Tradisi Budaya Jepang – Sumpit merupakan peralatan makan yang digunakan di sejumlah negara di Asia, Jepang adalah salah satu negara yang menggunakan sumpit sebagai peralatan makan utama mereka, sumpit telah digunakan jauh sebelum masuknya sendok dan garpu di kebudayaan Jepang, oleh karena itu Jepang juga memiliki beberapa etika unik dalam menggunakan sumpit, beberapa tidak jauh berbeda dari etika menggunakan sumpit di negara Asia lainnya seperti China dan Korea. Berikut ini adalah beberapa etika dalam menggunakan sumpit yang benar di Jepang.

Sempurnakah Anda Dalam Menggunakan Sumpit?? Lihat 10 Etika Penting Ini!

image : mashed.com

Simak Juga : Mau Pergi Ke Jepang? Perhatikan 5 Hal Penting Ini


Pegang Sumpit Dengan Posisi Yang Benar

Kebanyakan orang yang tidak biasa menggunakan sumpit akan kesulitan menggunakannya dikarenakan posisi memegangnya yang salah, tetapi ketika anda telah mengetahui cara memegang yang benar maka anda akan merasa lebih mudah untuk menggunakannya. Jangan tempelkan terlebih dahulu sumpit dengan makanan, pegang sumpit secara bersama seperti sebuah pena. Jangan memegang dua sumpit terlalu rendah atau dengan kepalan tangan anda, posisi memegang sumpit ini juga merupakan sebuah seni yang disebut 握り箸, atau Nigiri-bashi di mana posisi memegang sumpit dengan erat dengan satu tangan dan kemudian dilanjutkan Sashi-bashi (tsuki-bashi), di mana posisi melanjutkan untuk menempel atau menusuk hidangan dengan sumpit.

Jangan Makan Makanan Langsung Dari Tempatnya

Terkadang orang-orang yang tidak menggunakan sumpit tidak mengetahui tata cara ini atau etika ini, dimana etikanya adalah ketika mengambil sebuah makanan yang diletakan dalam wadah bersama harus diletakan terlebih dahulu di piring atau mangkuk masing-masing baru memakannya.

Gunakan Penahan Sumpit

Bila anda berkunjung ke sebuah restoran-restoran tradisional di Jepang anda akan menemukan sebuah balok kayu kecil atau keramik kecil dengan cekungan kecil di tengahnya, sebenarnya itulah tempat untuk menaruh sumpit anda ketika tidak lagi digunakan. Sebenarnya anda juga bisa meletakan sumpit diatas piring atau mangkuk ketika anda selesai makan, pastikan bila sumpitnya diletakan secara bersama dan teratur, yang paling terpenting adalah jangan menancapkan sumpit anda ke dalam nasi, karena menyerupai sebuah upacara pemakaman yang disebut 立 て 箸, atau Tate-bashi.

Jangan Mengambil Beberapa Makanan Secara Bersamaan Dengan Sumpit

Jangan mengambil makanan yang bermacam-macam secara bersamaan dengan sumpit, ini dianggap serakah atau disebut そ ら 箸, atau Sora-bashi. Mengambil satu-satu secara bergantian merupakan etika yang baik dan sopan.

Ambil Makanan Dari Yang Teratas

Mengambil sebuah makanan dari yang teratas dan jangan menggali dengan sumpit anda untuk mendapatkan yang terbaik, namun etika ini mendapatkan pengecualian untuk beberapa jenis makanan. Misalnya untuk makanan Gyudon atau Ramen yang mengharuskan anda mengaduk makanan tersebut baru memakannya. Namun pada beberapa menu makanan hal ini dianggap tidak sopan karena dianggap merusak keindahan makanan tersebut.

Jangan Menjilat Sumpit Anda

Mungkin ini jarang dilakukan, namun terkadang banyak yang melakukannya tanpa sadar ketika memakan sesuatu yang memiliki kuah, jangan menjilat ujung sumpit yang anda gunakan atau disebut ねぶり箸, atau Neburi-bashi. Karena dianggap seperti orang yang kelaparan dan kekurangan gizi.

Jangan Membagi Makanan Dengan Sumpit Ke Sumpit

Hal ini dianggap tabu dan tidak sopan atau disebut 移し箸 (拾い箸), Utsushi-bashi (hiroi-bashi). Jangan pernah berbagi makanan dengan berpindah dari sumpit ke sumpit lain karena ini menyerupai kebiasaan di pemakaman Jepang ketika tubuh yang dikremasi dipindahkan ke sebuah guci. Ini mungkin merupakan tabu terbesar dalam etika menggunakan sumpit di Jepang. Oleh karena itu pindahkan atau berbagi makanan dengan meletakannya diatas mangkuk atau piring orang yang anda ingin berikan.

Sumpit Bukan Mainan

Ingat sumpit bukanlah sebuah mainan atau semacamnya, terutama untuk negara seperti Jepang yang menggunakan sumpit sebagai peralatan makan utama mereka, oleh karena itu penggunaan sumpit sangat sensitif. Terdapat 3 hal yang harus anda ingat ketika menggunakan sumpit.

Jangan Menunjuk Sesuatu Dengan Sumpit, menunjuk dengan jari saja dianggap tidak sopan di Jepang apalagi menggunakan sebuah sumpit.

Jangan Menggosok Sumpit, biasanya para wisatawan atau orang asing melakukan ini pada sumpit-sumpit instan yang terbuat dari bambu untuk menghilangkan serpihan-serpihan bambu tetapi sebenarnya ini adalah tindakan yang tidak sopan

Jangan Melambaikan Sumpit, hal ini dianggap tidak sopan dan juga dianggap memiliki gangguan mental atau seperti orang mabuk, ini disebut 振 上 げ 箸, atau Furiage-bashi.

Jangan Silangkan Sumpit Anda Ketika Selesai Makan

Berbeda dengan sendok dan garpu dimana penggunaan sumpit dinyatakan tidak sopan bila anda menaruhnya secara silang ketika selesai makan, taruhlah pada penahan sumpit atau letakan secara berdempetan diatas piring anda.

Jangan Mengaduk Sumpit Anda Dalam Hidangan Sup

Aturan ini disebut 探り箸, atau Saguri-bashi. Meraba-raba hidangan, seperti sup, untuk melihat apa yang ada di dalamnya menggunakan sumpit. Hal ini dianggap tidak sopan dan jorok dalam etika menggunakan sumpit di Jepang.

Itulah 10 etika dalam menggunakan sumpit dalam kebudayaan masyarakat Jepang, semoga dapat membantu anda ketika berlibur dan menikmati hidangan di Jepang.

Sempurnakah Anda Dalam Menggunakan Sumpit?? Ini Dia 10 Cara Yang Benar Dalam Menggunakannya

image : mashable.com

%d bloggers like this: