Dunia Hobi Jepang – Bonsai (盆栽), adalah sebuah pohon hias yang merupakan hasil dari bentuk seni Jepang yang menggunakan teknik kultivasi sehingga menghasilkan pepohonan kecil dalam sebuah wadah dan pohon kecil tersebut akan meniru bentuk dari pohon yang besar. Sebenarnya praktik seni dan juga hobi ini juga dilakukan dalam budaya masyarakat negara lain, seperti di China yang disebut dengan tradisi Penzai atau Penjing dan di Vietnam yang disebut Hòn Non Bộ, sedangkan tradisi seni ini telah berjalan selama ribuan tahun di Jepang.

Teknik Yang Tepat Dalam Menyiram Tanaman Bonsai

image : tanamania.com

Simak Juga : Bandai Namco Luncurkan Trailer Kedua Untuk Game Digimon ReArise

Teknik Yang Tepat Dalam Menyiram Tanaman Bonsai

image : bonsaitree.co.za

Merawat sebuah pohon Bonsai tidaklah mudah, membutuhkan sebuah keseriusan, teknik dan juga kesabaran. Oleh karena itu hobi ini lebih banyak digemari oleh para orang tua ketimbang kalangan muda, salah satu teknik penting dalam merawat pohon miniatur yang indah ini adalah cara dalam menyiramnya, meskipun pohon ini kecil namun membutuhkan teknik menyiram yang benar agar kondisi pohon tidak sehat. Berikut ini adalah panduan dalam menyiram pohon bonsai yang Artforia dapatkan dari narasumber Bonsaiempire.

Menyiram merupakan bagian terpenting dari merawat pohon Bonsai. Seberapa sering pohon perlu disiram tergantung pada beberapa faktor yaitu seperti jenis pohon, ukuran pohon, ukuran pot, umur pohon, campuran tanah dan juga iklim daerah anda, sehingga memang tidak dapat dipastikan setiap bonsai membutuhkan penyiraman yang sama, namun beberapa pedoman dasar ini akan membantu anda dalam menentukan penyiraman yang tepat untuk Bonzai anda.

Teknik Yang Tepat Dalam Menyiram Tanaman Bonsai

image : art.branipick.com

Siram pohon anda ketika tanah menjadi agak kering
Kondisi tanah yang telihat mulai mengering menjadi tanda untuk anda mulai menyiram tanaman anda, sebelum disiram gunakan jari anda untuk memeriksa tanah hingga kedalaman 1cm. Bila sampai kedalaman tersebut tanah memang mengerih anda memang sangat wajib untuk menyiramnya.

Jangan menyiram secara rutin
Menyiram setiap hari bukan hal yang tepat untuk tumbuhan Bonsai, terlalu banyaknya kandungan air dalam tanah dapat menyebabkan membusukan Bonsai oleh karena itu menyiram secara rutin setiap hari memang tidak dianjurkan.

Gunakan campuran tanah yang tepat
Campuran tanah yang anda gunakan akan sangat mempengaruhi seberapa sering pohon perlu disiram, karena sebagian besar pohon Bonsai menggunakan campuran tanah akadama, batu apung dan batu lava. Ketiga bahan tersebut biasanya dicampur dengan rasio ½-¼-¼. Namun, menggunakan campuran yang dapat lebih baik dalam mempertahankan air seperti lebih banyak mencampurkan akadama atau juga dapat dicampurkan pupuk kompos. Sehingga dengan campuran tersebut kondisi kelembaban tanah dalam pot bonsai anda tetap terjaga.

%d bloggers like this: