Seni Budaya Jepang – Boneka memang sebuah benda sepele yang hanya dijadikan sebagai sebuah hiasan atau koleksi, namun dalam kehidupan beberapa masyarakat di Asia, boneka memiliki elemen penting terutama dalam bidang tradisi. Di Jepang kehadiran boneka bukan hanya sebagai barang koleksi maupun mainan anak kecil tetapi juga memiliki fungsi dan juga manfaat tersendiri dalam sebuah tradisi. Berikut adalah beberapa koleksi boneka-boneka tradisional yang yang paling terkenal dari Jepang.

Simak Juga : PERBEDAAN ANTARA PISAU SUSHI DAN SASHIMI DENGAN PISAU DAPUR BIASA


Kimekomi

5 Boneka Tradisional Yang Memiliki Peran Penting Dalam Tradisi Jepang

image : nakayamadoll.com

Boneka ini dibuat dengan metode tradisional dan menggunakan bahan dasar kayu, saat ini sangat banyak boneka-boneka Kimekomi yang dibuat di Jepang dengan kualitas yang sangat tinggi dan dihargai dengan harga yang tinggi untuk sebuah koleksi. Mereka biasanya dijual di toko-toko hobi tradisional Jepang dan para pembeli atau pemilik dapat memesan baju untuk boneka ini dengan desain yang di inginkannya.

Daruma

5 Boneka Tradisional Yang Memiliki Peran Penting Dalam Tradisi Jepang

image : sg.carousell.com

Mungkin dari sekian banyak boneka-boneka tradisional di Jepang, sosok Daruma lah yang paling populer dan banyak terlihat oleh warga asing, boneka Daruma menjadi simbol yang sangat populer sebagai jimat keberuntungan selama periode Tahun Baru di Jepang. Figurnya dibentuk seperti seorang pendeta Buddha dalam ajaran Zen di Jepang, tetapi yang membuat desain boneka ini unik adalah bola mata mereka selalu dibuat putih seperti tidak memiliki bola mata. Biasanya para masyarakat Jepang atau pembeli boneka ini ingin mendapatkan keberuntungan dalam tahun baru.

Gosho

5 Boneka Tradisional Yang Memiliki Peran Penting Dalam Tradisi Jepang

image : japanobjects.com

Penampilannya unik, dikenal juga dengan nama Gosho Ningyo dalam bahasa Jepang. Boneka ini dipercaya memiliki sejarah sekitar 400 tahun, secara historis mereka diciptakan untuk diberikan kepada Daimyo (seorang penguasa dengan kedudukan tinggi di Jepang) yang sedang mengunjungi Kyoto. Wujud mereka seperti seorang anak-anak yang sedang bermain, dan dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi pemiliknya. Beberapa mengatakan jika gaya boneka ini mengingatkan banyak orang dengan pertunjukan teater seni Noh.

Oiran

5 Boneka Tradisional Yang Memiliki Peran Penting Dalam Tradisi Jepang

image : kikuimports.com

Berwujud seperti seorang geisha dengan menggunakan sendal khas Jepang yang disebut Geta, Oiran sendiri merupakan boneka dengan sosok yang sangat penting dalam sejarah Jepang kuno, penampilan dan gayanya seperti seorang Geisha namun memiliki tugas yang lebih dewasa yaitu sebagai pekerja seks, tetapi dalam kisah sejarah mereka juga dikabarkan memiliki keterampilan lain di luar pekerjaan tersebut.

Kyoto Doll

5 Boneka Tradisional Yang Memiliki Peran Penting Dalam Tradisi Jepang

image : japanobjects.com

Dikenal juga dengan sebutan Kyo Ningyo, boneka Kyoto diciptakan untuk memainkan peran dekoratif yang lebih canggih dalam masyarakat Jepang. Dibuat secara tradisional dengan menggunakan teknik pembuatan boneka Jepang yang diturunkan secara turun-menurun di daerah Kyoto. Biasanya setiap bagian dari boneka di buat secara terpisah oleh pengrajin yang berbeda, sebagai contoh misalnya bagian kepala oleh satu orang pengrajin, tangan oleh pengrajin lain dan seterusnya. Karena metode pembuatannya yang cukup rumit, harga boneka ini agak mahal, tetapi dibuat untuk dapat bertahan lama, terkadang sering disimpan sebagai barang penting sebuah keluarga di Jepang.


Itulah beberapa boneka tradisional Jepang yang paling populer dan memiliki peran penting dalam sebuah tradisi masyarakat Jepang, meski begitu masih banyak boneka-boneka tradisional Jepang lainnya yang memiliki peran dalam kehidupan masyarakat Jepang.

%d bloggers like this: