2
2 shares, 2 points

Berita Travel Jepang – Wisata alam dan bangunan bersejarah memang menjadi salah satu pilihan yang populer di Jepang, cukup banyak spot-spot wisata alam atau bangunan bersejarah yang belum banyak diketahui para wisatawan asing. Sebagian besar turis biasanya akan menjelajahi area Osaka, Kyoto dan Tokyo selama berlibur di Jepang. Salah satu spot yang mungkin masih jarang diketahui para wisatawan adalah sebuah terowongan unik berbentuk octagonal atau segi delapan yang terletak di kota pegunungan Misato di Prefektur Kumamoto, Kyushu bagian selatan Jepang.

Telusuri Terowongan Misterius Hakkaku Di Pegunungan Misato, Prefektur Kumamoto
image : soranews24.com

Tanpa akses kereta api, area ini memang menjadi cukup sulit dijangkau oleh para wisatawan asing, namun misato masih dapat diakses dengan sebuah mobil sewaan dengan waktu sekitar 30 menit atau 90 menit dengan bus dari Kota Kumamoto, dengan populasi sekitar 10.000 penduduk saja, ini merupakan tempat yang tenang dan terkenal akan jembatan batu yang bersejarah. Jembatan Toshinebashi yang memiliki tinggi sekitar 24 meter (78 kaki) ini dibangun sejak periode Taisho yaitu pada tahun 1912-1926, yang digunakan sebagai jalur lalu lintas utama di jalan Prefektur tersebut. Tidak hanya sekedar umurnya yang telah satu abad, tetapi juga bentuknya yang mengesankan dan jumlah batu yang digunakan.

Simak Juga : Keindahan Musim Gugur Yang Sempurna Dari Kuil Rurikoin Di Kyoto

Telusuri Terowongan Misterius Hakkaku Di Pegunungan Misato, Prefektur Kumamoto
image : soranews24.com

Selain jembatan bersejarah tersebut, terdapat sebuah bangunan unik hasil buatan manusia yang juga tak kalah bersejarah. Dinamai terowongan Hakkaku, terowongan ini memiliki bentuk persegi delapan yang hingga kini masih misterius mengapa strukturnya dibuat seperti itu. Lokasinya di luar Rute Nasional 443 tidak jauh dari Jembatan Toshinebashi, terowongan tersebut tidak terlihat dari jalan utama dan hanya terdapat sebuah papan kecil yang menandakan jalan menuju kesana.

Telusuri Terowongan Misterius Hakkaku Di Pegunungan Misato, Prefektur Kumamoto
image : ameba.jp

Dari papan tersebut jaraknya sekitar 200 meter, tanpa adanya bangunan lain di sekitar hanya dipenuhi oleh rimbunnya pepohonan, kamu akan merasakan suasana yang seolah-olah memasuki alam lain yang unik. Ketika mulai dekat dengan terowongan suasana akan berubah sedikit menyeramkan karena penerangan yang kurang, terowongan ini terdiri dari total tujuh struktur berbentuk cincin oktagonal.

Mengenai sejarahnya, bangunan ini sebenarnya pernah dibangun kembali pada tahun 1915 silam, ketika Kereta Api Yuuen dibuka di daerah tersebut, dengan rute sepanjang 28,6 kilometer menuju Misato dari tempat yang sekarang dikenal sebagai Kota Kumamoto. Terowongan Hakkaku ini dirancang untuk mencegah batu yang jatuh dari kedua sisi yang dapat mengenai kereta api yang lewat, tetapi alasan mengapa itu hanya terdiri tujuh bangunan saja sampai sekarang masih menjadi misteri.

Telusuri Terowongan Misterius Hakkaku Di Pegunungan Misato, Prefektur Kumamoto
image : rocketnews24.com

Terdapat banyak spekulasi yang dikeluarkan oleh para penduduk lokal dan juga ahli sejarah, ada yang mengatakan bila jumlah ke-7 struktur tersebut untuk mengurangi biaya kontruksi kala itu. Terowongan tersebut telah ditutup pada tahun 1964, tetapi sekarang setelah 50 tahun kemudian, area ini kembali hidup dengan menawarkan sejarah industri daerah tersebut.

Informasi Terowongan Hakkaku

八角トンネル

Alamat : Kumamoto-ken, Shimomashiki-gun, Misato, Komushiro
熊本県下益城郡美里町小筵

Lokasi

Source : SoraNews24

 

 

 

 

 

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

2
2 shares, 2 points
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: