4   +   9   =  
A password will be e-mailed to you.

Kuliner Jepang – Wasabi tentu sebuah pelengkap didalam sebuah makanan sushi ataupun sashimi, sebagian besar masyarakat dari berbagai negara telah mengetahui apa itu Wasabi. Wasabi (ワ サ ビ atau わ さ び (山葵), Eutrema japonicum atau Wasabia japonica adalah tanaman dari keluarga Brassicaceae, yang meliputi kubis, lobak, dan sawi. Wasabi ini juga sering disebut lobak jepang, Wasabi umumnya digunakan sebagai saus yang membuat sushi atau makanan lain lebih beraroma dan memberikan rasa pedas. Bagian batang menjadi bahan dasar untuk membuat saus wasabi. Rasanya lebih kuat dan panas dari pada sebuah cabai namun memiliki rasa pedas yang berbeda.

Rahasia Wasabi Yang Harus Anda KetahuiRasa dari Wasabi memang lebih banyak merangsang organ hidung daripada lidah sehingga tidak bisa disamakan dengan pedasnya sebuah cabai. Tanaman ini tumbuh secara alami di sepanjang hamparan sungai di lembah sungai pegunungan di Jepang. Terdapat dua jenis utama wasabi yang dijual yaitu adalah E. japonicum ‘Daruma’ dan ‘Mazuma’, namun sebenarnya jenis dari wasabi sendiri masih banyak. Asal usul masakan wasabi telah diklarifikasi dari catatan sejarah tertua yang hadir pertama kali dan tumbuh di prefektur Nara, namun baru mulai populer dan terkenal pada tahun 1990 dan pertengahan 2000.

Simak Juga : 12 Cara Untuk Menikmati Senbei Dalam Hidup Anda

Kehadiran Wasabi memang telah meluas pada saat ini dengan semakin banyaknya gerai atau resto makanan bertema Jepang di berbagai negara termasuk Indonesia, namun apakah anda merasa yakin bila Wasabi yang anda makan adalah murni sebuah wasabi asli? atau sebenarnya anda benar-benar tidak memakan wasabi asli?. Menurut riset survey yang ada karena sebagian besar wasabi yang hadir diluar Jepang adalah campuran lobak, mustard dan pewarna makanan. Bahkan di Jepang, karena permintaan akan wasabi yang sangat tinggi sehingga anda terkadang juga akan menemukan campuran lobak.

Rahasia Wasabi Yang Harus Anda KetahuiCita rasa dari Wasabi asli sebenarnya lebih enak rasanya daripada horseradish atau kita menyebutnya lobak. Panas tapi tidak memiliki aftertaste yang tersisa dan texturenya juga lebih halus dan memiliki rasa yang menyegarkan. Tumbuhan Wasabi pada saat ini tidak hanya tumbuh di dataran Jepang saja tetapi telah ada para pengembang dari berbagai negara seperti di China, Taiwan, New Zealand, Australia dan Amerika Utara.

Wasabi asli sebenarnya memiliki sebuah kelemahan dalam hal penyajian dimana wasabi asli akan kehilangan rasa kuatnya tersebut setelah 15 menit dari proses penyajian dengan diparut, oleh karena itu sebenarnya cukup sulit untuk menyajikan wasabi asli tanpa sebuah bahan campuran. Wasabi juga memiliki kandungan yang penting bagi kesehatan seperti memiliki efek anti-mikroba dan anti-inflamasi.

 

%d bloggers like this: