Belajar Bahasa Jepang – Belajar menghitung memang mudah, namun bagaimana jika belajar menghitung dengan menggunakan bahasa asing?, tentu bukan hal yang mudah seperti biasanya. Selain mengucapkan angka dengan huruf yang berbeda, kita juga diharuskan mengetahui tanda atau pengucapan yang digunakan untuk menandakan jumlah dari perhitungan tersebut. Berikut ini adalah panduan dari Artforia cara untuk berhitung dari angka satu hingga sepuluh dalam bahasa Jepang.

Panduan Belajar Mengucapkan Angka Dalam Bahasa Jepang Dengan Mudah

image : fluentin3months.com

Simak Juga : Rute Belajar Terbaik Untuk Menguasai Huruf Kanji Dalam Bahasa Jepang


Jepang menggunakan 2 sistem set angka untuk dipelajari, yaitu Sino-Jepang dan sistem Wago. Sistem Wago hanya digunakan untuk menghitung hingga angka 10, sedangkan sistem Sino-Jepang digunakan untuk menghitung angka lebih dari jumlah tersebut dengan menambahkan karakter atau tanda tertentu setelah angka untuk membedakan setiap perhitungannya.

Perhitungan tradisional Jepang cenderung lebih sederhana daripada sistem Sino-Jepang dan hanya digunakan untuk menghitung sesuatu dari angka 1 hingga 10. Namun cara tradisional ini tidak dapat digunakan untuk menghitung uang, waktu atau orang.

Mulai Dari Angka 1 Hingga 5

  • Satu (1) adalah ひ と つ (hitotsu, dilafalkan “hee-toh-tsoo”).
  • Dua (2) adalah ふ た つ (futatsu, dilafalkan “foo-tah-tsoo”).
  • Tiga (3) adalah み っ つ (mittsu, dilafalkan “mee-tsoo.” Diam sejenak di antara kedua suku kata).
  • Empat (4) adalah よ っ つ (yottsu, dilafalkan “yoh-tsoo”).
  • Lima (5) adalah い つ つ (itsutsu, dilafalkan “ee-tsoo-tsoo”).

Tambahkan Angka 6 Hingga 10

Jika anda telah menguasai dan mengerti 5 angka awal diatas, maka gunakan metode yang sama untuk menghitung angka dari 6 hingga 10 dalam cara tradisional atau Wago.

  • Enam (6) adalah む っ つ (muttsu, dilafalkan “moo-tsoo”).
  • Tujuh (7) adalah な な つ (nanatsu, dilafalkan “nah-nah-tsoo”).
  • Delapan (8) adalah や っ つ (yattsu, dilafalkan “yah-tsoo”).
  • Sembilan (9) adalah こ こ の つ (kokonotsu, dilafalkan “koh-koh-noh-tsoo”).
  • Sepuluh (10) adalah と う (tou, diucapkan toh).

Menggunakan Sistem Sino-Jepang

Bahasa Jepang menggunakan Kanji untuk menuliskan setiap angkanya, sehingga ini akan diucapkan dengan huruf yang berbeda dari cara tradisional.

  • Satu (1) adalah 一 (ichi, dilafalkan “ee-chee”).
  • Dua (2) adalah 二 (ni, dilafalkan “nee”).
  • Tiga (3) adalah 三 (san, dilafalkan “sahn”).Empat (4) adalah 四 (shi, dilafalkan “shee”). Karena kata ini terdengar seperti kata Jepang untuk kematian, pelafalan alternatif Anda juga digunakan – terutama ketika berbicara tentang orang.
  • Lima (5) adalah 五 (lanjut, dilafalkan “goh”).

Menggabungkan Simbol Untuk Mengucapkan Jumlah Angka Lebih Besar

Jika anda telah mengetahui cara menghitung hingga 10, belajar mengucapkan angka lebih dari jumlah tersebut menjadi tantangan tersendiri. Berbeda dengan bahasa Inggris, tidak ada huruf baru yang harus dipelajari, namun menggabungkan simbol dari huruf-huruf 1 hingga 10 akan membentuk jumlah angka baru yang lebih besar. Sebagai contoh misalnya anda ingin mengucapkan angka 31 maka anda akan menggabungkan kata San “Tiga”, Juu “Sepuluh”, dan Ichi “Satu” yang digabungkan menjadi “San Juu Ichi” atau dilafalkan menjadi “Sahn Joo Ee-chee”.


Panduan Belajar Mengucapkan Angka Dalam Bahasa Jepang Dengan Mudah

image : TakeLessons.com

Itulah panduan untuk mudah menguasai cara mengucapkan hitungan dalam bahasa Jepang, semoga membantu proses belajar anda!.

%d bloggers like this: