Berita Travel Jepang – Samurai merupakan sosok pendekar tradisional jaman dahulu yang sangat dihormati di Jepang, meski profesi ini telah menghilang karena melalui beberapa tragedi bersejarah, namun sosok Samurai tetap menjadi salah satu sosok yang populer dalam kehidupan masyarakat Jepang dan bahkan di negara-negara lain, semangat para samurai yang disebut “Bushido” tidak pernah menghilang dari kisah sejarah Jepang hingga saat ini.

Pelajari Lebih Dalam Sejarah Pedang Samurai Di Kota Seki Prefektur Gifu

image : 80days.co.jp

Seni ahli pedang yang telah diwarisi selama 780 tahun sampai sekarang, menjadi salah satu daya tarik dari negeri sakura. Para wisatawan yang memiliki ketertarikan tinggi dengan profesi ini dapat mengunjungi kota Seki di Prefektur Gifu yang dikenal sebagai sebuah kota yang memproduksi pisau berkualitas terbaik dan biasa digunakan para samurai pada jamannya.

Simak Juga : 7 Suvenir Atau Oleh-Oleh Terbaik Dari Kepulauan Okinawa !

Pelajari Lebih Dalam Sejarah Pedang Samurai Di Kota Seki Prefektur Gifu

image : gaijinpot.com

Untuk seorang Samurai, pedang adalah bagian dari jiwanya, oleh karena itu cara orang-orang Jepang kuno dalam memperlakukan pedang Samurai sangatlah ketat dengan rasa hormat yang tinggi seperti halnya memperlakukan seorang Samurai itu sendiri. Bahkan seorang istri Samurai tidak akan pernah menyentuh pedang suaminya sendiri dengan tangan kosong. Dia harus menutupi kedua tangannya dengan kimono sehingga tangannya tidak akan menyentuh secara langsung. Kemudian memegang lebih tinggi dari kepalanya saat membawa.

Bagi seorang Samurai, pedang mereka bukan hanya senjata namun juga sebuah simbol dari Bushido-nya. Selain itu sebuah pedang juga memiliki arti khusus bagi Jepang sejak jaman kuno, bahkan jauh sebelum sosok Samurai masuk dalam sejarah. Jika kamu memiliki ketertarikan lebih dengan budaya pedang Samurai atau ingin melihat bagaimana produksi langsung senjata-senjata ini maka kota Seki adalah tempat yang tepat untuk kamu melihat sejarah secara langsung dalam pembuatan produk pisau atau pedang dari 700 tahun silam.

Pelajari Lebih Dalam Sejarah Pedang Samurai Di Kota Seki Prefektur Gifu

image : japanfoodculture.org

Hingga saat ini, pembuatan pisau berkualitas tinggi yang digunakan untuk peralatan dapur di Jepang juga menggunakan teknik tradisional seperti pembuatan pedang pada jaman dahulu. Ada beberapa fasilitas bagi para wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam tentang sejarah pedang di kota Seki, mulai dari Museum Pedang Tradisional Seki (関 鍛冶 伝 承 館), Aula Gifu Cutlery Hall (刃 物 会館) dan Museum Seki Hamono (刃 物 屋 三 秀 関 関 刃 刃 ミ ー ー ジ ア ム), yang di mana para pengunjung dapat mempelajari sejarah pembuatan pedang Samurai dan pisau pada masa modern saat ini.

Pelajari Lebih Dalam Sejarah Pedang Samurai Di Kota Seki Prefektur Gifu

image : twitter.com/AllKnivesMatter

Selain itu juga adalah festival “Seki Hamono Matsuri” yang diadakan setiap tahunnya pada bulan Oktober, festival pembuatan pisau ini akan menampilkan produk-produk berkualitas tinggi dari para pengrajin di sepanjang jalan. Berbagai produk yang bersangkutan dengan kerajinan pedang seperti pisau dapur, gunting, pisau saku, gunting kuku dan alat potong lainnya dapat ditemukan dalam acara ini dengan harga yang terbilang wajar.

Demonstrasi pembuatan pedang secara tradisional juga dapat dilihat selama acara berlangsung, serta terdapat juga sebuah pertunjukan yang menampilkan teknik ilmu pedang Jepang.

Seki Cutlery Festival 2019

Tanggal : 12 & 13 Oktober
Jam : 10:00 pagi ~ 5:00 sore
Akses : 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Seki (Kereta Nagaragawa)
Website : http://seki-hamono.jp

Source : jw-webmagazine @Naho_B_M

%d bloggers like this: