Dunia Cosplay Jepang – Cosplay memang sebuah dunia hobi yang memiliki unsur seni yang tinggi, dalam membuat sebuah kostum ataupun make up diperlukan beberapa keterampilan dan juga teknik yang benar, bahkan sebagian besar orang mengatakan bila seseorang tidak bisa dikatakan sebagai seorang cosplayer profesional bila belum dapat membuat costumenya sendiri, mungkin hal tersebut memang ada benarnya. Memasuki area profesionalitas tentu sudah sangat berbeda dengan area kasual atau sekedar hobi, dimana para cosplayer memang dituntut untuk menunjukan bakat atau keterampilan mereka dalam dunia cosplay.

Tips Dan Alat Dalam Membuat Kostum Dari Cosplayer Berbakat Erin Blaine

image : blog.erinstblaine.com

Simak Juga : 5 Cosplayer Wanita Tercantik Bulan April Versi Artforia

Setelah melewati beberapa generasi semenjak dunia cosplay populer, kini telah cukup banyak cosplayer-cosplayer profesional yang menunjukan karyanya dalam dunia cosplay, tidak hanya di Jepang saja namun negara-negara lain juga memiliki cosplayer berbakat seperti salah satunya yang ditunjukan oleh Erin St. Blaine yang merupakan seorang seniman fashion dan LED yang berlokasi si San Fransisco Bay, Amerika Serikat. Beberapa kostumnya telah membuktikan bila dunia cosplay memang memiliki unsur seni yang tinggi terutama dalam pembuatan kostumnya.

Misinya dalam dunia cosplay adalah untuk menginspirasi lebih banyak seniman muda, terutama para perempuan remaja yang merasa kurang percaya diri, untuk dapat menggunakan seni dan teknologi untuk meraih impian mereka sendiri. Berikut ini beberapa wawancara mengenai tips dan alat dalam membuat kostum oleh Erin St. Blain.

Tips Dan Alat Dalam Membuat Kostum Dari Cosplayer Berbakat Erin Blaine

image : chriscrumley.com

Apa desain dan bagaimana proses anda membuat kostum?

Saya menulis, membuat diagram, dan membuat sketsa ide sampai merasa tidak tahan untuk pergi ke workshop dan mulai mengutak-atik proyek tersebut. Dari sana, setiap proyek berbeda dan mengambil langkahnya sendiri. Saya juga suka bepergian dan menemukan hal-hal baru, materi dan bahan kostum biasanya saya temukan saat melakukan sebuah perjalanan. Bahan kostum favorit saya bergantung pada hal-hal tertentu, seperti kerang yang dipoles dari Hawaii, koin bajak laut asli dari Bermuda, sutra mentah dari Thailand, dan, yang paling baru-baru ini, kulit rusa dari Stockholm.

Jenis teknologi, alat, dan peralatan apa yang anda lebih suka gunakan?

Saya berasal dari keluarga pengrajin. Ayah saya adalah seorang arsitek dan pembangun, dan ibu saya adalah seniman kayu yang luar biasa, jadi saya belajar menilai alat-alat yang tepat untuk sebuah pekerjaan tersebut sejak dini. Saya mewarisi mesin jahit pertama saya dari nenek saya, dan saya sangat menyukai alat-alat dari semua jenis dari kedua orang tua. Saat ini, saya memiliki workshop yang menyenangkan dengan dilengkapi oleh solder besi yang bagus, mesin jahit dan bordir, serger yang berkualitas, dan printer 3D. Dari semua itu alat yang paling sering saya gunakan adalah lem tembak panas.

Apa yang paling difavoritkan untuk kostum atau bagian kostum yang telah anda buat?

Kostum favorit saya adalah ekor putri duyung. Saya memiliki empat ekor yang dapat digunakan berenang saat ini. Saya memiliki dua ekor hijau “Ariel”, satu ekor cosplay dari karakter “Elsa” dengan kepingan salju dicetak 3D, dan favorit pribadi saya adalah Mermaid Glimmer. Mermaid Glimmer dibuat dengan warna putih dan ungu serta dengan banyak renda dan permata. Saya juga memasangkan 225 lampu LED yang dapat dianimasikan dalam berbagai pola saat saya berenang. Lampu-lampu ini dikendalikan dengan Arduino, dan pada kostumnya terdapat bluetooth yang dapat dikontrol.

Membuat kostum yang menyala di bawah air itu sulit. Butuh berbulan-bulan dan berbulan-bulan juga merasa frustrasi dan tidak kurang dari tiga pembuatan ulang kembali untuk mendapatkan Mermaid Glimmer yang bekerja dengan baik. Saya menuangkan begitu banyak waktu, tenaga, uang, dan cinta saya ke dalam proyek ini, dan sebagai imbalannya itu mengajari saya banyak hal tentang elektronik, kerajinan, dan kegigihan yang tidak pernah menyerah.

Tips Dan Alat Dalam Membuat Kostum Dari Cosplayer Berbakat Erin Blaine

image : erinstblaine.com

Itulah tips dan alat-alat yang digunakan oleh Blaine dalam pembuatan kostum cosplaynya, semoga dapat memberikan inspirasi kepada anda dan memberikan semangat kepada anda dalam membuat proyek cosplay yang sedang anda jalani. Untuk melihat proyek dan cosplay yang lebih banyak dari Erin St. Blaine ada bisa mengunjungi websitenya disini.

Source : Makezine

%d bloggers like this: