Berita Travel Jepang – Sudah pasti bagi kebanyakan traveler di belahan dunia, mereka akan menspare budget untuk biaya yang tidak terduga, akan tetapi lain cerita jika kita hanya mempunyai dana liburan yang tidak banyak, kita harus memutar otak, dan mencari informasi tentang tempat yang akan kita jelajahi, guna mencari akomodasi paling murah, serta penginapan hingga biaya untuk makanan sehari-hari, pada artikel ini Artforia akan memberikan tips dan panduan dalam berlibur atau traveling ke Jepang dengan hemat serta murah.

Baca Juga : 5 Menu Makanan Yang Wajib Anda Cicipi Ketika Di Nagoya

Yang pertama kita bisa bahas tentang trik pintar dalam liburan ke Jepang, ada beberapa poin yang harus kita perhatikan :

1. Japan Rail Pass

Japan Rail Pass

Image : thedailyjapan.com

Nah Pass satu ini wajib sekali kalian miliki, karena bagi anda yang sudah mempunyainya dan merasakan Japan Rail Pass, pasti memberikan banyak keuntungan, selain perhitungan ongkos kalian menjadi lebih ekonomis, seperti ongkos bolak balik dari Tokyo-Kyoto-Osaka-Tokyo, kamu bisa mengakses semua kereta JR yang ada di pulau Jepang loh, bukan pulau jawa. hehehe

Nah jika kasusnya kamu salah naik kereta, kamu hanya tinggal pindah ke kereta dari kereta lainnya tanpa harus bayar lagi, ya kalo di sederhanakan sepert naik Busway lah, jika salah kereta kalian tinggal berpindah di terminal lainnya.

Kalau kamu bertanya kenapa bisa begitu sensei ??? Jawabannya karena setiap stasiun di Jepang dibedakan dari perusahaan yang memilikinya, contohnya untuk kereta Japan Rail pasti stasiunnya juga dinamakan dengan stasiun JR diikuti nama tempat, semua kereta yang di stasiun tersebut merupakan kereta yang di bawah naungan Japan Railway Group.

Japan Rail Pass juga menyediakan kereta dalam kota yang menawarkan banyak rute populer dan destinasi wisata Jepang, bisa di bilang tempat favoritnya para turis. contohnya JR Yamanote Line di Tokyo dan Osaka Loop Line di Osaka, mantap kan ! kita bisa berhemat dan praktis.

2. Makan Di Konbini atau Mini Market

Makan Di Konbini atau Mini Market

Image : thedailyjapan.com

Saya akan memberikan tips yang sangat ampuh bagi kamu yang super duper hemat budget, untuk makan sehari-hari saya sarankan kalian makan hemat dan sehat selama di Jepang, semua itu bisa kalian dapatkan di Konbini atau Mini Market di Jepang.

Jangan berpikir mini market seperti di Indonesia ya guys, disana mereka mempunyai berbagai macam produk, malah bisa di bilang sangat komplit dari Salad, Buah, Susu dan Onigiri.

Kalau kalian jeli memilih produk di Konbini, pasti kalian akan menemukan ramen, aneka kue, roti, nasi, dan lainnya, minumannya pun sangat beragam, rasanya pun banyak sekali pilihan, tapi jika kalian ingin mengirit, lebih baik pilih minuman air mineral saja, eits, air mineral juga banyak rasa loh. yah pokoknya kalian bingung deh, tetapi tetap fokus kalian harus berhemat ya.

3. Hotel Sebagai Dewa Penolong

Hotel Sebagai Dewa Penolong

Image : thedailyjapan.com

Seperti halnya di Indonesia, hotel di Jepang pun bisa menjadi dewa penolong, misalkan kalian lupa bawa handuk, sikat gigi, atau kalian bisa melaundry baju kalian di hotel tersebut.

Kalian bisa keramas mengunakan shampoo hotel hingga kondisioner bisa kalian manfaatkan nih, tapi jika kalian memang ingin memanfaatkan fasilitas Hotel, ya pastikan hotel nya terlebih dahulu ya guys mereka menyiapkan apa saja, dan pastinya harga sewa cari yang paling cocok dengan kocek kalian, namanya juga hemat boss.

Oiya kalian juga bisa mendapatkan razor, shower cap, sisir, hingga teh hijau yang di sediakan oleh hotel.

4. Friends With Benefits

Rizky Agusfian Traveler Indonesia Di Jepang

Yup, jika kalian mempunyai teman di Jepang atau saudara yang bekerja disana, nah jika kalian di ijinkan menginap di tempat tinggal nya kenapa tidak di manfaatkan kalian hanya perlu bawa makanan asal indonesia yang mereka rindukan (Pengalaman Pribadi) ya setidaknya kita membalas kebaikan teman atau saudara kita yang bersedia memberikan tempat tinggal sementara.

Tapi tidak hanya menginap, kalian mungkin bisa mendapatkan makanan gratis, ya walaupun makanannya tidak terlalu mewah seperti telur goreng dan nasi saja sudah cukup, yang penting perut anda terisi dahulu biar tidak masuk angin, ketika kalian jalan-jalan keliling Jepang.

5. Jalan-Jalan Menggunakan Akses JR Pass

jr pass access

Image : thedailyjapan.com

Ketika anda sampai di Jepang, dan ketagihan dengan daerah-daerah yang indah di Jepang, apalagi anda mempunyai JR Pass yang notabenenya mempermudah kita sebagai traveler mengelilingi tempat wisata di Jepang, saran saya, jangan langsung gelap mata untuk menjelajahi semua daerah wisata di Jepang.

Alangkah baiknya anda browsing di internet untuk mencari informasi tempat dan biaya tempat yang ingin kalian kunjungi, seperti halnya Disney World Japan, pastinya memakan banyak budget sedangkan jika kalian hanya mengunjungi daerah sepeti taman, atau gunung fuji serta pantai, kemungkinan kalian bisa menyimpan banyak biaya untuk berjalan-jalan ke tempat wisata lainya.

6. Beli One Day Pass

one day pass japan

Image : thedailyjapan.com

Bagaimana dengan One Day Pass, mungkin ini piihan yang tepat juga bagi kalian yang ingin liburan dengan cost murah, dengan One Day Pass ini kalian bisa menikmati bus antar kota Kyoto dan Nara, untuk rute bus ini akan melewati tempat wisata populer seperti Kinakuiji, Arashiyama, Todaiji, Nara Park, dan masih banyak lagi loh guys !, dengan cara ini kalian bisa memotong budget liburan anda lebih irit dan efisien, sekalian kalian menikmati bagaimana perjalanan bus antar kota di Jepang, tidak hanya di indonesia saja menikmati jalur pantura, hehhee.

 

7. Beli Oleh-Oleh Murah dan Berkualitas

oleh-oleh-jepang

Image : Wikipedia.com

Nah ini tips yang paling berguna, soalnya orang Indonesia kebiasaan ketika kita berlibur ke luar negeri pasti titip oleh-oleh tapi tidak memberikan sepeserpun uangnya, hahha alias kita yang mengeluarkan uangnya juga, kan lucu, nah ini solusinya gan.

Ketika anda mengunjungi Tokyo, Nara, dan Osaka, masing-masing tempat saya membeli satu item khas daerah tersebut, tetapi untuk membeli oleh-oleh teman kalian, lebih baik kalian beli di Tokyo, alasannya cukup logis dan jelas, karena nanti kalian kan pulang ke Indonesia, dari bandara Haneda sehingga membeli oleh-oleh di Tokyo lebih bisa menghemat biaya ongkos, dan kalian tidak kesusahan dalam membawa oleh-oleh tersebut.

Saya beri tempat rekomendasi buat kalian, di Tokyo banyak sekali Hyakuen Shop seperti Daiso yang dapat ditemukan. Saya belanja di Takeshita-dori dan di Odaiba Aqua City, selamat mencari oleh-oleh untuk teman kalian ya.

Bagaimana sobat Artforia ? Tips dan Panduan dari kami ? bermanfaat sekali kan, Sebenarnya Artforia menyediakan berbagai banyak tips travel loh, sampai informasi tempat-tempat yang bisa kalian kunjungi di Jepang, tidak hanya itu, Kami juga mempunyai Artforia Travel yang bisa memberikan anda, tiket dan hotel murah di Jepang, dari berbagai daerah di Jepang bisa kalian lihat di sisi kanan pada artikel ini.

Jangan lewatkan kabar berita travel Jepang lainnya dari Artforia, di follow dan like Instagram, dan Fanspage Facebook kami untuk mendapatkan kabar terbaru dan terupdate dari Artforia.

%d bloggers like this: