Seni Budaya Jepang – Untuk seorang samurai atau bangsawan militer, sebuah pedang berperan lebih dari sekadar senjata, namun juga sebagai sebuah jiwa. Pedang yang digunakan oleh seorang ksatria atau samurai di Jepang berupa satu set yang disebut Daisho (artinya “Besar dan Kecil”). Set pedang ini terdiri dari Katana yang berarti pedang panjang dan Wakizashi yang berada senjata sampingan. Kedua pedang ini berperan penting untuk seorang samurai dalam sebuah pertempuran.

Penjelasan Daisho Yang Merupakan Senjata Utama Dari Seorang Samurai
image : Wikimedia.org

 Simak Juga : SEJARAH PEPERANGAN PULAU IWO JIMA YANG MEMAKAN BANYAK KORBAN JIWA

Samurai biasanya menggunakan pedang panjang yang disebut Katakana sebagai senjata utama mereka dan menggunakannya dengan penuh hormat, bahkan tidak sedikit pedang-pedang Katana milik Samurai ini diberi nama oleh pemiliknya, namun Wakizashi sebagai pedang pendamping yang memiliki ukuran lebih pendek juga berperan penting dalama aktivitas samurai. Meskipun pendek seperti sebuah pisau, Wakizashi memiliki fungsi penting dan juga sangat berarti untuk seorang samurai, bahkan mereka biasanya dibawa tidur oleh seorang samurai dan ditaruh di bawah bantal kepala, dengan maksud sebagai alat pertahanan jika ada penyerangan secara mendadak.

Penjelasan Daisho Yang Merupakan Senjata Utama Dari Seorang Samurai
image : pinterest
Penjelasan Daisho Yang Merupakan Senjata Utama Dari Seorang Samurai
image : samuraiswords.store

Ketika seorang samurai memasuki sebuah rumah, mereka diharuskan untuk melepaskan baru perangnya dan juga senjatanya di luar, tetapi sudah menjadi tradisi untuk tetap menyimpan Wakizashi di sisinya untuk perlindungan. Samurai beroperasi di bawah kode etik yang disebut Bushido, yang mengajarkan setiap samurai untuk hidup dan mati secara terhormat. Namun selain kehormatan yang dijunjung tinggi oleh seorang Samurai, terdapat juga enam kebijakan utama yang harus diperhatikan seorang Samurai yaitu adalah keberanian, rasa hormat, kejujuran, kesetiaan, kasih sayang dan integritas.

Terlepas dari 2 senjata utama tersebut, seorang Samurai juga dibekali dengan kemampuan untuk menggunakan berbagai senjata lainnya seperti panah dan tombak. Bahkan masih ada beberapa jenis pedang lagi yang digunakan oleh seorang samurai, seperti Kodachi, Odachi, Uchigatana dan Katate-uchi. Namun selama memasuki periode Tokugawa, pemerintah melakukan tatanan sosial baru yang ketat di Jepang, membuat seorang samurai harus memutuskan untuk melepaskan senjata mereka dan menjadi seorang petani atau tetap menyimpan senjata mereka namun pindah ke kota di mana tuan mereka tinggal.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: