4
3 shares, 4 points

Berita Anime Jepang – Tentunya banyak pembaca Artforia terutama para penyuka Anime tentang tragedi pembakaran studio animasi Kyoto Animation yang terjadi pada bulan Juli 2019 lalu, hal tersebut meninggalkan banyak kesedihan dan juga kekecewaan atas apa yang terjadi kepada para pekerja studio yang telah berdiri sejak tahun 1981 tersebut. Tragedi penyerangan dengan cara membakar gedung tersebut menyebabkan 36 orang meninggal dunia dan 33 orang luka-luka.

Tekanan Mental Dan Rasa Cemas Masih Menghantui Sejumlah Besar Staff Studio Animasi KyoAni

Simak Juga : 9 Lokasi Di Tokyo Yang Hadir Dalam Film Anime “Weathering with You”

Para pekerja yang terluka sebanyak 33 orang tersebut sebagian besar dikabarkan telah kembali bekerja, melalui sebuah konferensi pers yang diadakan pada tanggal 18 Oktober 2019 lalu oleh presiden Studio Animasi tersebut yaitu Hideaki Hatta. Namun hal ini tidak berarti membawa kondisi Studio Animasi KyoAni menjadi normal kembali, menurut pernyataan sang pimpinan KyoAni tersebut jika semuanya masih jauh dari normal, menurutnya kehilangan sejumlah besar karyawannya tersebut membuat suasana sangat berbeda dan trauma masih terasa.

“Suasana sehari-hari yang kami biasa miliki hingga 18 Juli, belum ada pada saat ini. Ketika kami pergi bekerja, begitu banyak orang yang dulu ada disana kini telah menghilang.” – Hideaki Hatta

Kyoto Animation memiliki sekitar 176 karyawan pada saat sebelum tragedi tersebut terjadi, dengan jumlah korban tersebut berarti sekitar 20 persen staf studio ini meninggal dunia. Dengan jumlah kehilangan yang cukup besar tersebut, para pekerja sebelumnya kemungkinan akan menghadapi tekanan mental dan kesedihan, dan Hatta juga mengatakan bila tiga karyawannya memutuskan untuk memerlukan waktu istirahat lebih banyak untuk mengatasi stres dan kecemasan yang ditimbulkan oleh serangan itu.

Tekanan Mental Dan Rasa Cemas Masih Menghantui Sejumlah Besar Staff Studio Animasi KyoAni
image : @YOMIURI SHIMBUN

Menurut kabar lokal yang ada di Jepang, terungkap jika Studio Animasi Kyoto juga secara keseluruhan menutup aktivitasnya selama hampir sebulan pada awal Agustus 2019 kemarin, dan pihak perusahaan terus berkoordinasi dengan lembaga medis untuk mencoba memberikan perawatan kesehatan mental yang diperlukan dan dukungan emosional kepada para karyawannya. Meskipun dengan upaya itu, segelintir karyawan telah ada yang mengundurkan diri dari KyoAni.

Tekanan Mental Dan Rasa Cemas Masih Menghantui Sejumlah Besar Staff Studio Animasi KyoAniUntuk saat ini pihak perusahaan memang tidak dapat mendorong karyawannya untuk kembali bekerja, namun mereka juga tidak mempertimbangkan untuk menyerah dalam memproduksi sebuah animasi yang selama ini telah sukses menghibur banyak orang, Hatta juga telah berjanji bila akan terus merilis karya-karya Animasi yang sebelumnya akan dihadirkan oleh studio ini, namun mereka harus mengatur ulang tanggal rilisnya.

Source : Animenewsnetwork, Livedoor News, Asahi Shimbun Digital, Soranews24

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

4
3 shares, 4 points
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: