1
2 shares, 1 point

Berita Manga Jepang – Dengan ribuan judul manga yang rilis setiap tahunnya, membuat produk ini bukanlah sebuah bisnis yang sepele lagi di Jepang. Bahkan manga sudah menjadi salah satu bagian dari pop kultur Jepang yang sukses mempengaruhi sebagian besar kehidupan manusia, tidak hanya di Jepang. Kehadiran manga juga populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Mungkin cukup mudah untuk mengikuti manga-manga terpopuler pada saat ini, tetapi mungkin akan sulit atau bahkan kamu tidak pernah tahu jika manga-manga populer tidak hanya datang dari era modern saja, berikut Artforia akan memberikan beberapa pilihan dari manga-manga populer yang hadir pada era tahun 90an, yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

Simak Juga : Salah Satu Serial Game Assassin Creed Kembali Dapatkan Adaptasi Manga


20th Century Boys (1999)

5 Rekomendasi Manga Klasik Era 90-an Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui
image : aminoapps.com

20th Century Boys merupakan manga klasik yang bersinar pada akhir era Showa di Jepang, dengan memenangkan penghargaan sebagai penulis dan ilustrator terbaik Naoki Urasawa menghadirkan sebuah manga bergenre aksi, perkembangan teknologi, dystopia, Sci-fi dan sedikit sentuhan romantis. Menjadikan sebuah hal yang luar biasa dimana Urasawa sukses menyatukan banyak genre tersebut dalam satu manga ini.

Namun yang paling membuat manga ini bersinar adalah karena ceritanya yang memberikan misteri besar kepada para pembaca, dalam manga ini diceritakan sebuah sekte jahat yang mencoba menyebarkan virus mematikan ke seluruh dunia dan pemimpin kelompok tersebut tidak diketahui dan hanya disebut dengan sebutan “Teman”. Bisa dibilang konsep cerita dari manga ini seperti campuran dari War of the Worlds, The Hunger Games, dan Stand By Me.

Genre : dystopia, mystery, Sci-Fi, steampunk, thriller

Dragon Head (1995)

5 Rekomendasi Manga Klasik Era 90-an Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui
image : neoverso.com

Manga ini akan mengajak kamu membayangkan ketika menaiki sebuah kereta Shinkansen menuju Kyoto untuk acara sekolah, namun tiba-tiba kereta penuh dengan pecahan kaca, barang-barang berjatuhan dan tubuh-tubuh penuh darah dari teman-teman sekelasmu terlihat di depan mata. Kamu terjebak di sebuah terowongan gelap tanpa terlihat ujungnya, suhu secara misterius mulai naik, makanan dan minuman menipis. Para penumpang yang selamat mulai kehilangan kesadarannya karena kondisi yang mencekam, tidak ada cahaya dan tidak ada jalan keluar. Itulah yang akan kamu temukan dalam manga berjudul Dragon Head ini.

Dengan judul yang sedikit unik, Dragon Head mengatur tema waktunya pasca-apokaliptik, yang menampilkan alur cerita cukup gelap dengan suasana serius. Manga ini juga merupakan pemenangan dari penghargaan Kondansha Manga Award pada tahun 1997, Dragon Head menjadi contoh awal dimana kualitas gambar dalam sebuah manga dapat mempengaruhi suasana cerita, namun meski begitu kisah cerita dari manga ini masih cukup mudah diduga oleh para pembacanya.

Genre : post-apocalyptic, thriller

Monster (1994)

5 Rekomendasi Manga Klasik Era 90-an Yang Mungkin Belum Pernah Kamu KetahuiMonster, juga salah satu manga yang diciptakan oleh Naoki Urasawa, sebuah manga bergenre misteri yang meluncur pada tahun 1994 hingga 2001, dengan total 18 episode. Manga ini mendapatkan sejumlah review dan rating yang baik pada website-website yang berhubungan dengan manga. Manga ini menceritakan kisah ahli bedah Jepang bernama Kenzo Tenma yang bekerja untuk sebuah rumah sakit ternama di Jerman. Bertunangan dengan putri direktur rumah sakit tersebut dan akan segera mendapatkan promosi jabatan dalam karirnya, Tenma nampak memiliki kehidupan sempurna. Namun, suatu hari Tenma diharuskan merawat seorang anak dengan luka tembak yang parah.

Pada waktu yang sama, Tenma diperintahkan untuk merawat walikota dan meninggalkan anak itu ke tangan ahli bedah yang kurang berpengalaman. Mengetahui bahwa anak tersebut kemungkinan besar akan mati di tangan ahli bedah lain, Tenma akhirnya memutuskan untuk menolak perintah dari direktur tersebut yang bisa saja mengancam jabatan dirinya dirumah sakit tersebut. Yang mengejutkannya lagi adalah, ternyata Tenma tidak tahu bahwa anak yang dirinya rawat tersebut adalah seorang pembunuh yang paling berbahaya dalam sejarah manusia.

Genre : action, crime, mystery, psychological thriller

Neon Genesis Evangelion (1994)

5 Rekomendasi Manga Klasik Era 90-an Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui
image : Pinterest

Mungkin Neon Genesis Evangelion bukanlah yang termasuk dalam kategori manga yang tidak banyak diketahui orang, namun serial ini adalah kasus langka di mana adaptasi anime lebih dulu hadir ketimbang manganya. Kondisi ini sebenarnya dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah penonton, namun karena adanya keterlambatan dalam memproduksi anime, manganya telah dirilis berbulan-bulan sebelum episode pertama animenya ditayangkan.

Neon Genesis Evangelion mengatur tema cerita mereka saat mahkluk alien raksasa yang dikenal sebagai Angles (Malaikat), manga ini mengikuti kisah dari anak laki-laki berusia 14 tahun bernama Shinji, yang akhirnya mengemudikan sebuah mesin raksasa mereka yang disebut dengan Mecha untuk memerangi para alien besar ini.

Genre : action, mecha, psychological thriller, Sci-Fi

Great Teacher Onizuka (1997)

5 Rekomendasi Manga Klasik Era 90-an Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui
image : mangatown.com

Bagi penggemar sebuah cerita bergenre komedi dan kehidupan sehari-hari maka manga GTO atau Great Teacher Onizuka adalah pilihan yang terbaik, mungkin serial ini telah cukup populer di beberapa negara termasuk Indonesia. Namun tidak dipungkiri bila serial ini sering dilirik sebelah mata oleh para penyuka manga karena genrenya yang terbilang ringan, meski dengan genre komedi dan kehidupan sehari-hari. Serial ini sukses menampilkan kehidupan Eikichi Onizuka, tokoh utama dari serial ini berjalan dengan banyak warna.

Onizuka diharuskan berhadapan dengan pekerjaan barunya yang sangat tidak biasa, yaitu menjadi seorang guru di sekolah tingkat atas, dirinya yang merupakan mantan anggota geng, membuatnya sering dilecehkan oleh orang-orang luar dan termasuk para muridnya. Namun hari demi hari, Onizuka berhasil menimbulkan rasa kepercayaan kepada para murid-muridnya dengan membantu mereka keluar dari masalahnya masing-masing. Manga klasik atau lawas yang sangat cocok untuk kamu mencari cerita-cerita ringan dengan bumbu-bumbu romantis, aksi dan komedi.

Genre : comedy, slice of life


Itulah beberapa rekomendasi Artforia untuk manga klasik era 90-an yang mungkin belum pernah kamu ketahui!.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

1
2 shares, 1 point
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: