Kuliner Jepang – Kushiyaki (串 焼 き) merupakan olahan masakan Jepang yang mirip dan masih sejenis Yakitori. Pembuatan masakan ini sendiri tidak jauh berbeda seperti sate Indonesia dimana membuatnya adalah dengan cara ditusuk dan lalu dipanggang. Bahan dasar Kushiyaki sendiri tidak jauh berbeda dengan Yakitori namun untuk bahan dasar Kushiyaki terkadang menawarkan sejumlah sayuran-sayuran juga tidak seperti Yakitori yang semuanya daging.

Bumbu Kushiyaki terbagi dua jenis yaitu asin atau manis asin. Jenis asin biasanya menggunakan garam biasa sebagai bumbu utamanya. Untuk varietas asin manis biasanya digunakan mirin (bumbu dapur masakan Jepang yang mengandung alkohol dan memiliki rasa manis), sake, soy sauce, dan gula yang digunakan. Rempah-rempah umum lainnya termasuk bubuk cabai rawit, shichimi, lada Jepang, lada hitam, karashi dan wasabi dikondisikan dengan selera masing-masing. Kali ini Artforia akan berbagi resep cara membuat Kushiyaki dengan daging sapi yang lezat.

Simak Juga : Nikmati Perjalanan Anda Dengan Menu Makanan Ekiben

Resep Beef Kushiyaki Yang LezatBahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuatnya.

  • 2 1/2 sendok makan mirin
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1/3 cangkir kecap
  • 1/8 sendok teh monosodium glutamat (seperti Aji-No-Moto®)
  • 1/3 cangkir gula putih
  • 500 gram daging sapi sirloin steak, potong tipis
  • 3 daun bawang hijau, potong menjadi 2 inci
  • tusuk sate

Cara dalam membuatnya.

  1. Dalam mangkuk, campurkan mirin, bawang putih, kecap, sedikit MSG, dan gula lalu aduk secara merata untuk melarutkan gula. Tempatkan daging sapi dan daun bawang hijau ke dalam campuran ini lalu aduk lagi hingga rata, dan biarkan selama 30 menit. Rendam tusuk sate bambu di air untuk persiapan menusuk daging.
  2. Panaskan oven dan posisikan rak oven sekitar 6 inci dari sumber panas. Gulung irisan daging sapi yang telah disiapkan dengan potongan daun bawang hingga daun bawang menempel dan kemudian tusuk dengan tusuk bambu yang telah disiapkan, ulangi terus hingga semua daging dan daun bawang habis. Setelah itu taruh tusuk sate ke pemanggangan.
  3. Panggang hingga daging berwarna kecoklatan pada kedua sisinya, sekitar 3 sampai 3 1/2 menit per sisi.
  4. Menambahkan sepotong sayuran seperti bok choy kukus dan kentang sebagai penambah hidangan.
  5. Setelah selesai lepas daging dari tusuk sate dan hidangkan dengan tambahan mayonaise atau taburan wijen diatasnya Itadakimasu! (いただき ます).
%d bloggers like this: