Tradisi Budaya Jepang – Maid Cafe (メ イ ド 喫茶 / メ イ ド ã‚« フ ェ Meido kissa / Meido kafe) merupakan sebuah budaya bisnis yang dilakukan pertama kali oleh masyarakat Jepang dan juga sebagai subkategori restoran cosplay yang sebagian besar didominasi di Jepang. Di kafe-kafe ini, para pelayannya akan berpakaian kostum pembantu pada era victoria dan memperlakukan pelanggan sebagai tuan. Maid Cafe pertama yang buka adalah, Cure Maid Café, didirikan di Akihabara, Tokyo, Jepang, pada bulan Maret 2001, semenjak itu maid cafe semakin populer. Seperti yang telah terlihat, persaingan yang meningkat membuat para pemiliki maid cafe menggunakan beberapa taktik yang tidak biasa untuk menarik pelanggan.

Serunya Berkunjung Ke Cafe MaidFenomena maid cafe kini telah meluas ke luar negeri ke negara-negara seperti China, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Australia, Hungaria, Republik Cheska, Prancis, Belanda, Meksiko, Kanada, Brasil, Amerika Serikat dan juga Indonesia terutama hadir pada acara-acara festival Jepang.

Simak Juga : Tradisi Rambut Cokelat Masyarakat Jepang

Beberapa lingkungan di Tokyo tertentu terutama daerah Akihabara anda akan melihat cukup banyak wanita-wanita remaja berkostum pembantu membagikan selebaran didepan maid cafe mereka bekerja. Cara ini merupakan taktik bisnis yang agresif karena ketatnya persaingan sebuah maid cafe di Jepang. Selain membagikan selebaran biasanya juga ada yang menggunakan speaker keras pada bagian atas gedung yang akan mengeluarkan suara-suara untuk menarik pelanggan di sekitar.

Serunya Berkunjung Ke Cafe MaidMungkin bagi sebagian orang awam maid cafe adalah tempat yang sia-sia untuk menghamburkan uang atau penuh dengan kebohongan tetapi sebenarnya pesona maid cafe adalah dari pelayanan para maidnya, tingkah atau sikap maid memiliki berbeda-beda dan tentunya memiliki ciri khas masing-masing, jangan mengharapkan makan kenyang bila datang ke maid cafe tetapi nikmatilah hiburan yang dibawakan oleh sang maid. Seperti yang dilakukan oleh semua pelayanan maid cafe dimana mereka akan menyapa para pelanggan dengan ucapan Okaerinasaimase goshujinsama (welcome home master!).

Pada setiap maid cafe terdapat menu makanan yang berbeda-beda dan biasanya menawarkan teh, kopi, aneka soft drink lainnya serta makanan pencuci mulut hingga makanan berat. Ketika makanan datang maka maid akan melakukan atraksinya untuk anda yaitu salah satunya adalah menghias piring makanan anda dengan saus atau semacamnya yang sesuai dengan makanan dipesan. Selain pelayanan seperti itu maid cafe juga menawarkan berbagai layanan lainnya tergantung setiap cafe, seperti misalnya dapat membayar untuk foto bersama salah satu maid favorit anda, lalu juga ada yang bisa menemai pelanggan untuk bermain sebuah game.

Serunya Berkunjung Ke Cafe MaidSelama bertahun-tahun maid cafe terus berkembang di Jepang sampai akhirnya berhasil keluar dari Jepang menuju pasaran internasional yang kini bisa kita lihat pada beberapa negara termasuk indonesia yang menyediakan beberapa maid cafe terutama ketika festival Jepang seperti AFAID berlangsung.

%d bloggers like this: