384

Berita Wisata Jepang – Belakangan ini, jumlah orang yang mencintai Budaya Pop Jepang, seperti anime dan manga, dan bepergian ke Jepang dengan tema ini semakin meningkat. Apakah Anda tidak berpikir bahwa Jepang, di mana Anda dapat menikmati hobi Anda dan juga merasakan sushi lezat, ramen, kuil dan candi bersejarah, serta budaya tradisional, adalah destinasi wisata paling utama? bagaimana dengan Tempat Wisata Anime?

Simak Juga : Stasiun Anime Tokyo Tempat Baru untuk Para Penggemar Anime di Ikebukuro

Bagi penggemar anime, Wisata Anime atau Ziarah Anime, di mana penggemar mengunjungi lokasi dunia nyata yang muncul dalam anime favorit mereka, semakin populer. Banyak juga mengunjungi kota-kota seperti Akihabara dan Nakano untuk membeli barang anime yang hanya tersedia di Jepang. Negara ini memiliki sejumlah toko anime. Ada juga fasilitas bertema Ghibli yang terkenal secara global. Selain itu, jumlah acara di mana taman hiburan dan kafe berkolaborasi dengan anime semakin meningkat.

Tempat Anime Terbaik di Jepang, tidak terbatas hanya pada toko dan taman hiburan anime saja. Daftar ini dapat membantu para pecinta anime yang merencanakan itinerari mereka, yang mencakup segalanya mulai dari lokasi terkenal hingga atraksi yang kurang dikenal.


1. Pameran dan Kafe Kolaborasi Anime

10 Tempat Wisata Anime di Jepang yang Akan Membuat Anda Merasa Masuk ke Dunia Anime
jw-webmagazine.com

Pameran dan kafe keren yang terkait dengan anime dan manga adalah tempat yang harus dikunjungi oleh penggemar anime di Jepang sekarang. Salah satu tren terbaru dalam anime populer adalah dibukanya kafe dan pameran bertema. Setiap tahun, anime populer berkolaborasi dengan kafe, menawarkan makanan dan minuman asli yang mewakili karakter dan motif, serta barang dagangan eksklusif untuk dijual. Pameran sering memamerkan karya seni asli dan konten unik.

Kafe dan pameran anime ini tidak terbatas pada area perkotaan seperti Tokyo, dan mereka sering mengadakan tur ke berbagai wilayah, memberikan kesempatan bagi penggemar di seluruh negeri. Ketika berkunjung ke Jepang, pastikan untuk memeriksa tren anime saat ini (Daftar 30 Anime Terbaik) dan lihat apakah ada acara yang sedang berlangsung yang terkait dengan mereka (selalu ada acara anime yang sedang berlangsung).

2. Lokasi Anime di Dunia Nyata

10 Tempat Wisata Anime di Jepang yang Akan Membuat Anda Merasa Masuk ke Dunia Anime 2
jw-webmagazine.com

Tentu saja, ketika berbicara tentang tempat anime di Jepang, Anda tidak dapat mengabaikan fenomena “Ziarah Anime” atau “Wisata Anime”. Terutama dalam anime terkini, ada kecenderungan kuat untuk menggambarkan kota dan lokasi di dunia nyata di Jepang. Penggemar kemudian melakukan ziarah ke tempat-tempat ini yang muncul dalam anime. Sebagai contoh, pengaruh dari seri anime dan manga Slam Dunk, yang populer pada tahun 1990-an, terus menarik penggemar dari seluruh dunia ke perlintasan kereta api dekat Stasiun Sekolah Tinggi Kamakura di Prefektur Kanagawa.

Hakone adalah tempat suci bagi penggemar Evangelion, di mana seri anime mecha terkenal ini diatur dan memiliki salah satu tokonya yang resmi, Eva-ya, di depan Stasiun Hakone-Yumoto. Baru-baru ini, banyak orang melakukan perjalanan ke lokasi yang muncul dalam film anime yang disutradarai oleh Makoto Shinkai, dikenal atas Your Name, Weathering with You, dan Suzume.

Tips agar perjalanan anime Anda lebih bermakna adalah dengan meneliti lokasi dari anime favorit Anda sebelumnya. Saat ini, ada banyak tempat anime yang tersebar di seluruh negeri. Di sini, saya memperkenalkan daftar yang merangkum beberapa dari mereka.

3. Museum yang berkaitan dengan Anime dan Manga

10 Tempat Wisata Anime di Jepang yang Akan Membuat Anda Merasa Masuk ke Dunia Anime 3
jw-webmagazine.com

Museum Fujiko F. Fujio di Kawasaki, Prefektur Kanagawa, yang terutama menampilkan Doraemon, populer di semua kelompok usia. Bagi mereka yang tertarik pada manga, bentuk asli dari anime, Museum Manga Internasional Kyoto adalah tempat yang wajib dikunjungi. Di museum manga, Anda dapat mempelajari sejarah manga dan mengakses koleksi manga yang luas, termasuk nomor kembali yang berharga dari majalah seperti Shonen Jump.

Jika Anda sangat mengenal anime, di Tokyo Anda juga mungkin ingin mengunjungi Museum Animasi Toei dan Museum Animasi Universitas Politeknik Tokyo Suginami, keduanya memiliki konten yang cukup khusus. Selain itu, di Kochi, ada Museum Memorial Kota Kami Yanase Takashi Anpanman, dan di Tottori, Anda dapat menemukan Pabrik Manga Gosho Aoyama, dikenal sebagai mangaka Detektif Conan (Case Closed).

Anime Attack on Titan yang baru-baru ini berakhir dikenang dengan Museum Attack on Titan di Hita yang terletak di Kota Hita, Prefektur Oita, yang merupakan kampung halaman Hajime Isayama, pencipta manga asli.

4. Patung One Piece dan Gundam

10 Tempat Wisata Anime di Jepang yang Akan Membuat Anda Merasa Masuk ke Dunia Anime 4
jw-webmagazine.com

Tahukah Anda bahwa Anda dapat melihat seluruh Kru Topi Jerami di Prefektur Kumamoto, Wilayah Kyushu? Sebagai bagian dari upaya pemulihan setelah gempa bumi Kumamoto pada April 2016, Proyek Pemulihan One Piece Kumamoto diluncurkan, sebuah kolaborasi antara manga One Piece dan Prefektur Kumamoto. Pencipta manga tersebut, Eiichiro Oda, berasal dari Kumamoto. Sebagai salah satu sorotan dari proyek ini, sepuluh patung Kru Topi Jerami dari One Piece telah dipasang, dan para penggemar sangat antusias dengan kualitas tinggi patung-patung tersebut. Luffy dan Chopper dapat ditemukan di Kota Kumamoto, dan kru lainnya ditempatkan di seluruh prefektur. Meskipun Kumamoto di Kyushu terletak agak ke barat Jepang, itu adalah destinasi wajib bagi penggemar One Piece.

Salah satu karakter ikonik yang mewakili anime adalah Gundam. Bermula dari seri anime yang dimulai pada tahun 1979, episode baru terus dirilis hingga saat ini. Patung Gundam berukuran penuh dapat ditemukan di berbagai lokasi di Jepang. Terutama:

  • Yang paling terkenal adalah patung RX-0 Unicorn Gundam yang terletak di DiverCity di Odaiba. Awalnya, patung ini adalah RX-78-2 Gundam, tetapi digantikan oleh RX-0 Unicorn Gundam pada tahun 2017.
  • Di Gundam Factory Yokohama, pengunjung dapat melihat patung RX-78-2 Gundam, yang bergerak seperti versi asli yang terlihat di anime.
  • Mitsui Shopping Park LaLaport Fukuoka menampilkan patung RX-93ff νGundam berukuran penuh, lengkap dengan kemampuan gerakan dan pertunjukan video khusus.

Melihat patung-patung robot mencolok ini secara langsung mengungkapkan keberadaan dan kemegahan mereka yang luar biasa.

5. Pokémon Center

10 Tempat Wisata Anime di Jepang yang Akan Membuat Anda Merasa Masuk ke Dunia Anime 5
jw-webmagazine.com

Tak diragukan lagi, salah satu seri game dan anime paling populer di dunia adalah Pokémon. Di antara game-game terkenal yang diproduksi oleh Nintendo, Pokémon menonjol sebagai yang dicintai oleh seluruh dunia, sejajar dengan seri Mario Bros. Bahkan sekarang, seri Pokémon terus diadaptasi menjadi animasi, menangkap hati baik orang dewasa maupun anak-anak.

Jika Anda ingin merasakan diri Anda terbenam dalam alam semesta Pokémon saat berada di Jepang, Pokémon Center (beberapa lokasi juga dinamai Pokémon Store) adalah tempat yang tepat. Meskipun pusat-pusat ini memainkan peran penting dalam game dan anime sebagai pusat penyembuhan untuk Pokémon Anda, di dunia nyata, mereka berfungsi sebagai toko resmi Pokémon. Di sini, penggemar dapat membeli berbagai item terkait Pokémon mulai dari game, kartu, dan mainan boneka sampai pakaian dan barang-barang sehari-hari.

Pusat-pusat ini terletak strategis di seluruh Jepang, mulai dari kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka hingga wilayah paling utara Hokkaido dan pulau-pulau selatan Okinawa. Secara nyaman, bahkan ada lokasi di bandara dan Stasiun Tokyo, menjadi berkah bagi para pelancong yang sedang bepergian.

Setiap toko memiliki tema uniknya yang terkait dengan lokasinya. Beberapa, seperti Pokémon Center Mega Tokyo & Pikachu Sweets, bahkan menampilkan kafe bertema yang menggemaskan, memastikan bahwa penggemar mendapatkan pengalaman Pokémon yang menyeluruh.

6. Universal Studio Japan

10 Tempat Wisata Anime di Jepang yang Akan Membuat Anda Merasa Masuk ke Dunia Anime 6
jw-webmagazine.com

Pikirkan lagi jika Anda mengira Universal Studios sama di mana-mana. Universal Studios Japan (USJ) di Osaka menawarkan sentuhan unik yang membedakannya dari saudara-saudaranya di seluruh dunia.

Meskipun USJ tetap menjadi salah satu objek wisata teratas di Osaka, itu telah berkembang pesat menjadi tujuan wajib bagi para penggemar anime di Jepang. Selama beberapa tahun terakhir, taman hiburan ini terus meluncurkan atraksi yang bekerja sama dengan seri anime populer. Terutama, dalam inisiatif Universal Cool Japan 2023, USJ meluncurkan atraksi yang bekerja sama dengan Detective Conan, Spy x Family, dan waralaba lainnya.

Selain itu, USJ tidak tinggal diam ketika berkolaborasi dengan seri anime blockbuster. Mereka bekerja sama dengan hit seperti Attack on Titan, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, One Piece, Jujutsu Kaisen, dan seri Evangelion. Meskipun taman ini terkenal dengan bagian yang bertema Harry Potter dan Minions, tidak dapat disangkal bahwa mereka menempatkan vokus yang signifikan pada atraksi berbasis anime.

Ini bukan hanya tentang anime, USJ juga membentuk kemitraan dengan waralaba game terkemuka, seperti Monster Hunter dan Final Fantasy.

Bagi penggemar anime yang merencanakan perjalanan ke Osaka, USJ adalah daya tarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Namun, ingatlah bahwa Anda perlu memesan tiket Anda sebelumnya. Setelah menentukan tanggal Anda, klik di sini untuk memesan tiket secara online tanpa menunggu!

7. Nakano Broadway

10 Tempat Wisata Anime di Jepang yang Akan Membuat Anda Merasa Masuk ke Dunia Anime 7
jw-webmagazine.com

Ketika ditanya tentang tiga distrik anime teratas di Tokyo, banyak orang mungkin akan menyebutkan Akihabara dan Ikebukuro, dengan Nakano yang cukup dekat di belakang. Meskipun Nakano mungkin tidak begitu banyak dipublikasikan sebagai tempat wisata, aksesibilitasnya dari pusat transportasi utama Stasiun Shinjuku (hanya 10 menit naik kereta) membuatnya menjadi lokasi menarik bagi para pengunjung.

Alasan utama para penggemar anime harus berkunjung ke Nakano? Nakano Broadway yang ikonik, salah satu tempat anime terbaik yang harus dikunjungi di Jepang. Gedung bertingkat ini, dengan 10 lantai, dipenuhi dengan berbagai toko dari berbagai genre dan dengan bangga berdiri selama lebih dari setengah abad.

Di antara harta yang ditemukan di Nakano Broadway, toko-toko Mandarake tanpa ragu bersinar paling terang. Tersebar di seluruh gedung, antara lantai 1 hingga 4, ada lebih dari 20 cabang Mandarake. Sementara koleksi manga mereka sangat luas, mereka juga memenuhi keinginan setiap otaku, menawarkan figur karakter, game, dan hampir semua barang dagangan terkait yang bisa Anda bayangkan.

Nakano Broadway tidak hanya sebatas anime dan manga; itu menawarkan pengalaman berbelanja yang unik, dengan berbagai toko yang didedikasikan untuk subkultur dan barang langka yang tidak mudah ditemukan di tempat lain. Bagi setiap penggemar anime yang mengunjungi Tokyo, membuat perjalanan sampingan ke Nakano Broadway adalah suatu keharusan. Permata tersembunyi ini memberikan pengalaman budaya pop dan anime yang berbeda dan sangat layak untuk perjalanan.

8. Ikebukuro

10 Tempat Wisata Anime di Jepang yang Akan Membuat Anda Merasa Masuk ke Dunia Anime 8
jw-webmagazine.com

Meskipun Akihabara sering menjadi sorotan sebagai distrik anime utama Jepang, dalam beberapa tahun terakhir, Ikebukuro secara perlahan telah mendapatkan popularitas sebagai pusat favorit bagi para penggemar anime dan manga.

Salah satu pendorong utama kenaikan popularitas Ikebukuro adalah keberadaan toko utama Animate Ikebukuro. Merayakan ulang tahunnya yang ke-40 pada tahun 2023, toko anime kelas dunia ini mengalami renovasi signifikan. Menempati bangunan sembilan lantai, toko ini tidak hanya menawarkan berbagai macam buku manga dan barang karakter anime, tetapi juga memiliki lantai khusus yang didedikasikan untuk teater dan pameran.

Ikebukuro juga terkenal karena daya tariknya bagi penggemar anime perempuan. Otome Road yang terkenal, yang dihiasi dengan toko-toko terkait anime, dan toko Mandarake Ikebukuro, yang dikenal sebagai Lalala, dianggap sebagai tanah suci oleh banyak gadis yang antusias.

Selain itu, Ikebukuro memiliki beberapa pengecer elektronik raksasa, seperti toko utama Bic Camera Ikebukuro dan LABI1 Life Select Ikebukuro, keduanya menawarkan berbagai macam mainan anime, game, dan barang dagangan terkait.

Dalam kompleks Sunshine City, pengunjung dapat menemukan Pokémon Center Mega Tokyo & Pikachu Sweets, toko Donguri Kyowakoku yang berfokus pada Ghibli, dan ONE PIECE Straw Hat Store, hanya beberapa di antaranya. Di sebelah Stasiun Ikebukuro, Ikebukuro PARCO menampung toko utama merek EVANGELION, EVANGELION STORE TOKYO-01, memastikan penggemar seri ikonik tidak kecewa.

Pada dasarnya, Ikebukuro menawarkan pengalaman anime yang luas, mulai dari toko rantai mammoth hingga toko-toko niche yang fokus pada genre anime tertentu, mengukuhkan statusnya sebagai destinasi wajib bagi para penggemar anime.

9. Akihabara

10 Tempat Wisata Anime di Jepang yang Akan Membuat Anda Merasa Masuk ke Dunia Anime 9
jw-webmagazine.com

Akihabara menjadi bukti ikonik dari kekayaan Kultur Pop Jepang, yang juga dikenal sebagai budaya otaku. Dari anime, manga, dan game hingga idola, cosplay, dan sebagainya, ini tanpa ragu merupakan tanah suci bagi para penggemar segala hal otaku.

Distrik ini memiliki beragam toko anime berskala besar yang tak tertandingi, seperti yang tidak akan Anda temukan di tempat lain di Jepang. Terkenal di antaranya adalah toko-toko seperti Animate, Mandarake, dan Toranoana. Pusat-pusat ini menawarkan berbagai macam barang dagangan terkait anime, mulai dari DVD, buku, action figure, alat tulis, dan banyak lagi.

Namun, daya tarik Akihabara tidak hanya dalam pengalaman berbelanjanya. Ini juga menarik para penggemar dengan lokasi kehidupan nyata yang muncul dalam seri anime populer. Misalnya, Kuil Kanda dari Love Live! dan gedung Radio Kaikan dari Steins;Gate keduanya dapat ditemukan di sini.

Jalanan yang ramai, atmosfer yang penuh semangat, dan berbagai kafe bertema lebih lanjut memastikan bahwa kunjungan ke Akihabara adalah perjalanan mendalam ke jantung budaya pop kontemporer Jepang. Baik Anda sedang mencari barang langka atau hanya menikmati pemandangan dan suara, Akihabara menawarkan pengalaman yang benar-benar unik dalam ranah pariwisata anime.

10. Museum Ghibli dan Taman Ghibli

10 Tempat Wisata Anime di Jepang yang Akan Membuat Anda Merasa Masuk ke Dunia Anime 10
jw-webmagazine.com

Ketika membicarakan anime yang menjadi kebanggaan Jepang, film-film Studio Ghibli tak dapat diabaikan. Ada banyak tempat resmi di Jepang yang berthemes Ghibli.

Bagi penggemar film-film Studio Ghibli yang terkenal di seluruh dunia, mengunjungi Museum Ghibli di Tokyo adalah suatu keharusan mutlak. Terletak sedikit di sebelah barat pusat Tokyo, tujuan menakjubkan ini dapat ditemukan di area Mitaka. Salah satu fitur ikonik dari museum ini adalah patung robot tinggi dari Castle in the Sky yang berdiri di atap. Namun, ingatlah bahwa fotografi di dalam museum umumnya dilarang, sehingga seseorang benar-benar harus mengunjungi secara langsung untuk merasakan seluruh daya tarik dan keajaibannya.

Sorotan lain adalah film pendek eksklusif Ghibli yang hanya diputar di museum ini. Dari waktu ke waktu, ada juga pameran berjangka waktu terbatas yang memamerkan berbagai aspek alam semesta Ghibli. Selain itu, para penggemar Ghibli akan senang dengan berbagai ruangan yang penuh dengan detail rumit dari film-film tercinta, suvenir unik yang dapat dibeli, dan kafe berthemes yang menyajikan camilan yang lezat.

Ingatlah, jika Anda berencana mengunjungi, Anda perlu memesan tiket Anda sebelumnya.

Pada tahun 2022, fasilitas baru bertema Ghibli, Ghibli Park, diresmikan di dalam Aichi Expo Memorial Park di Prefektur Aichi. Objek wisata luas ini menyajikan dunia di mana bahkan bangunan dan lanskap alam dari film-film ikonik Ghibli telah direkonstruksi dengan teliti. Pengunjung dapat meresapi diri dalam lokasi-lokasi khas dari berbagai film Ghibli. Sorotannya termasuk Rumah Satsuki dan Mei dari My Neighbor Totoro, Desa Mononoke dari Princess Mononoke, dan Lembah Penyihir yang terinspirasi oleh Howl’s Moving Castle.

Taman ini berkembang secara ambisius setiap tahun, dengan bagian-bagian baru yang didedikasikan untuk masterpiece Ghibli yang berbeda terus ditambahkan. Seperti museum mitranya di Tokyo, Anda perlu memesan tiket Anda untuk Ghibli Park sebelumnya.

Bagi penggemar Ghibli, sangat layak untuk melakukan perjalanan ke Prefektur Aichi di Jepang Tengah hanya untuk mengalami Ghibli Park. Ini menjanjikan petualangan anime seperti tak ada yang lain, membungkus pengunjung dalam dunia fantastis dari film-film favorit mereka.

sumber : jw-webmagazine.com


 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

384
Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: