Cerita Hantu Jepang – Hantu atau roh merupakan sebuah unsur dunia mistis atau spritual yang memang sulit untuk dipercaya menggunakan sebuah logika, hampir setiap negara memiliki hal-hal yang berbau mistis atau spritual, Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki hal-hal berbau mistis atau spritual sangat dalam. Selain karena budayanya sejak jaman dahulu dan juga kepercayaannya yang sebagian besar merupakan agama Shinto dan Buddha memang membuat Jepang tidak terlepas dari hal-hal spritual yang berkaitan dengan kepercayaan tersebut. Hantu atau roh di Jepang memiliki kisah atau cerita yang tidak berbeda dari negara lainnya yaitu merupakan sebuah unsur yang berasal dari seseorang atau mahkluk hidup yang telah meninggal dan roh mereka tidak dapat masuk kedalam dunia akhirat.

Penjelasan 3 Jenis Sosok Spritual Atau Hantu Dalam Kehidupan Jepang

image : books-wasabi.com

Simak Juga : Terowongan Tua Penuh Misteri Okuzurekaigan Prefektur Shizuoka

Penjelasan 3 Jenis Sosok Spritual Atau Hantu Dalam Kehidupan Jepang

image : books-wasabi.com

Penyebab hal tersebut sangat banyak, entah karena upacara pemakanannya yang tidak benar atau tidak selesai, meninggal secara tidak wajar atau orang tersebut memiliki sebuah urusan masalah yang belum selesai, banyak penyebab memang yang dipercaya menyebabkan sebuah hantu atau roh ada disekitar kehidupan manusia di Jepang. Roh yang sukses dalam menuju akhirat dipercaya akan bergabung bersama para leluhur dan melihat keluarganya yang masih hidup dan roh-roh diyakini akan kembali setahun sekali kedalam dunia orang hidup, oleh karena itu di Jepang selalu mengadakan festival yang disebut お 盆 (お ぼ ん) “Obon” pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Karena kuatnya kepercayaan masyarakat Jepang terhadap roh-roh tersebut beberapa kisah mitos menyeramkan juga tetap bertahan dari dahulu hingga saat ini, bahkan beberapa ada yang dijadikan sebuah film atau cerita novel, Ada beberapa istilah yang digunakan Jepang untuk menjelaskan hantu, sama seperti di negara-negara lainnya, di Jepang kita bisa mengkategorikan hantu atau roh menjadi 3 jenis yaitu sebagai hantu, iblis dan bayangan.

Penjelasan 3 Jenis Sosok Spritual Atau Hantu Dalam Kehidupan Jepang

image : nautiljon.com

Inilah 3 pembagian roh atau mahkluk spritual di Jepang.

Yokai “妖 怪 (よ うか い)” adalah istilah luas untuk makhluk gaib, Yokai termasuk hantu, biasanya yang memiliki kekuatan supernatural seperti berubah bentuk. Sosok Yokai juga sering dijadikan unsur dalam dunia entertainment seperti film dan juga sebuah video game.

Obake “お 化 け (お ば け)” Secara harafiah artinya adalah “hal yang berubah,” dan ini adalah jenis mahkluk spritual atau roh yang dapat berubah wujud dan ini juga dipercaya menjadi hasil dari perubahan bentuk dari Yokai.

Yurei “幽 霊 (ゆ う れ い)” Jenis ini dianggap sebagai roh yang belum diizinkan untuk pergi ke akhirat. Istilah lain yang digunakan adalah Narei “亡 霊 (ぼ う れ い)” yang artinya roh yang kebingungan. Roh-roh ini menghantui dunia fisik dalam keadaan api penyucian, biasanya mereka menghantui mahkluk hidup sekitar atau mencoba menyelesaikan sebuah masalah yang pernah dialami olehnya selama hidup, bila roh tersebut memiliki masalah besar terhadap salah satu orang atau yang menyebabkan kematian dirinya, maka roh tersebut bisa melakukan balas dendam dan menjadi roh yang jahat.

%d bloggers like this: