Kuliner Jepang – Anpan (あ ん パ ン) merupakan roti gulung manis Jepang yang biasanya diisi dengan pasta kacang merah. Meskipun begitu Anpan dengan berbagai macam isi juga dapat ditemukan saat ini di Jepang, misalnya seperti  Anpan isi kacang putih (shiro-an), kacang hijau (uguisu-an), wijen (goma-an) dan kastanye (kuri-an).

Sejarah Dibalik Kelezatan Roti Anpan Jepang
image : mamaloli.com

Dalam catatan sejarah Anpan pertama kali dibuat pada tahun 1875, saat itu adalah merupakan periode Meiji di Jepang. Roti yang telah masuk beberapa kali dalam sebuah anime ini diciptakan oleh seorang samurai bernama Yasubei Kimura. Saat itu para samurai memang sedang mengalami masalah krisis dimana budaya barat telah banyak masuk ke Jepang dan muncul banyaknya produk-produk baru, sehingga menyebabkan beberapa profesi kuno seperti samurai semakin terpojok dan tidak terpakai.

Simak Juga : Prefektur Fukuoka Akan Tingkatkan Produksi Pertanian Gandum Untuk Hidangan Ramen

Sejarah Dibalik Kelezatan Roti Anpan Jepang
image : jpninfo.com

Saat itu roti Anpan yang diciptakan oleh Kimura sukses dengan cepat karena menyesuaikan produk roti barat dengan selera orang Jepang. Saat ini untuk mendapatkan roti Anpan tidaklah sulit anda bisa menemukannya pada  toko-toko swalayan, supermarket dan tentunya toko roti.

Kisahnya dimulai ketika Kimura berkeliaran didaerah dimana banyak terdapat industri-industri produk barat, disitu dirinya melihat eorang pemuda sedang membuat sebuah roti dan muncul sebuah gagasan dalam pikiran Kimura untuk membuatnya namun dengan caranya sendiri, ini adalah awal terbentuknya toko roti yang bernama Bun’eidō (文 英 堂). Pada tahun 1874. Setelah beberapa waktu dirinya memutuskan untuk pindah ke Ginza dengan mengganti nama tokonya menjadi toko roti Kimuraya (木村 屋). Saat itu semua roti yang diproduksi di Jepang adalah roti yang memiliki rasa asin dan sedikit asam, saat itu rasa tersebut kurang sesuai dengan lidah masyarakat Jepang.

Sejarah Dibalik Kelezatan Roti Anpan Jepang
image : pinterest.com

Akhirnya dirinya menemukan cara untuk membuat sebuah roti yang lebih cocok untuk selera orang Jepang, tekniknya mirip seperti membuat sebuah manju yang memang saat itu manju sudah lebih dulu diproduksi sejak abad ke-13 di Jepang. Dengan menambahkan sebuah kacang merah akhirnya terciptalah sebuah Anpan yang sampai saat ini menjadi makanan ringan yang banyak digemari oleh masyarakat Jepang.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: