Belajar Bahasa Jepang – Belajar sebuah bahasa asing memang memiliki tantangan tersendiri karena membutuhkan adaptasi dan pola belajar yang benar agar dapat mencerna dan menghafal kata-kata asing masuk kedalam otak kita, namun beberapa bahasa terkadang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi misalnya seperti bahasa Jepang dan juga China, oleh karena itu cukup banyak metode-metode unik yang dilakukan oleh orang-orang untuk mempelajari bahasa ini. Salah satu yang akan Artforia bagikan adalah metode belajar dengan membaca sebuah berita dalam bahasa Jepang.

Yuk, Tingkatkan Penguasaan Kosakata Jepang Anda Dengan Metode Ini !
image : tofugu

Media berita seperti koran memang menjadi makanan sehari-hari setiap orang untuk menemukan kabar-kabar terbaru, namun hal tersebut dapat dimanfaatkan dalam mempelajari sebuah bahasa asing. Berisi ribuan kata dan kalimat, koran atau majalah menjadi sahabat yang baik untuk mempelajari sebuah bahasa asing.

Simak Juga : Ingin Bahasa Jepang Kamu Lebih Gaul? Ikuti Kata-Kata Slang Jepang Berikut Ini !

Yuk, Tingkatkan Penguasaan Kosakata Jepang Anda Dengan Metode Ini !
image : kyodo-pr
Menjadi Penyuka Berita

Konsumsilah banyak berita setiap hari, mungkin tidak akan anda rasakan dalam waktu dekat. Tetapi dengan membaca sebuah berita, ada frasa dan kata-kata tertentu yang digunakan berulang kali, seperti :

に つ い て – tentang

に よ っ て – menurut, karena

。。。に注意してください (。。。にちゅういしてください) – harap waspada… / berhati-hatilah dengan …

詐欺に注意してください。(さぎにちゅういしてください。) – Harap waspada terhadap penipuan.

雷雨に注意してください。(らいうにちゅういしてください。) – Harap berhati-hati dengan badai petir.

政府 (せ い ふ) – pemerintah

問題 (も ん だ い) – masalah, pertanyaan

事件 (じ け ん) – peristiwa, kasus

地震 (じ し ん) – gempa bumi

Anda akan terbiasa dengan kata-kata diatas karena hampir setiap saat korang menggunakan kata-kata tersebut dan akan membuat anda menjadi terbiasa membaca kata dan frasa ini.

Pelajari Kalimatnya Secara Perlahan

Saat pertama kali anda mulai mempelajari kalimat-kalimat dari sebuah berita, jangan mencoba memahami semua yang dikatakan atau ditulis dalam berita tersebut. Tentu itu akan membuat Anda gila. Sebagai solusinya, baca atau dengan apapun yang anda mengerti dan cobalah untuk mendapatkan inti dari apa yang berita tersebut kabarkan. Jika Anda merasa tidak mendapatkan inti dari berita tersebut, cobalah untuk memulai lagi dengan berita selanjutnya.

Mengingat Dan Mencatat Kata Dan Frasa Baru

Kapan pun anda melihat sebuah kata atau frasa baru dalam berita, catatlah dan ini akan membantu anda mengingatnya saat lain kali anda melihatnya lagi pada berita lain. Kemudian setelah itu, sebelum anda memulai sesi belajar anda dalam membaca atau menonton berita, lakukan latihan terhadap kosakata anda sehingga akan banyak kalimat-kalimat berita yang anda mengerti nantinya.

Dengan Suara

Meski membaca atau dengan tulisan memang sudah cukup untuk mempelajari sebuah bahasa, tetapi tidak akan sempurna tanpa adanya bantuan suara untuk mempelajari cara pelafalannya, oleh karena itu solusi lain bila anda tidak dapat melihat berita di TV anda dapat mendengarkan radio atau sebuah podcast berita dalam bahasa Jepang. Dalam format audio, penyiar berita terkadang akan berbicara lebih lambat dan jelas, sehingga akan membantu anda dalam mempelajari kosakata dan pelafalan dalam bahasa Jepang.

Pilih Tema Berita Yang Sesuai Dengan Selera Anda

Tentu setiap orang akan memiliki ketertarikan atau minat dalam membaca atau melihat sebuah berita, tidak semua berita dapat menarik perhatian orang. Oleh karena itu pilih bidang berita yang menarik minat anda, sehingga anda akan mendapatkan motivasi atau semangat lebih dalam mempelajari kosakata atau kata-kata baru dalam berita yang menarik perhatian anda.

Temukan Cerita Yang Menarik Dibalik Sebuah Berita

Sebuah berita atau kasus terkadang tidak akan selesai atau tuntas dalam satu sesi, temukan cerita-cerita tertentu yang menarik minat anda untuk tetap mengikutinya. Sehingga anda akan dapat mengingat kosakata yang ada dan memiliki bahan yang diperlukan untuk memahami kabar berita selanjutnya yang berhubungan dengan berita sebelumnya.

Bukan Untuk Percakapan Sehari-hari

Ingatlah bila anda belajar bahasa Jepang dengan sebuah berita bukan untuk percakapan sehari-hari. Karena tentunya anda tidak ingin berbicara seperti seorang reporter berita ketika anda berbicara dengan teman-teman Jepang anda bukan?.

Mempelajari bahasa Jepang dengan sebuah berita hanya untuk membantu anda memahami kata-kata, frasa dan kalimat-kalimat tertentu karena penyampaian sebuah kalimat atau kata dalam sebuah kabar berita selalu terdapat kata yang sama, sehingga bersifat mengulang dan sangat baik untuk memahami sebuah bahasa asing.

Source : Fluentu

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: