artforia.com

Seni Budaya Jepang – Seragam sekolah wanita di Jepang begitu erat dengan pakaian sailor yang lucu dan imut.Ternyata dibalik keunikannya terdapat sejarah dan fakta seragam sekolah di Jepang yang menarik. Seiuku atau seragam sekolah telah ada di jepang tidak kurang dari seratus tahun yang lalu pada masa Meiji. Mulanya seragam sekolah tersebut merupakan perpaduan antara kimono formal, hakama dan kemeja untuk meningkatkan wibawa para murid.

Baca Juga : Sepatu Tradisional Jepang Yang Disebut Jika Tabi

Seiring waktu , dunia barat ternyata mempengaruhi bentuk seragam sekolah di Jepang yang mengikuti perkembangan mode. Untuk Seragam sekolah pria, yang dulunya hakama berubah menjadi jas gakuran dengan celana panjang warna biru tua atau hitam. Jas Gakuran terinspirasi dari seragam militer dengan kancing logam hingga bagian leher dan memiliki kerah tinggi.

Seragam sekolah yang juga terkenal di Jepang adalah Sailor Girl yang khusus untuk pelajar wanita. Dahulu di kota Fukouka pada tahun 1920 merupakan permulaan seragam ini digunakan dan hingga kini masih bisa kita temukan pada anime maupun manga karena modelnya yang unik. Fakta seragam sekolah di Jepang model Sailor girl ini berbentuk segitiga pada bagian scraft, rok pendek dan kelepak di bagian punggung. Seragam sekolah tersebut terinspirasi dari seragam yang digunakan para angkatan laut Inggris.

artforia.com

Selain seragam, beberapa sekolah memiliki tas sekolah mereka sendiri dimana siswanya diwajibkan untuk menggunakannya, adapun sekolah lainnya yang tidak memilikinya. Tas sekolah yang standar dan umum digunakan biasanya terbuat dari nilon dan kulit, bagi mereka yang melakukan olah raga mungkin menggunakan enamel bag, backpack juga terkenal akhir-akhir ini.

Telah disepakati secara umum untuk gadis-gadis sekolah di Jepang bahwa panjang rok “terbaik”yakni 15cm diatas lutut, tidak terlalu pendek ataupun panjang. Namun beberapa sekolah di Jepang kini mengharuskan siswinya untuk menggunakan rok yang lebih panjang, para siswi mengakalinya dengan melipat rok bagian atas mereka agar panjang rok terlihat pas dengan keseluruhan seragam sekolah. Untuk sepatu, Mayoritas mereka menggunakan pantofel dengan warna hitam atau coklat. ada pantofel yang memiliki hak sehingga mereka akan memiliki gaya yang lebih baik, adapun trend baru lainnya yakni menggunakan sneakers dengan seragam sekolah mereka.

%d bloggers like this: