A password will be e-mailed to you.

Seni Budaya Jepang – Musim dingin adalah musim yang penuh atraksi di Jepang, salju memang tidak memenuhi semua dataran Jepang tetapi untuk bagian utara terutama area sekitar Hokkaido, salju merupakan cuaca tahunan yang selalu datang dengan ketebalan yang cukup tinggi. Salah satu festival salju yang berlangsung di Jepang adalah Tokamachi Snow Festival (十日町雪まつり, Tōkamachi Yuki Matsuri). Festival ini diadakan setiap tahun selama tiga hari sekitar Sabtu ketiga pada bulan Februari, dan banyak yang mengatakan bila festival ini adalah festival salju pertama yang dirayakan di Jepang.

Suasana Tradisional Pedesaan Dalam Tokamachi Snow Matsuri

Simak Juga : Parade Pikachu Yokohama 2018 Akan Dilengkapi Teknologi Digital

Suasana Tradisional Pedesaan Dalam Tokamachi Snow Matsuri

image : snowfes.jp

Tahun 1950 menjadi tahun pertama bagi festivalo ini berlangsung, patung-patung yang terbuat dari salju banyak terlihat selama festival berlangsung. Lokasi festival terletak di daerah pegunungan prefektur Niigata, kota Tokamachi merupakan salah satu kota yang mendapatkan tingkat salju paling tinggi di Jepang, salju yang turun di lokasi ini sering mencapai ketinggian dua meter atau lebih. Meskipun terkadang cuaca salju yang tinggi sering membuat masalah daerah pedesaan ini tetapi juga memberikan daya tarik tersendiri bagi sebuah lokasi wisata bagi para wisatawan.

Jika dibandingkan dengan festival salju di Sapporo, festival salju Tokamachi memiliki suasana lingkungan yang lebih tradisional dan lebih seperti suasana pedesaan. Beberapa patung ini dibuat secara berkelompok pada sebuah area festival yang disebut “Hiroba”, dan beberapa patung lainnya terletak secara individual, kadang-kadang di sebuah tempat yang terpencil. Berbagai patung-patung ini merupakan karya seni dari kota Tokamachi yang dibuat oleh para warga sekitar seperti anak-anak sekolah setempat.

Suasana Tradisional Pedesaan Dalam Tokamachi Snow Matsuri

image : blog.livedoor.jp

Suasana Tradisional Pedesaan Dalam Tokamachi Snow Matsuri

image : snowfes.jp

Tidak hanya patung tetapi dekorasi-dekorasi salju juga terlihat pada sejumlah toko dan rumah-rumah disekitar lokasi, Amazake yang merupakan sejenis anggur beras manis hangat tanpa kandungan alkohol biasanya ditawarkan kepada para pengunjung yang datang sebagai sambutan kedalam festival salju ini,

Terdapat beberapa lokasi festival untuk menikmati musim salju di kota Tokamachi ini, di antara lokasi-lokasi tersebut yang paling besar adalah Community Hiroba yang dapat diakses 10 menit dengan berjalan kaki dari stasiun Tokamachi. Area ini disertai patung-patung salju yang unik, beberapa aktivitas salju seperti bermain ski dan juga dipenuhi dengan tukang-tukang makanan. Tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat area Welcome Hiroba yang juga merupakan salah satu area festival dengan beberapa patung salju, seluncur salju dan berbagai pertunjukan. Kemudian dengan berjalan kaki tidak jauh dari sana akan menemukan Sekolah Dasar Tokamachi, yang juga dijadikan sebuah lokasi acara bernama “Snow Carnival” diadakan pada malam hari Sabtu.

Banyak area festival di pusat kota yang dapat diakses dengan berjalan kaki. Atau bila malas berjalan ada sebuah layanan bus yang mengelilingi kota setiap 30-40 menit pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk mencapai lokasi festival lebih jauh dari pusat kota, ada dua jalur bus tambahan yang beroperasi empat kali pada hari Sabtu dan satu kali pada hari Minggu, bus-bus tersebut akan berhenti 15-30 menit di beberapa lokasi festival yang lebih terpencil.

Lokasi

%d bloggers like this: