachi dan Sengoku (sekitar abad ke-14 hingga abad ke-17). Klan itu dibagi menjadi tiga keluarga cabang, Ōgigayatsu, Inukake dan Yamanouchi Uesugi, yang memiliki pengaruh besar terhadap periode Sengoku Jidai. Dari semua pemimpinnya yang paling dikenal adalah Uesugi Kenshin (1530-1578), yang berasal dari klan Nagao, dirinya adalah salah satu panglima perang Sengoku yang terkuat. Setelah masuknya periode Edo, klan Uesugi diidentifikasi sebagai salah satu klan tozama atau klan luar, berbeda dengan klan fudai yang merupakan pengikut atau sekutu turun temurun dari klan Tokugawa.

Mori

5 Klan Terkuat Jepang Selama Periode Sengoku Jidai

image : redbubble.net

Klan Mōri (毛利氏 Mōri-shi) adalah klan samurai Jepang yang diturunkan dari Ōe no Hiromoto. Anggota klan yang paling terkenal adalah Mōri Motonari, klan ini memperluas kekuasaannya di Provinsi Aki. Setelah memasuki periode Edo keturunan dari klan ini menjadi daimyo dari daerah Chōshū di bawah Keshogunan Tokugawa. Kemudian setelah Restorasi Meiji dengan penghapusan sistem han dan daimyō, klan Mōri menjadi bagian dari bangsawan baru.

Oda

5 Klan Terkuat Jepang Selama Periode Sengoku Jidai

image : wikimedia.org

Klan Oda (織田 氏 Oda-shi) adalah keluarga daimyō Jepang yang menjadi kekuatan politik penting dalam penyatuan Jepang pada pertengahan abad ke-16. Klan ini juga merupakan klan yang paling terkenal dan kuat pada periode Sengoku Jidai, dibawah kepemimpinan Oda Nobunaga berhasil mengalahkan beberapa klan lainnya dan menguasai sebagian besar Jepang, namun klan ini akhirnya runtuh karena adanya penghianatan yang dilakukan oleh salah satu pengikutnya yang bernama Akechi Mitsuhide.

%d bloggers like this: