Dunia Hobi Jepang – Seperti yang kita telah ketahui bila tahun 2018 menjadi berlangsungnya ajang terbesar sebuah kompetisi sepakbola dunia, yaitu Piala Dunia 2018 yang akan diadakan di Rusia. Lebih tepatnya Piala Dunia 2018 akan berlangsung pada tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018. Sebagai salah satu negara asia yang memiliki antusias besar dalam olahraga sepakbola dan juga memiliki kualitas tim yang cukup tinggi untuk region asia, tentu Jepang telah menyiapkan berbagai macam persiapan sejak lama untuk berpartisipasi dalam turnamen sepakbola terbesar ini.

Persiapan Jepang Dalam Mengikuti Piala Dunia 2018

image : FIFA.com

Simak Juga : Game God Of War Telah Selesai Dibuat Dan Siap Diluncurkan

Dikabarkan sejak 2016, Asosiasi Sepak Bola Jepang yaitu JFA, telah berfokus untuk memperkuat tim nasional dari setiap kelompok usia dengan satu kata kunci yaitu “Global Standard”, berbagai macam persiapan mulai dari ketatnya jadwal latihan hingga menyiapkan pertandingan-pertandingan persahabatan melawan tim-tim top dunia. Demi kepentingan perkembangan pemain-pemain muda yang dimiliki oleh Jepang, mantan pelatih tim nasional dan klub J.League serta spesialis akademi ditugaskan sebagai “Regional Chief Youth Directors” di sembilan wilayah yang berbeda. Lalu usaha lainnya dengan meluncurkan “Sistem Sertifikasi JFA Training Center” untuk memberikan pelatihan berkualitas kepada para pemain dengan mengalokasikan jumlah pelatih yang sesuai. Selain memperhatikan perkembangan sistem pemain-pemainnya, Jepang juga memperhatikan keterampilan para pelatih terutama para pelatih muda dengan mengirimnya ke klub-klub top di luar negeri sebagai bagian dari Program Pengembangan Kerjasama JFA-J.League untuk membangun sistem “Global Standard”.

Persiapan Jepang Dalam Mengikuti Piala Dunia 2018

image : hindustantimes.com

Tim nasional Jepang memang telah memiliki lebih banyak peluang dan kesiapan untuk berkompetisi pada tingkat tinggi setelah mengambil tur luar negeri dan bermain melawan tim-tim top dunia untuk pengalaman internasional sejak usia muda. Tentu upaya-upaya itu membuahkan hasil, dan tim nasional dari semua kelompok usia menang melalui kualifikasi Asia tahun lalu. Salah satunya adalah prestasi dari tim nasional U-20 Jepang yang berhasil maju ke tahap dunia selama lima tahun berturut-turut, sementara untuk tim nasional U-17 memainkan Piala Dunia pertama mereka dalam dua tahun. Selain itu tim nasional sepak bola pantai Jepang juga ikut ambil bagian dalam ajang turnamen Piala Dunia.

Saat jadwal Piala Dunia Rusia telah ditentukan. Jepang masuk dalam Grup H bersama dengan Kolombia, Senegal dan Polandia. Kolombia pernah mengalahkan Jepang dengan skor 4-1 di pertandingan terakhir babak penyisihan grup Piala Dunia Brasil 2014 lalu, sementara Senegal lolos dari kualifikasi kontinental pada posisi pertama. Polandia mungkin asing bagi Jepang tetapi merupakan lawan paling ganas dalam grup tersebut karena dalam statistik Polandia merupakan tim dengan ranking ke-6 di FIFA. Tentu Jepang akan dipaksa untuk bertempur dalam kelompok tim yang memiliki taktik berbeda-beda.

Persiapan Jepang Dalam Mengikuti Piala Dunia 2018

image : jfa.jp

Pihak Jepang menyatakan kuncinya adalah seberapa besar bisa berkembang untuk dekat dengan kekuatan lawan sebelum turnamen dimulai. Sulit untuk mendapatkan kualitas dunia hanya dalam semalam, tetapi Jepang tentunya tetap optimis dan terus berlatih seperti kesuksesan yang pernah ditunjukan saat melawan Belgia pada bulan November lalu.

Lokasi tinggal tim nasional Jepang selama piala dunia 2018 berlangsung adalah di Kazan yang berada dibagian Rusia tengah. Pihak tim menkonfirmasikan pemilihan tersebut karena disesuaikan dengan akses tiga pertandingan yang akan berlangsung dan fasilitas akomodasi serta pelatihan yang berada di tempat yang sama. Dalam Piala Dunia 2018 ini, 5 tim Asia berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam sejarah. Semoga saja ini menjadi titik terang bagi perkembangan sepakbola asia begitu juga dengan Indonesia.

Source : JFA

%d bloggers like this: