A password will be e-mailed to you.

Seni Budaya Jepang – The Aomori Nebuta Matsuri (青森 ね ぶ た 祭 り, “Aomori Nebuta Festival) adalah festival musim panas Jepang yang berlangsung di kota Aomori, Prefektur Aomori, Jepang. Festival ini menarik sebagian besar wisatawan dari berbagai daerah, dan festival ini termasuk diantara tiga festival terbesar di wilayah Tōhoku. Festival ini juga ditetapkan sebagai ‘Important Intangible Folk Cultural Property’ pada tahun 1980, dan sebagai salah satu dari 100 Soundscapes Jepang oleh Kementerian Lingkungan Hidup Jepang pada tahun 1996.

Parade Yang Meriah Dalam Aomori Nebuta Festival

image : pinterest.com

Simak Juga : Festival Kembang Api Tertua Sumidagawa

Parade Yang Meriah Dalam Aomori Nebuta Festival

image : en-aomori.com

“Nebuta” sendiri merupakan kata untuk sebuah benda parade besar yang berbentuk seorang tokoh pejuang pemberani yang akan dibawa melalui pusat kota, selain itu festival ini juga akan diramaikan oleh sejumlah penari yang mengenakan sebuah kostum unik yang disebut haneto (ハ ​​ネ ト) menari bersamaan dengan sebuah nyanyian yang disebut Rasserā (ラ ッ セ ラ ー). Dalam perbincangan masyarakat lokal, biasanya para masyarakat akat berbincang kepada kerabat mereka menggunakan kata kerja haneru (ハ ネ ル, ex. “今日 も ハ ネ ル?”) Atau “Apakah anda akan pergi ke haneru hari ini?”)

Nebuta dan Neputa adalah sejenis festival musim panas Tanabata yang diadakan di kota-kota sekitar Prefektur Aomori. Yang terbesar dari festival ini adalah Nebuta Matsuri (ね ぶ た 祭) dari Kota Aomori, yang diadakan setiap tahun dari tanggal 2 hingga 7 Agustus. Puncak dari festival ini adalah parade harian kendaraan hias yang dipasangkan sebuah lentera besar, lalu diapit oleh sebuah drum taiko besar dan juga beberapa musisi dan penari. The Nebuta Matsuri bersama dengan Akita’s Kanto Matsuri dan Sendai’s Tanabata membuat Tohoku Sandai Matsuri (Tiga Festival Besar Daerah Tohoku).

Parade Yang Meriah Dalam Aomori Nebuta Festival

image : japantimes.co.jp

Sebuah tim dari kota tersebut akan membangun dua lusin patung parade, yang terbuat dari kertas washi yang dilukis di atas bingkai kawat dan membutuhkan waktu satu tahun untuk merancang dan membangunnya. Ukuran patung-patung parade ini lebarnya bisa mencapai sembilan meter dan tingginya sekitar lima meter, bentuk-bentuknya sering menggambarkan sosok dewa, tokoh sejarah atau mitos dari budaya Jepang dan Cina serta terkadang juga ada yang dibuat dengan bentuk aktor kabuki atau tokoh dari serial TV kuno yang terkenal yaitu NHK Taiga Drama.

Setiap malam festival, kendaraan hias didorong ke jalan-jalan di pusat kota Aomori untuk pawai yang meriah, kecuali pada hari terakhir yaitu 7 Agustus, ketika pawai diadakan di sore hari. Pelampung didorong di sepanjang jalan oleh sejumlah orang, parade ini akan berjalan sangat meriah secara bolak-balik, dan berputar dalam ramainya kerumunan para penonton. Ada banyak tempat duduk gratis di tanah di sepanjang rute parade yang cukup panjang dengan total jarak kira-kira tiga kilometer, serta tersedia juga kursi yang disediakan dari toko-toko sekitar dengan membeli tiket.

Parade Yang Meriah Dalam Aomori Nebuta Festival

image : japantimes.co.jp

Banyak para pengunjung dari daerah lain bergabung untuk berdansa. Satu-satunya persyaratan menjadi bagian dari pawai adalah anda harus mengenakan kostum tari haneto tradisional yang dapat dibeli di toko kecil yang ada di sekitar prefektur dengan harga sekitar 7000 yen atau bisa juga disewa dari toko-toko penyewaan dengan harga sekitar 3000 yen saja.

Akses

Rute parade Nebuta Matsuri berbentuk lingkaran yang menelusuri sepanjang tiga kilometer di sekitar pusat Aomori dan lima menit berjalan kaki dari Stasiun JR Aomori. Rassera Land, yang menjadi lokasi kereta parade dipersiapkan untuk pawai, terletak di sebelah gedung ASPM di sepanjang tepi pantai, sepuluh menit berjalan kaki dari Stasiun JR Aomori.

Hotel Rekomendasi Artforia Di Daerah Aomori

%d bloggers like this: