Belajar Bahasa Jepang – Belajar bahasa Jepang tidak harus dalam tekanan, belajar terkadang menjadi aktivitas yang menyenangkan bila anda mengetahui cara atau metode yang benar. Meski bahasa Jepang merupakan sebuah bahasa asing yang sulit untuk dikuasai dan membutuhkan waktu yang lebih banyak tetapi kendala tersebut bisa diatasi dengan cara-cara belajar yang unik seperti yang akan Artforia rekomendasikan disini, setiap orang pasti pernah menonton film kartun atau animasi pada saat anak-anak dan inilah metode yang sebenarnya dapat dilakukan untuk belajar atau meningkatkan kemampuan bahasa Jepang anda.

Banyak yang bertanya apa manfaat belajar bahasa Jepang dengan menonton film kartun atau animasi??, tentunya cukup banyak. Mulai dari penggunaan kata-katanya yang mudah dimengerti dan juga pengucapannya yang lambat dan mudah didengar membuat bahan yang sangat baik untuk mempelajari sebuah bahasa Jepang, mempelajari sebuah bahasa asing dengan membiasakan diri dengan percakapan setiap hari memang metode yang sangat ampuh untuk mengingat sebuah kosakata dan selain semua itu mempelajari bahasa asing atau bahasa Jepang dengan sebuah film atau animasi kartun sangatlah menyenangkan dan menghibur.

Simak Juga : Sulit Cari Layanan Kamus Online Bahasa Jepang Yang Bagus ? Artforia Berikan Rekomendasinya !


Sazae-San サザエさん (さざえさん)

Yuk, Lebih Dekat Dengan Tradisi Budaya Jepang Dan Bahasa Jepang Melalui Film Animasi !

image : renote.jp

Sazae-San lebih dari sekedar animasi biasa, tetapi juga mengajak para penontonnya untuk mengenal budaya, tradisi dan juga memiliki episode yang sangat panjang. Kisahnya tentang sebuah keluarga besar yang tinggal bersama di kota Tokyo. Tokoh utamanya adalah Sazae サザエ, seorang wanita yang memiliki sikap blak-blakan tetapi juga pemalu yang berusia 20-an. Dirinya tinggal bersama sang suami, anak, ayah, ibu dan juga saudaranya.

Setiap karakternya penuh warna dan lucu, awalnya serial ini dikenal dalam karya komik atau manga, tetapi kini lebih populer sebagai kartun animasi. Tontonan ini sudah menjadi tontonan sehari-hari masyarakat Jepang kitika berkumpul bersama keluarga, penggunaan bahasa yang mudah dan juga adanya unsur-unsur tradisi dan budaya membuat film animasi ini sangat cocok untuk menjadi bahan belajar bahasa Jepang.

Crayon Shin-chan クレヨンしんちゃん (くれよんしんちゃん)

Yuk, Lebih Dekat Dengan Tradisi Budaya Jepang Dan Bahasa Jepang Melalui Film Animasi !

image : Youtube

Kalau yang ini mungkin telah banyak masyarakat Indonesia yang mengetahuinya, karena film animasinya sempat hadir di stasiun TV Indonesia dan juga edisi manganya yang hadir di Indonesia. Jika Sazae-San lebih menampilkan cerita kehidupan keluar, Crayon Shin-chan lebih menampilkan cerita-cerita yang modern dan lucu. Tokoh utamanya adalah Shinnosuke yang merupakan seorang anak TK yang jujur dan juga nakal. Dibalik kisahnya yang lucu, film animasi ini memiliki percakapan yang mudah dan baik untuk dipelajari.

Meski terkadang ceritanya sedikit mengarah kedalam dunia dewasa, tetapi film animasi Crayon Shin-chan sering memiliki pesan didalam ceritanya dan juga beberapa tradisi-tradisi masyarakat Jepang yang ditampilkan.

Chibi Maruko-chan ちびまる 子ちゃん (ちびまるこちゃん)

Yuk, Lebih Dekat Dengan Tradisi Budaya Jepang Dan Bahasa Jepang Melalui Film Animasi !

image : @Yahoo

Bisa dikatakan Chibi Maruko-chan adalah pesaing terberat Sazae-san untuk film kartun animasi keluarga di Jepang. Kisahnya menceritakan tokoh utama yang bernama Maruko, seorang anak gadis yang memiliki hati baik yang tinggal bersama keluarganya di Shizuoka.

Setiap episodenya Chibi Maruko-chan memiliki tema cerita yang unik namun juga sederhana, misalnya seperti episode pergi ke pemandian umum, belajar menaiki sepeda dan masih banyak lagi. Dengan tema-tema yang sederhana ini para penonton dapat mempalajari percakapan dan juga tradisi-tradisi yang ditampilkan oleh Maruko dan keluarganya. Chibi Maruko-chan juga memiliki edisi manga dan sudah sangat banyak episodenya yang dirilis dengan text bahasa Inggris.

Hanna Kappa はなかっぱ

Yuk, Lebih Dekat Dengan Tradisi Budaya Jepang Dan Bahasa Jepang Melalui Film Animasi !

image : Youtube

Sesuai dengan judulnya, tokoh utama dari film ini adalah sosok mitos dari cerita rakyat Jepang yang disebut Kappa. Namun wujudnya dibentuk sangat lucu dalam animasi ini dan setiap episodenya hanya berdurasi 10 menit. Hana Kappa menjadi tontonan selingan yang sangat unik dan menarik karena perpaduan antara dongen tradisional Jepang dan alur-alur cerita yang kontemporer.


Itulah beberapa rekomendasi film animasi atau kartun Jepang yang dapat anda gunakan untuk mempelajari bahasa maupun budaya dan tradisi Jepang, tetapi masih banyak film-film animasi diluar sana yang bisa anda jadikan referensi untuk belajar bahasa Jepang, salah satunya adalah menonton film animasi yang mendukung adanya subtitle bahasa Jepang ataupun dengan percakapan bahasa Jepang yang dilengkapi dengan text bahasa Inggris.

%d bloggers like this: