A password will be e-mailed to you.

Artforia – Jepang dan Indonesia merupakan kedua negara yang memiliki hubungan cukup dekat, mulai dari bidang bisnis, wisata hingga pendidikan Jepang dan Indonesia memang sering kali melakukan kerja sama. Belum lama ini pada awal tahun 2018 tepatnya pada tanggal 26 sampai 28 Januari lalu sebuah acara kesenian tradisional yang berhubungan antara Jepang dan Indonesia diadakan di Bali. Dalam acara yang berkonsep sebuah kesenian tradisional masing-masing negara dipenuhi oleh sejumlah seniman-seniman asal Jepang dan juga seniman Bali yang memperlihatkan karya mereka.

Seniman Bali Dan Jepang Meriahkan Persahabatan Kedua Negara

image : thejakartapost.com

Simak Juga : Jepang Telah Resmikan Maskot Untuk Olimpiade 2020

Seniman Bali Dan Jepang Meriahkan Persahabatan Kedua Negara

image : thejakartapost.com

Acara ini sendiri diselenggarakan bersama konsul Jepang di Denpasar, universitas STIMIK STIKOM-Bali Information Technology Institute dan Bentara Budaya Bali. Acara ini tentunya menampilkan sejumlah pertunjukan dan kegiatan yang ditujukan untuk mengenalkan sebuah keindahan budaya Jepang, mulai dari lokakarya manga, kaligrafi, demonstrasi upacara minum teh sampai sebuah pemutaran film. Selain sebuah pameran kesenian tradisional juga diselenggarakan sebuah pentas seni yang dipersembahkan oleh sejumlah seniman-seniman bali yang berbakat, termasuk pemain gitar lokal legendaris Ketut Riwin, lalu penampilan musik seruling dari Gus Teja dan penampilan dari seorang ahli pemain instrumen bambu jegog, Ketut Suwentra.

Seniman Bali Dan Jepang Meriahkan Persahabatan Kedua Negara

image : thejakartapost.com

Berlangsungnya acara ini juga diakui sebagai bentuk persahabatan antara kedua negara, “Kami ingin menunjukkan bahwa Jepang dan Indonesia telah menikmati hubungan yang sangat hangat dan akrab selama beberapa dekade dan Bali merupakan bukti kedekatan tersebut,” sebuah pernyataan dari jenderal konsul yaitu Jepang Hirohisa Chiba.

Selain memperlihatkan sebuah bukti bila hubungan kedua negara antara Jepang dan Indonesia benar-benar dekat melalui kesenian, bukti lainnya adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah Jepang kepada berbagai proyek pembangunan vital di Bali, termasuk konservasi mangrove di Suwung, mitigasi erosi pesisir di Sanur, Kuta dan Nusa Dua serta pembangunan pembangkit listrik mikrohidro di Jatiluwih.

Seniman Bali Dan Jepang Meriahkan Persahabatan Kedua Negara

image : thejakartapost.com

Acara-acara seperti ini memang sangat membangun hubungan antara kedua negara menjadi lebih baik dan juga menguntungkan bagi kedua belah pihak, Artforia berharap acara-acara seperti ini dapat berjalan terus pada tahun-tahun berikutnya.

%d bloggers like this: