Tradisi Budaya Jepang – Bersulang, toast atau cheers dalam meminum sesuatu merupakan sebuah etika atau tradisi yang dimiliki oleh beberapa negara di dunia. Tidak hanya negara bagian barat saja yang memiliki tradisi ini tetapi juga beberapa negara di bagian asia dan salah satunya adalah Jepang yang juga memiliki tradisi ini dengan sebutan Kanpai! (乾杯 (か ã‚“ ぱ い) secara harfiah memiliki arti “cangkir kering”), kadang-kadang orang mengatakannya Kampai!, adalah kata bahasa Jepang untuk bersulang ketika meminum sesuatu terutama untuk minuman beralkohol.

Simak Juga : Tradisi Senam Pagi Jepang Yang Bernama Rajio Taiso

Tradisi Orang Jepang Dalam Bersulang MinumanTampil ceria adalah hal yang wajib di Jepang terutama ketika menghadiri sebuah pesta atau semacamnya, oleh karena itu terdapat sebuah etika atau tradisi dimana tidak sopan untuk mulai minum sebelum semua orang mengatakan Kanpai, hampir seluruh masyarakat Jepang yang sudah dewasa sangat menghormati budaya ini dari mulai kalangan mahasiswa hingga Ojisan. Kampai adalah kata Jepang untuk sorak-sorai sebelum minum. Kampai dianggap serius di Jepang dan dianggap tidak sopan untuk mulai minum sebelum semua orang minum untuk mendapat sorakan. Ini juga dianggap sebagai semangat persahabatan.

Bagaimana Mengatakan Cheers dalam Bahasa Jepang
Cara termudah untuk mengatakan Cheers dalam bahasa Jepang ketika bersulang adalah “kanpai!” atau bisa juga “kampai”. Dulu, sorak sorai dilakukan dengan secangkir sake kecil dan ketika mengatakan kata itu semuanya harus meminum sampai cangkir kering. Pada jaman modern saat ini kanpai lebih sering dilakukan dengan bir dan juga pada saat ini kanpai sudah tidak mewajibkan para peminumnya menghabiskan minuman mereka.

Kata Lain Untuk Bersulang
Sebenarnya terdapat kata lain untuk melakukan cheers ketika minum-minum di Jepang yaitu adalah “otsukaresama deshita”, yang memiliki arti “kamu lelah”. Budaya Jepang menghargai kerja keras. Mengatakan bahwa seseorang yang lelah adalah orang hebat sehingga artinya seseorang yang lelah sangat layak untuk mendapatkan semangat dan minuman.

Minuman Pertama
Dalam budaya ini Kanpai biasa dilakukan ketika seseorang minum minuman pertamanya, sebagian besar para masyarakat Jepang akan memesan bir atau sake sebagai minuman pertamanya ketika datang di sebuah pub atau restoran sehingga mereka akan mengatakan Kanpai.

Tradisi Orang Jepang Dalam Bersulang MinumanBanyak orang bertanya apa ejaan yang benar untuk Kanpai ini. Kampai atau Kanpai? Sebenarnya untuk dua ejaan tersebut tidak ada yang salah. Selama anda mengatakannya dengan semangat dan cerita tidak akan jadi sebuah masalah, tapi ada yang harus anda ketahui, jangan pernah katakan KENPAI bukan KAMPAI meskipun mirip namun kata Kenpai digunakan saat upacara pemakaman dan peringatan untuk bersulang bagi almarhum dengan hormat. Jika Anda pernah menghadiri upacara pemakaman Jepang, angkat saja gelasnya dan katakan Kenpai tanpa membunyikan gelasnya.

Akhir-akhir ini, beberapa kata bahasa Jepang telah menjadi bagian dari bahasa sehari-hari kita: sayonara, bento, miso, wasabi, tsunami, topan, taipan dan semoga saja Kampai atau Kanpai ini akan menjadi salah satu budaya yang menyebar di beberapa negara lainnya.

%d bloggers like this: