ckRSn2zWt_o

Berita Musik Jepang – Apakah kamu suka dengan lagu-lagu tahun 80-an? atau juga kamu lebih menyukai lagu yang bergenre City Pop, saat ini di Indonesia sedang naik daun lagu City Pop Jepang tahun 80an, banyak sekali video musik lagu-lagu city pop yang muncul di beranda Youtube, siapa tau cocok dengan selera kamu, karena musiknya yang memiliki irama asik dan dapat membuat pikiran tenang.

statusmagonline.com

Sebelum Artforia memberikan beberapa daftar lagu-lagu City Pop Japan yang saat ini sedang populer, ada baiknya kami akan memberikan sedikit informasi tentang aliran lagu ini, City Pop mulanya dikenal dan menjadi sebuah lagu populer pada akhir tahun 70an tepatnya di kota besar Tokyo, dan mulai booming kembali di tahun 2010an, lagu dengan genre ini terkenal dengan ciri khas musik di era awal tahun 80an, dengan lagu ala-ala pop Jepang klasik.

Simak Juga : Hanya Berjeda Setahun, Kenshi Yonezu Akan Kembali Rilis Single Terbarunya !

Banyak sekali penyanyi dan para musisi city pop yang saat itu terkenal hingga sampai sekarang seperti Taeko Ohnuki, Tatsuro Yamashita, Miki Matsubara, dan masih banyak lagi. Dengan seiringnya jaman berlalu, banyak para musisi Indonesia yang mulai melirik aliran ini, dan beberapa sudah membuat musik dengan mengusung genre ini.

Jika kita lihat dari sejarah dan kesuksesannya, bisa kita lihat pada banyaknya piringan hitam yang telah rilis pada tahun-tahun keemasan city pop di Jepang, dan kembali dicari oleh banyak pecinta musik. Walaupun saat ini masih banyak piringan hitam yang masih tersedia tetapi kebanyakan sudah di lelang yang tercatat pernah terjual lebih dari USD $400.

Pasti kamu penasaran bagaimana bisa lagu genre ini yang notabene nya terkenal di Jepang sana bisa merambat ke Indonesia, semuanya karena ada Internet, lebih tepatnya Youtube, kamu pasti pernah melihat video rekomendasi di Youtube, satu diantaranya adalah musik yang dipilih dengan cara acak berjudul Plastic Love, yang dinyanyikan oleh Mariya Tekeuchi, yang sempat menjadi buah bibir warganet beberapa waktu lalu.

Karena terlalu seringnya lagu ini masuk kedalam video rekomendasi di Youtube, banyak juga ada yang jengkel dan ada juga yang menjadi adiktif dengan lagu ini, karena lantunan nada dan iramanya yang seperti lagu di lounge yang berguna untuk merelaksasikan pikiran sambil bersantai para tamu, jadi lebih mudah diterima oleh banyak pendengarnya, ya tetapi tidak dipungkiri juga banyak yang tidak begitu suka dengan genre ini, selera orang memang berbeda-beda.

Kamu bisa melihat sudah berapa kali video tersebut di lihat oleh para netizen untuk Plastic Love saja sudah hampir 10 juta view, setelah itu banyak orang-orang yang melakukan aransemen ulang lagu, bahkan membuat versi covernya, secara tidak langsung lagu dengan genre ini kembali di angkat di dunia permusikan Indonesia, dan mulai merambah ke selera anak muda saat ini.

Berikut ini 10 playlist City Pop Jepang 80an yang kembali populer di Indonesia, disimak ya guys.

1. Tatsuro Yamashita, “Space Crush” (RCA 1978)
2. Noriki, “Do What You Do” (Eastworld 1983)

3. Makoto Matsushita, “First Light” (Air Records 1981)

4. Mariya Takeuchi – Plastic Love (Alfa Moon 1985)

5. Junko Ohashi – Telephone Number (1984)

6. Tatsuro Yamashita – Sparkle (Alfa Moon 1989)

7. Miki Matsubara – Stay With Me (1979)

8. Tomoko Aran – Midnight Pretenders (1983)

9. Chisato Moritaka – The Miha (Warner, 1987)

10. Anri – Last Summer (1982)

Bonus !

11. Anri – Shyness Boy (1983)

Itulah 10 plus 1 playlist City Pop Jepang di era 80an yang akhir-akhir ini menjadi populer di kalangan dunia musik Indonesia, So sekarang yang mana yang kamu suka ?

%d bloggers like this: