A password will be e-mailed to you.

Seni Budaya Jepang – Jepang memang salah satu negara di Asia dengan tingkat perkembangan teknologi yang sangat cepat. Tetapi meskipun begitu, tradisi-tradisi budaya yang telah dilakukan sejak dahulu tidak menghilang begitu saja karena masyarakatnya yang sangat memegang teguh prinsip kebudayaan mereka dan pemerintahnya yang juga sangat baik memberikan fasilitas tersebut, salah satu fenomena budaya tradisi Jepang kuno yang masih banyak dilakukan sampai saat ini adalah Yamabushi (山伏).

Yamabushi, Sosok Pertapa Gunung Yang Kini Terkenal Dalam Dunia Wisata Jepang !

image : discoverychannel.jp

Yamabushi merupakan sebutan bahasa Jepang untuk para pertapa gunung, menurut cerita-cerita mitos Jepang jaman dahulu, para Yamabushi dipercaya memiliki kekuatan supranatural dengan mengikuti ajaran Shugendo (sebuah ajaran dari agama Buddha di Jepang dalam sekte Shingon dan juga memiliki hubungan dengan Buddha Tenbdai dan kepercayaan agama Shinto). Menurut kisah sejarah para Yamabushi juga ikut serta dalam pertempuran bersama samurai dan prajurit lainnya dalam keadaan tertentu pada jaman perang kerajaan dulu.

Simak Juga : Setujukah Katana Adalah Pedang Terbaik Di Dunia ? Intip Jawabannya Disini !


Yamabushi, Sosok Pertapa Gunung Yang Kini Terkenal Dalam Dunia Wisata Jepang !

image : ancientpages.com

Yamabushi, Sosok Pertapa Gunung Yang Kini Terkenal Dalam Dunia Wisata Jepang !

image : myjapanguide.com

Asal-usul mereka juga sering dikaitkan oleh sosok Yama-bito atau sanjin dalam cerita rakyat Jepang kuno, dalam ajarannya para Yamabushi sangat menghormati gunung sebagai tempat yang suci, dalam pendalamannya sebagai Yamabushi, seorang biksu tidak hanya mempelajari tulisan dan gambar tentang alam, agama dan juga spritual, tetapi mereka juga mempelajari berbagai seni bela diri, selain berguna untuk menjaga diri dari serangan bandit atau tentara samurai, tetapi gagasan utama mereka dalam mempelajari seni bela diri adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri sendiri secara mental dan juga spritual.

Yang unik, Yamabushi juga memiliki teknik memasak sendiri yang menggunakan berbagai bahan sayuran yang secara alami ditemukan di gunung tempat mereka berlatih. Masakan ini memungkinkan mereka untuk menghabiskannya selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan di pegunungan tanpa harus turun ke kota untuk mengisi kembali persediaan mereka.

Yamabushi, Sosok Pertapa Gunung Yang Kini Terkenal Dalam Dunia Wisata Jepang !

image : twitter.com/SuchetaRawal

Pada jaman modern saat ini, kehadiran mereka menjadi sorotan publik dan juga wisatawan, bahkan kini para wisatawan dapat mempelajari atau melihat dari dekat aktivitas mereka, beberapa paket wisata juga ada yang menyediakan pengalaman bersama Yamabushi, bagaimana apakah anda tertarik untuk mengenal lebih dekat dan melihat secara langsung aktivitas-aktivitas para Yamabushi di Jepang?

%d bloggers like this: