Berita Travel Jepang – Jepang tidak hanya kaya akan keindahan alam dan juga kota-kota besar yang metropolitan, namun area-area bersejarah yang menyimpan banyak cerita juga dimiliki oleh negeri sakura ini. Salah satu lokasinya adalah Iwami Ginzan (石 見 銀山) yang merupakan sebuah tambang perak bersejarah di area pegunungan Kota Oda, Prefektur Shimane. Area tambang perak ini adalah yang paling menonjol di Jepang, dan ditemukan sejak awal abad ke-16 dan telah ditambang selama hampir 400 tahun.

Wisata Tambang Bersejarah Di Iwami Ginzan Prefektur Shimane

image : veryjapanese.jp

Simak Juga : Keindahan Kuil Shin Yakushiji Di Prefektur Nara

Lokasi wisata dibagi menjadi tiga area disini, yaitu pertama adalah lokasi pertambangan perak termasuk sebuah terowongan tambang yang telah tua dan reruntuhan penambangan yang tercipta dari periode-periode lama, serta daerah itu juga memiliki beberapa kuil dan tempat suci. Kedua adalah desa Omori yang memiliki museum, rumah-rumah bersejarah, dan lebih banyak kuil tua.

Wisata Tambang Bersejarah Di Iwami Ginzan Prefektur Shimane

image : stockvault.net

Area destinasi wisata yang ketiga adalah sebuah kota onsen Yunotsu dan sebuah desa pelabuhan yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Area ini memiliki keunikan tersendiri seperti seperti batu berlubang Okidomari. Kota-kota pelabuhan ini terhubung ke daerah pertambangan dengan dua jalur hiking yang juga mengarah ke sebuah lokasi reruntuhan kastil tua.

Pelestarian dan revitalisasi situs bersejarah Iwami Ginzan ini dimulai lebih dari 50 tahun yang lalu sebagai sebuah gerakan lokal yang dilakukan oleh pemerintah sekitar, hingga akhirnya mendapatkan dukungan prefektur dan nasional yang kemudian membuat daerah ini telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia pada bulan Juli tahun 2007.

Desa Omori
Wisata Tambang Bersejarah Di Iwami Ginzan Prefektur Shimane

image : chushikokuandtokyo.org

Desa Omori (大 森, Ōmori) adalah sebuah perkotaan kecil yang membentang panjang satu setengah kilometer dan dipenuhi oleh rumah-rumah tua bersejarah, toko dan kuil yang membentang di sepanjang lembah sungai di sebelah utara tambang. Dulu area ini menjadi tempat tinggal para pedagang dan pengrajin yang memanfaatkan tambang terdekat sebagai pekerjaan mereka.

Saat ini, banyak situs bersejarah tetap diselingi di antara rumah-rumah penduduk kota saat ini. Beberapa rumah tua yang masih terawat baik sekarang terbuka sebagai museum bagi para wisatawan yang sedang berkunjung.

Yunotsu Onsen
Wisata Tambang Bersejarah Di Iwami Ginzan Prefektur Shimane

image : travelguide.michelin.com

Area ini merupakan bagian dari lokasi warisan dunia Iwami Ginzan, di sebelah barat area penambangan terletak sebuah kota onsen Yunotsu (温泉 津) yang bangunan-bangunannya bergaya kuno. Area ini sudah dikenal sebagai daerah relaksasi selama Periode Edo, hari ini kota ini menawarkan beberapa pemandian umum, beberapa ryokan dan beberapa wisata yang menarik untuk berjalan-jalan sore atau malam melalui pemandangan kota yang sangat tradisional dan bersejarah.

Lokasi

%d bloggers like this: