Berita Travel Jepang – Tidak ada salahnya anda liburan ke Jepang ketika sedang musim panas, yang kebanyakan para turis indonesia pasti akan memilih berlibur di Jepang saat musim dingin, secara di Indonesia kita sudah bosan dengan hawa yang panas, tetapi ketika anda hanya berkesempatan jalan-jalan ke Jepang saat di musim terik matahari, sepertinya anda butuh Tips dan Panduan liburan musim panas di Jepang dari kami.

Simak Juga : Wisata Memancing Dan Berkemah Di Danau Nozori Prefektur Gunma Jepang

Jepang yang memiliki enam belas liburan nasional yang berbeda dan di atas itu semua hampir sebagian besar perusahaan-perusahaan menggambil “Obon”. apa itu Obon? Obon merupakan liburan para pekerja di Jepang pada musim panas, pada pertengahan musim panas, dan masuk ke liburan akhir tahun, akan tetapi toko-toko besar di Jepang tetap buka setiap harinya, kecuali menjelang tahun baru, mereka akan meliburkan sebentar para pekerjanya, berbeda cerita dengan mini market, mereka tetap buka 24 jam. terus apa saja yang bisa anda lakukan selama liburan musim panas di Jepang, yuk kita simak di bawah ini.

1. Matsuri (Festival Musim Panas)

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang

wikimedia

Di musim panas ini anda dapat mengikuti festival matsuri di Jepang, Matsuri banyak diadakan di kota-kota besar Jepang, namun yang terkenal adalah Gion Matsuri di Kyoto yang di adakan di sepanjang juli. untuk acara Tenjin Matsuri di Osaka digelar pada tanggal 24-25 Jul. dan beberapa festival musim panas lainnya adalah Akita Kanto Matsuri d bagan utara Honshu di tanggal 3-6 Agustus, Kangen-Sai di Mlyajima pada tanggal 1 Agustus, dan Earth Celebration yang meilbatkan Kodo Drummers di pulau Sado-ga-shima di tanggal 21-23 agustus, setiap festival yang di adakan memiliki keunikan dan keasikan tersendiri.

2. Festival Kembang Api

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang 2

kankou-shimane

Masyarakat Jepang sangat gila tentang festival Kembang Api, anda bisa melihat pesta kembang api dimana saja, dan kapan saja. kualitas pertunjukan kembang apinya juga sangat mengagumkan, coba anda datang festival terbesar yang di selengarakan di ibu kota, Tokyo yaitu Sumida-Gawa Fireworks Festival d hari sabtu terakhir di bulan juli. Anda akan menyaksikan pertunjukan kembang api tercantik terbesar dan tak terlupakan yang nanti akan terefleksi indah di danau. anda juga tidak boleh melewatkan Biwa-ko Great Fireworks Festival di Otsu pada tanggal 7 Agustus, nah jika anda liburan di daerah barat Jepang, yang tepatnya di selat Kanmon, pada tanggal 13 Agustus disana kalian juga dapat menyaksikan pertunjukan kembang api yang spektakuler.

3. Bon-odori

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang 3

visit-minato-city

Bon Odori merupakan sebuah acara yang menampilkan tarian rakyat populer Jepang untuk menghormati para arwah leluhur, yang memiliki sejarah sejak 600 tahun. Acara ni di adakan pada periode libur nasional di Jepang, para penduduk kota akan mudik ke kampung halamannya bersama seluruh eluarga, makam akan dipenuhi oleh penziarah, lentera-lentera banyak dinyalakan, setelah itu pertunjukan tarian Bon-odori, Jika anda ingin menyaksikan tarian bon, tempat terbaik adalah di Awa-Odori Matsuri yang akan di gelar di Tokushima pada tanggal 12-15 Agustus.

4. Wisata Kuliner

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang 4

hungryforever

Wisata kuliner bisa kita lakukan tidak hanya di musim panas Jepang saja, tetapi di musim panas ini untuk kuliner Jepang memiliki beberapa kuliner yang enak kita santap ketika di musim panas saja, seperti mie dingin atau disebut Cold Noodle, untuk penyajan mie dingin ini sungguh unik dan memiliki festival juga, cara penyajiannya mie akan dialirkan ke batang bambu yang terbelah dua sehingga anda harus dengan sigap menangkap mie dengan sumpit, hal tersebut dinamakan “Nagashi Somen“. Tidak hanya itu jajanan jalanan musim panas di Jepang banyak juga variannya seperti Yakitori, Yakisoba, Takoyaki, Okonomiyaki, dan Ikayaki, yang notabenenya makanan Yatai, untuk penjelasan lebih lanjut bisa kalian lihat di artikel ini “5 Menu Yatai Atau Makanan Kaki Lima ala Jepang Terpopuler”

5. Berwisata Ke Gunung dan Pantai

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang 5

zekkei-japan

Pergi ke acara Matsuri sudah, lihat pesta kembang api juga sudah, nonton odori, sambil makan jajanan Jepang juga sudah, tinggal kegiatan berlibur ke gunung atau mandi cahaya matahari di Pantai. Di kedua tempat ini anda bisa melepaskan penat anda, atau juga ingin berhubungan dengan alam, Untuk menikmati atmosfer pegunungan di Jepag anda bisa pergi ke Yotei-zan, Shiretoko National Park, dan Daisetsuzan National Park di Hokkaido atau bisa pergi ke Gunung Fuji di bulan Juli-September yang merupakan musim pendakian terbaiknya. Untuk anda yang memilih liburan ke pantai, pilihan yang tepat adalah pergi ke Shonan Coast dan Miura Peninsula di Prefektur Kanagawa atau ke Izu Penninsula yang dekat Tokyo, kalian juga bisa ke Boso Peninsula di prefektur Chiba yang sangat terkenal dengan dunia selancarnya, Okinawa juga menjadi pilihan para wisatawan lokal maupun mancanegara.


Untuk destinasi dan kegiatan selama liburan musim panas di Jepang sudah kita bahas, sekarang Artforia akan memberikan bebrapa tips untuk menikmati liburan lebih nyaman dan asik bersama teman-teman atau keluarga, disimak baik-baik ya guys :

1. Pastikan Initerary dengan Suhu Udara

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang

pexels

Sebelum anda melakukan perjalanan ke Jepang, alangkah baiknya cocokan jadwal pergi dengan suhu sesuai dengan tempat yang ingin di kunjungi, seperti contohnya di siang hari wisatawan disarankan pergi ke tempat indoor seperti museum dan mall, pergi ke taman paling nyaman saat pagi hari karena suhu masih sejuk.

Kalian bisa mendapatkan informasi tentang dunia travel Jepang di brosur yang terdapat di bandara Jepang.

2. Membawa Payung

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang

pexels

Di cuaca yang panas anda memerlukan sesuatu benda yang dapat membuat anda terlindungi dari teriknya sinar matahari, yaitu Payung, payung dapat membantu anda mengurangi panasnya terik matahari ketika anda berjalan-jalan siang hari. Terlebih lagi ketika datangnya hujan anda sudah meyiapkan payung, jadi anda tidak harus repot berlindung di bawah bangunan dan menyita waktu anda untuk menunggu hujan reda. Kalian juga bisa membeli payung di Jepang dengan bentuk yang unik dan lucu.

3. Memakai Topi

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang

pexels

Tidak ada salahnya anda memakai topi saat berjalan-jalan di Jepang, selain itu anda akan terlihat fashionable, anda dapat mengenakan topi yang beragam, tetapi disarankan anda mengenakan topi yang memiliki tepi lebar untuk melindungi sinar matahari.

4. Tabir Surya

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang

pexels

Tabir surya wajib juga kalian kenakan ketika liburan musim panas di Jepang, apa lagi anda seorang wanita yang sedang merawat kulit agar tidak terlihat kusam atau hitam, selain itu tabir surya juga melindungi kulit anda dari sinar ultraviolet.

Dampak sinar matahari jika langsung dan lama menyentuh kulit anda dapat menyebabkan bintik-bintik di wajah dan kulit, ada juga menjadi kemerahan seperti terbakar. maka dari itu anda memang diharuskan memakai Tabir surya.

5. Sepatu Yang Nyaman

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang

pexels

Kalau tips ini juga sama pentingnya dengan tabir surya, karena anda pasti akan berkeliling area wisata Jepang, jika anda mengenakan sepatu yang kurang nyaman, akan mengurangi kenyamanan anda dalam berjalan-jalan atau dapat menyebabkan kaki anda lecet dan bau apek. memang bisa kalian menikmati liburan dengan keadaan seperti itu ? Usahakan anda mengenakan sepatu yang memiliki pori-pori agar sirkulasi udara dapat membuat kaki anda sejuk di udara yang panas, dan dapat mengurangi keringat di kaki anda.

6. Kacamata Hitam

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang

pexels

Kalau benda ini pasti wisatawan tidak akan pernah lupa, sudah menjadi standart pergi jalan-jalan untuk para wisatawan. tetapi jenis kacamata apa yang tepat anda bawa ketika berlibur di musim panas Jepang ? yaitu kacamata hitam yang memiliki pelindung sinar UV yang berguna untuk menjaga pandangan anda tetap teduh dan dapat menghindari mata dari bahaya paparan sinar matahari.

7. Mengenakan Pakaian Yang Sejuk

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang 13

pexels

Siapa sih yang nyaman memakai pakaian tebal ketika musim panas ? maka dari itu pakaian yang cocok di saat musim panas di Jepang adalah kaus katun yang tipis dapat menyerap keringat dan kering dengan cepat. pilihlah pakaian yang menggunakan 100% katun karena memeiliki daya serap maksimal di bandingkan dengan bahan pakaian lainnya.

8. Kipas Lipat

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang 13

pexels

Musim panas memang identik dengan suhu yang panas pastinya, sangat cocok menggunakan kipas lipat untuk melawan teriknya suhu matahari, walaupun anda seorang pria tidak masalah jika menggunakan kipas angin lipat, anda bisa mencari kipas lipat yang berdesain anime atau manga favorit anda di Jepang. mau lebih mudah dan tidak tengsin, bawa saja kipas angin elektrik mudah bukan, sangat efektif mengurangi suhu panas yang akan anda hadapi.

9. Botol Air & Snack

Tips Dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang 13

pexels

Kalo ini jangan sampai lupa, di cuaca yang terik tubuh anda pasti akan mengalami yang namanya dehidrasi, apalagi jika nanti anda melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan jalan kaki, seperti hiking atau berkeliling kota, ya walaupun banyak mini market yang berjualan air mineral, tetapi setidaknya anda menyiapkan air minum anda sendiri, terhitung irit ongkos. Untuk menghindari lapar atau maag sebaiknya anda juga menyiapkan snack seperti biskuit atau protein bar yang setidaknya dapat membuat perut anda terisi. bahaya juga jika ketika anda jalan-jalan dan terserang maag.

Simak Juga : Wisata Onsen Dan Surga Kafetaria Di Yufuin Prefektur Oita

Bagaimana Tips dan Panduan Liburan Musim Panas Di Jepang ini ? Bermanfaat bukan, pastikan semuanya sudah anda pahami, biar liburan anda lebih seru dan tidak ada kendala bersama teman dan sanak keluarga.

Ikuti terus kabar berita travel Jepang di Artforia, dengan tips dan panduan yang kami bagikan akan mempermudah liburan anda di Jepang.

%d bloggers like this: