A password will be e-mailed to you.

Berita Lifestyle Jepang – Jepang tumbuh menjadi negara yang sukses dengan perekonomian yang makmur dan juga tingkat kejahatan yang rendah, pastinya sejumlah masyarakat negara lain melihat Jepang memiliki rasa iri. Namun ketahuilah Jepang mendapatkan semua itu tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi memang karena usaha dari pemerintah dan juga masyarakatnya yang sangat koperatif dan juga memiliki budaya-budaya yang sangat hebat. Sejumlah kalangan juga penasaran bagaimana sistem sekolah yang dilakukan oleh negeri tersebut, untuk itu Artforia akan memberikan penjelasan singkat mengenai dunia sekolah di Jepang.

Prosedur Tahapan Sekolah Di Negara Jepang

image : tsukuba.ac.jp

Simak Juga : 6 Cara Masyarakat Jepang Dalam Merawat Kesehatan Kulit

Prosedur Tahapan Sekolah Di Negara Jepang

image : Huffingtonpost.com

Beberapa orang mungkin berpikir bila sistem sekolah di Jepang sangat ketat sehingga ekonomi negaranya bisa semaju itu, tentunya tidak seperti itu. Di jepang prosedur tingkatan sekolah sama seperti beberapa negara lainnya hanya saja terdapat perbedaan-perbedaan dalam sistem jadwal belajarnya. Berikut ini dibawah merupakan tahapan-tahapan yang terjadi untuk seorang pelajar di Jepang.

  • Anak-anak yang telah memasuki umur 6 tahun pada atau sebelum 1 April akan masuk kelas satu SD tahun itu.
  • Tahun sekolah dimulai pada bulan April dan berakhir pada bulan Maret.
  • Sama seperti negara-negara lain bila di Jepang, enam tahun di sekolah dasar dan tiga tahun di sekolah menengah pertama (total sembilan tahun) adalah wajib.
  • Meskipun warga negara asing tidak dikenai wajib belajar bahasa Jepang, mereka bisa saja masuk sekolah dasar / sekolah menengah pertama jika mereka mau.
  • Beberapa sekolah dasar, sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas telah mengembangkan lingkungan untuk menerima warga negara asing atau anak-anak Jepang yang kembali dari luar negeri.
  • Setelah lulus dari sekolah menengah pertama, anak-anak dapat memilih melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah atas dan kemudian ke universitas atau mencari pekerjaan.
  • Sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, perguruan tinggi teknologi, perguruan tinggi, universitas dan sekolah pascasarjana di Jepang terdiri dari lembaga nasional, publik atau ada juga swasta.
  • Sekolah khusus tersedia untuk anak-anak penyandang cacat fisik / mental yang mungkin mengalami kesulitan dalam belajar di sekolah umum.

Bagaimana tahapannya mirip seperti di Indonesia bukan?? hanya saja memang sistem belajar di sekolahnya yang berbeda dimana disana lebih disediakan kelas-kelas khusus untuk dapat mengembangkan bakat-bakat dari masing-masing siswanya dan juga standart nilai disana cukup tinggi.

%d bloggers like this: