A password will be e-mailed to you.

Berita Lifestytle Jepang – Jepang memang sebuah negara yang unik, hal ini dibuktikan kembali dengan sebuah acara yang mungkin membuat para pembaca akan tersenyum, terlihat sebuah barisan anjing robot pada sebuah kuil di Jepang pada akhir bulan April 2018 lalu, namun ini bukanlah pameran teknologi atau semacamnya namun merupakan penghormatan terakhir bagi robot-robot yang telah mati dan diberikan penghormatan secara tradisional.

Pemakaman Tradisional Untuk Robot Anjing Aibo

image : matome.naver.jp

Sebagai bentuk penghormatan terakhir, acara ini tentu sama seperti penghormatan terakhir kepada seorang yang meninggal di Jepang, seperti misalnya dengan menggunakan dupa, lantunan sutra dan berdoa bersama untuk memberikan kedamaian dari jiwa-jiwa yang telah meninggal. Tapi yang pergi adalah 114 robot anjing generasi lama yang disebut AIBO yang merupakan ciptaan Sony, masing-masing anjing robot tersebut dipakaikan tanda tulisan untuk menunjukan dari mana mereka berasal dan nama keluarga mereka tinggal.

Simak Juga : Nabi Tajima Orang Tertua Di Dunia Telah Meninggal Dunia

Pemakaman Tradisional Untuk Robot Anjing Aibo

image : japantimes.co.jp

Pemakaman Tradisional Untuk Robot Anjing Aibo

image : japantoday.com

Perusahaan perbaikan elektronik yang bernama A FUN, yang mengkhususkan diri dalam memperbaiki produk-produk vintage, telah mengirim sekitar 800 AIBO dengan cara ini dalam beberapa tahun terakhir ke sebuah kuil Buddha. Dengan AIBO yang tidak lagi dalam produksi maka pemiliki robodog tua ini tentu tidak dapat memperbaiki kerusakaan yang dialaminya, robot-robot yang rusak atau mati ini berfungsi sebagai donor organ untuk robot yang masih bisa diperbaiki tetapi sebelum mereka didonorkan pihak perusahaan menghormati mereka dengan memberikan penghormatan tradisional seperti ini.

Anjing-anjing robot itu datang dengan surat-surat yang ditempelkan, berisi nama mereka, bagaimana mereka menghabiskan hidup mereka bersama sang majikan dan beberapa rincian lainnya, Bungen Oi, seorang pendeta di kuil tua Kofukuji yang telah berusia 450 tahun di Isumi, bagian timur Tokyo, mengatakan memberikan penghormatan seperti itu kepada sebuah mesin tidaklah terlihat aneh, dirinya mengatakan semua hal sebenarnya memiliki sedikit jiwa.

Pemakaman Tradisional Untuk Robot Anjing Aibo

image : newsweek.com

Pemakaman Tradisional Untuk Robot Anjing Aibo

image : nytimes.com

Masyarakat Jepang yang memiliki robot AIBO ini memang merasa kehadiran robot anjing ini telah memberikan kisah-kisah yang manis dalam hidupnya, mereka tidak hanya seperti mesin namun sudah menjadi bagian dari keluarga dan mereka merasa AIBO memang memiliki jiwa, dalam catatannya AIBO adalah robot hiburan rumahan pertama di dunia yang mampu mengembangkan “kepribadian” sendiri. Sony meluncurkan AIBO generasi pertama pada Juni 1999, dengan batch awal terjual 3.000 hanya dalam 20 menit, meskipun harga 250.000 yen (sekitar 32 juta rupiah).

Source : Japan Today

%d bloggers like this: