A password will be e-mailed to you.

DIY&Craft – Jepang yang dikenal sangat menjaga kelestarian kebudayaan tradisionalnya memang memiliki banyak kesenian tradisional yang memikat perhatian publik, dimulai dari seni lipat kertasnya yang disebut Origami sampai beberapa kesenin tradisional yang menggunakan metode dan bahan-bahan dasar yang unik dan menarik. Salah satunya yang mungkin belum anda ketahui adalah kerajinan Suminagashi yang merupakan sebuah teknik mendesain atau mewarnai wadah cair yang kemudian di implementasikan pada kertas, kain atau juga batu.

Suminagashi, Yuk Kenali Teknik Mewarnai Wadah Cair Khas Jepang

image : squarespace.com

Simak Juga : Cara Membuat Gelang Kumihimo Atau Gelang Persahabatan Jepang

Suminagashi merupakan teknik kuno yang dilakukan oleh masyarakat-masyarakat Jepang untuk mendekorasi sebuah kertas dengan tinta warna, dipercaya bila teknik ini merupakan bentuk kuno dari teknik marbling yang sekarang banyak digunakan untuk membuat desain warna pada batu marmer. Berasal dari negara China sejak 2.000 tahun lalu dan telah di pelajari oleh para pendeta Shinto sejak abad ke-12 di Jepang. Suminagashi sendiri memiliki arti “Tinta Mengambang”. Tinta pewarna yang biasa digunakan untuk kerajinan Sumi-E (Lukisan Tinta Cair Jepang) biasanya sering digunakan untuk teknik desain ini.

Suminagashi, Yuk Kenali Teknik Mewarnai Wadah Cair Khas Jepang

image : squarespace.com

Bahan-bahan yang diperlukan
  • Air Jernih
  • Tinta
  • Palet Cat Air
  • Kuas Kecil
  • Kertas Washi / Kertas Kapas

Untuk membuat pola warnanya tidaklah sulit, disesuaikan dengan selera warna anda. Pastikan untuk meneteskan atau mencelupkan warna dengan dengan kuas secara sedikit demit sedikit agar warna terbentuk dengan indah. Pola warna akan terbentuk seperti sebuah lingkaran .

Suminagashi, Yuk Kenali Teknik Mewarnai Wadah Cair Khas Jepang

image : squarespace.com

Bila ingin menciptakan pola yang berbeda anda harus mencelupkan berbagai warna kedalam air dan juga berbagai titik yang berbeda. Bila menurut anda pola warna sudah cukup indah dan banyak maka selanjutnya tinggal memasukan kertas washi atau kertas kapas yang telah anda siapkan dengan perlahan dan merata pada permukaan air tersebut, diamkan beberapa detik hingga pola terserap kedalam kertas tersebut dan kemudian angka. Anda perlu mengeringkan kertas terlebih dahulu agar kertas dapat digunakan untuk hal yang lain.

Simak Salah Satu Video Panduannya Dibawah Ini

%d bloggers like this: