A password will be e-mailed to you.

Belajar Bahasa Jepang – Tentunya bagi kita yang ingin menguasai bahasa asing harus mengetahui beberapa pengetahuan dasar, seperti saat ini yang akan kita bahas adalah tips belahar bahasa Jepang degan cepat, dalam bahasa Jepang mempunyai beberapa hal yang anda harus ketahui sebelum mempelajari Bahasa Jepang.

Tips Belajar Bahasa Jepang Dengan Cepat

japantimes.co.jp

1. Huruf yang di gunakan ada 4 macam, yaotu Kanji, Kana, yaitu Hiragana dan Katakana, serta Romaji (alfabet ABC), dan semua itu harus kalian hafalkan, setidaknya selama setahun anda harus duah bisa menhafalkan seluruhnya.

2. Tata bahasa Jepang itu selalu meletakan kata kerja di akhir kalimat sehingga jika kita aplikasikan ke dalam bahasa indonesia atau bahasa Inggris akan terlihat terbalik, dan sangat mirip dengan tata bahasa Korea.

contoh nih guys :
Bahasa Indonesia : Saya makan roti.

Bahasa Jepang : Watashi wa pan o tabemasu. 私はパンを食べます

(watashi : saya, pan : roti, o : partikel penanda bahwa ‘pan‘ adalah objek, tabemasu : bentuk masu dari taberu, artinya makan)

3. Kalau Anda serius dan yakin ingin menguasai bahasa Jepang sebaiknya tahu cara menggunakan kamus, bisa kamus online atau kamus elektronik atau kamus biasa.

4. Ada beberapa jenis ujian bahasa Jepang untuk orang asing. Yang paling terkenal adalah JLPT (Japanese Language Proficiency Test) atau Uji Kemampuan Bahasa Jepang yang diselenggarakan Monbukagakushou (Kementerian Pendidikan Jepang). Yang paling mudah adalah tingkat N5. Tertinggi N1, yang merupakan target paling bergengsi bagi pembelajar bahasa Jepang. Bagus untuk memberikan motivasi belajar lebih lanjut.

Universitas Jepang banyak yang mensyaratkan kelulusan tingkat N1 pada calon mahasiswa asing. Perusahaan Jepang di Indonesia juga lebih menyukai pemilik sertifikat JLPT, terutama tingkat N2 dan N1. Selain JLPT, ada juga J-Test, dan BJT atau Business Japanese Test (kabarnya akan berakhir tahun ini karena bangkrut).

5. Untuk menampilkan huruf Jepang dengan baik dan mengetik dengan huruf Jepang, tidak perlu beli software baru, tetapi Anda perlu tahu cara menyetel Control Panel pada komputer Anda.

6. Beberapa tips pengucapan

Tips pengucapan bahasa Jepang supaya terdengar alamiah yang sering tidak dicantumkan dalam buku teks.

A. “Ou” dibaca “oo” (bunyi o panjang), bukan “ow”.

B. “N” paling sering dibaca “ng”,

C. tetapi bisa juga “n” jika diikuti bunyi berawalan t, d, s,

D. atau dibaca “m” jika diikuti bunyi berawalan b.

Contoh:
“Sentaku” (cucian) tetap dibaca “sentaku”. “Sansai” (usia 3 tahun) tetap dibaca “sansai”.

“Sanbyaku” (tiga ratus) dibaca “sambyaku”, “ganbaru” (berjuang) dibaca “gambaru”.

“Nihon” (Jepang) dibaca “nihong”. “Man’ga” (komik) dibaca “mangga”.

E. Huruf hidup di antara dua suku kata seringkali hilang. Maksudnya? Misalnya,
“gakusei” (pelajar) dibaca “gaksei” (u-nya hilang tuh)
“hajimemashite” (salam kenal) dibaca “hajimemashte” (i-nya hilang)
“sentakuki” (mesin cuci) dibaca “sentakki” (u-nya hilang)
“shougakukin” (beasiswa) dibaca “shoogakkin” (u-nya hilang)

F. “desu” dan “masu” di akhir kalimat sering dibaca “des” dan “mas” (u-nya hilang).

%d bloggers like this: