Berita Lifestyle Jepang – Kita telah tahu bila Jepang memang sebuah negara dengan perkembangan teknologi yang sangat luar biasa, mesin dan robot bukanlah hal yang mustahil lagi disana. Setiap tahun negeri sakura ini selalu melakukan inovasi-inovasi baru, dari mulai yang biasa-biasa saja hingga sebuah hal yang sepertinya tidak akan pernah terpikirkan oleh masyarakat-masyarakat negara lain. Seperti salah satunya pengembangan robot pada sebuah cafe bernama DAWN (Diverse Avatar Working Network).

Para Penyandang Disabilitas Di Jepang Kini Dapat Bekerja Layaknya Orang Normal Dengan Bantuan Sebuah Robot !

image : orylab.com

Telah banyak perusahaan-perusahaan besar di Jepang seperti Sony, QRIO, Toyota dan Honda menciptakan robot mereka masing-masing untuk memberikan pelayanan unik kepada publik, tetapi kali ini sebuah cafe yang terletak di Akasaka, Tokyo, menjadi perhatian banyak publik dan netizen karena menggunakan sebuah robot yang dapat digerakan jarak jauh oleh orang-orang yang menderita disabilitas, termasuk seorang pasien dengan ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) sebuah penyakit sistem saraf yang melemahkan otot-otot dan mempengaruhi fungsi fisik.

Simak Juga : Menaiki Kereta Yang Penuh Sesak Sudah Biasa Bagi Pekerja Jepang, Yang Satu Ini Benar-Benar Tak Diduga !


Tentu inovasi ini sangat disambut baik oleh masyarakat Jepang terutama kalangan disabilitas, dengan bantuan robot yang dilengkapi khusus dengan program pelayanan membuat para disabilitas dapat melayani para pelanggan yang datang ke kafe tersebut melalui media robot, robot ini juga didesain untuk merespon berbagai pertanyaan dan permintaan pengunjung.

Pihak kafe menyatakan akan melakukan uji coba pelayanan kepada publik pada bulan November 2018 saat ini, tujuan mereka membentuk inovasi pelayanan kafe seperti ini ada 3 yaitu :

  1. Untuk menampilkan contoh bagaimana sebuah alat yang dapat membantu orang-orang dengan disabilitas dapat bekerja
  2. Untuk menyediakan lapangan kerja khusus bagi orang-orang disabilitas dan semacamnya
  3. Untuk persiapan jika suatu saat dapat membuka sebuah kafe 24 jam yang dikelola oleh robot.

Robot yang akan mereka gunakan di DAWN Cafe disebut OriHime, yang diproduksi oleh perusahaan bernama OryLab Inc. Salah satu robot Orihime sebenarnya telah digunakan pada bulan April lalu untuk seorang guru SMA berusia 55 tahun bernama Takanobu Nagaoka yang didiagnosis dengan ALS beberapa tahun lalu, namun dengan bantuan robot ini dirinya dapat bertemu dengan murid-muridnya dan memberikan pelajarannya dari jarak jauh.

Para Penyandang Disabilitas Di Jepang Kini Dapat Bekerja Layaknya Orang Normal Dengan Bantuan Sebuah Robot !

image : kyodonews.jp

“OriHime can be used not only by hospitalized people but students who refuse to go to school and even mothers who cannot go to work because they’re taking care of kids.”

Tentu di negara dengan teknologi yang sangat maju dan dengan populasi masyarakat muda yang sedikit dan kekurangan tenaga kerja seperti Jepang saat ini, sebuah inovasi robot yang membantu pergerakan manusia sangat dibutuhkan, terutama untuk kesejahteraan masyarakatnya dalam segala kalangan.

Source : Gaijinpot, Hataraku-Nippon

%d bloggers like this: