Kuliner Jepang – Sayuran adalah bahan baku yang sering digunakan dalam sebuah hidangan masakan, setiap negara memiliki perbedaan dalam menggunakan bahan-bahan sayuran dalam masakan mereka, di Jepang sayuran merupakan bahan makanan yang cukup populer setelah daging ikan, mungkin masih banyak yang bertanya-tanya mengenai sayuran apa yang populer di Jepang dan jenis hidangan sayur apa yang biasanya disajikan dalam kuliner Jepang?. Berikut ini adalah beberapa daftar hidangan dengan bahan dasar sayuran di Jepang yang populer.

Simak Juga : 5 TOKO DONAT POPULER YANG DAPAT KAMU TEMUKAN DI TOKYO


Kinpira Gobo

5 Hidangan Sayur Jepang Yang Disukai Banyak Orang

image : bebeloveokazu.com

Kinpira Gobo merupakan salah satu jenis hidangan salad tradisional Jepang yang dibuat dari akar sayuran Gobo yang direbus, serta ditambah dengan irisan wortel yang manis. Hidangan ini dipotong-potong mirip seperti barang korek api, kemudian menumisnya dengan sedikit minyak dan kemudian dicampuran sedikit gula, kecap dan mirin. Salad ini biasanya menjadi pelengkap favorit dalam sebuah produk makanan kotak bento atau juga sering muncul dalam menu hidangan Teishoku (satu set hidangan tradisional Jepang). Untuk versi yang lebih sehat biasanya hidangan terlebih dahulu direbus sebelum digoreng.

Kiriboshi Daikon

5 Hidangan Sayur Jepang Yang Disukai Banyak Orang

image : knitsbysachi.com

Sesuai dengan namanya, hidangan ini menggunakan bahan dasar sayur lobak Jepang yang disebut daikon, yang dipotong dan dikeringkan secara halus atau disebut “Kiriboshi” dan kemudian dicampur dengan bahan-bahan seperti tahu aburage, potongan wortel dan dibasahi dengan campuran mirin, gula, sake, dashi dan kecap. Daikon atau lobak Jepang yang dikeringkan dipercaya memiliki kandungan baik yang memberikan nutrisi dan vitamin daripada lobak yang masih segar dan juga bisa dijadikan sebagai bumbu masak.

Horensou No Goma-ae

5 Hidangan Sayur Jepang Yang Disukai Banyak Orang

image : storyofakitchen.com

Goma-ae adalah jenis hidangan sayuran Jepang di mana sayuran direbus terlebih dahulu dan kemudian dilumuri dengan saus wijen. Hidangan ini biasanya disajikan dingin atau pada suhu ruangan. Untuk membuat Horensou No Goma-ae membutuhkan bayam segar yang direbus, kemudian didinginkan dan diperas, kemudian dilumuri saus wijen.

Okra Aemono

5 Hidangan Sayur Jepang Yang Disukai Banyak Orang

image : japanesecooking101.com

Aemono merupakan jenis hidangan sayuran Jepang yang diolah secara mentah dan merupakan salah satu teknik memasak yang populer di Jepang. Okra adalah sejenis sayuran Jepang yang populer, disukai karena teksturnya yang kenyal dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Untuk membuat hidangan ini, sayuran Okra terlebih dahulu dipotong dadu, lalu dibumbui dengan kecap dan bonito flakes. Tekstur Okra secara alami cukup lengket, oleh karena itu dicampur dengan kecap untuk menciptakan lapisan yang lezat dan tekstur yang unik.

Komatsuna Ohitashi

5 Hidangan Sayur Jepang Yang Disukai Banyak Orang

image : cookpad.com

Ohitashi adalah teknik pengolahan lain yang populer untuk lauk sayuran Jepang, biasanya menggunakan sayuran seperti asparagus, okra, bayam dan komatsuna (sayuran sawi hijau khas Jepang). Komatsuna akan diiris dan direbus dalam campuran kuah dashi, kecap dan mirin. Hidangan ini biasanya juga dihiasi dengan serpihan bonito.

%d bloggers like this: